Tentang Penyakit Addison, Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 8 Mei 2020 19:43
Tentang Penyakit Addison, Gejala, Penyebab dan Pencegahannya
Penyakit addison merupakan penyakit yang langka

Penyakit addison merupakan penyakit yang jarang banget terjadi. Cuman satu dari 100 ribu orang yang mederia penyakit ini.

Salah satu cara tubuh untuk menjaga keseimbangan adalah dengan menggunakan pembawa pesan kimia yang disebut dengan hormon. Hormon ini punya banyak fungsi di dalam tubuh. Saat tubuh nggak menghasilakn cukup hormon ini, maka penyakit addion lah hasilnya.

Tapi, penderita bisa kok hidup normal dengan kondisi tersebut asalkan mereka minum obat dengan teratur. Dan tahu nggak sih, mendiang presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy punya penyakit addison ini.

1 dari 4 halaman

Penyakit Addison

Ilustrasi Capek

Jadi begini ceritanya. Di atas ginjal manusia terdapat kelenjar adrenalin yang bertugas untuk menghasilkan banyak hormon, biar tubuh berfungsi dengan normal.

Saat korteks adrenal rusak, maka kelenjar ini nggak menghasilkan cukup hormon steroid kortisol dan aldosteron. Apa itu?

Kosrtiosol punya tugas untuk mengatur reaksi tubuh saat sedang dilanda stres. Kortisol ini juga punya tugas untuk mengatur potein, karbohidrat dan juga lemak.

Sedangkan aldosteron membantu pengaturan natrium dan kalium. Nah, korteks adrenal juga menghasilkan hormon seks.

Penyakit addison terjadi ketika tubuh nggak cukup menghasilkan hormon horomon tersebut.

2 dari 4 halaman

Gejala Penyakit Addison

Penyakit Addison

Apa yang akan dialami orang dengan penyakit addison ini? Gejalanya yang muncul bisa berupa:

  • Lemah otot
  • Kelelahan
  • Warna kulit yang lebih gelap
  • Nafsu makan menurun yang diimbangi juga dengan menurunnya berat badan
  • Penurunan tekanan darah, yang terjadi lebih parah saat penderita berdiri. Akhirnya, penderita jadi merasakan pusing sampai terkadang pingsan
  • Kadar gula darah rendah
  • Pingsan
  • Luka di mulut
  • Mual
  • Muntah
  • Munculnya bercak gelap di kulit. Ini biasanya bakalan tampak di bagian tubuh yang kena sinar matahari, tapi juga daerah yang nggak terpapar, gusi, misalnya.

Nggak cuman itu aja, penderita penyakit addison juga bakalan merasakan gejala neuropsikiatri berupa

  • Gampang marah
  • Kekurangan energi
  • Gangguan tidur

Gejala penyakit addison berkembang secara perlahan, sehingga mungkin nggak menyadari samapi ada peristiwa yang membuat stres secara fisik, kayak misalnya penyakit lain, operasi, atau kecelakaan, sehingga gejalanya bakalan memburuk dengan cepat.

Kondisi ini disebut dengan krisis Assisonian, yang bikin satu dari empat penderitanya menyadari keberadaan penyakit ini dalam tubuh mereka.

Krisis addisonian ini merupakan situasi yang mengancam jiwa, menghasilkan tekana darah rendah, kadar gula darah rendah dan juga kadar kalsium yang tinggi. Penderita yang memasuki fase ini harus segera mendapatkan perawatan medis segera.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Addison

Penyakit Addison John F. Kennedy

Lalu, apa yang menyebabkan penyakit addison ini?

Ada dua hal utama, yaitu kekurangan adrenal primer dan kekuarang adreanl sekunder.

Kekurangan Adrenal Primer

Ini terjadi saat kelenjar adrenal rusak parah sehingga mereka nggak bisa lagi memproduksi hormon. Ini karena sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar adrenalin, yang disebut dengan penyakit autoimun. Ini menyumbang angak skeitar 70 persen total kasus penyakit addison.

Kerusakan kelenjar adrenal yang menjadi penyebab penyakit addison ini juga sangat mungkin disebbakan karena infeksi jangka panjang seperti TBC, HIV, dan juga infeksi jamur.

Insufisiensi Adrenal Sekunder

Ini terjadi karena masalah dengan kelenjar hiposifisi atau masalah dengan hipotalamus, yang terletak di pusat otak. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang bertindak sebagai saklar dan dapat mennghidupkan serta mematikan produksi hormosn di seluruh tubuh.

4 dari 4 halaman

Pencegahan Penyakit Addison

Ilustrasi Lemas karena Anemia

Sayangnya, penyakit addison nggak bisa dicegah. Tapi ada beberap langkah yang bsia dilakukan penderita biar untuk menghindari krisis Addisonian, yaitu melakukan perawatan rutin.

Pengobatan

Dilansir dari nchmd.org, perawatan penyait addison adalah pengobatan yang melibatkan terapi penggantian hormon untuk memperbaiki kadar hormon steroid yang dihasilkan tubuh.

ADa beberapa pilihan obat oral, juga ditunjang oleh banyak konsumsi garam dalam makanan, terutama setelah olahraga berat, saat cuaca panas atau saat sedang mengalami diare.

Kalau orang terdekatmu mengalami gejaal seperti yang disebutkan di atas. Diadona sarankan untuk segera pergi ke dokter ya. Ingat, informasi mengenai kesehatan di internet hanya berfungsi untuk informasi tambahan, segala diagnosa dan tindakan medis lainnya harus mendapatkan saran dari dokter.

Beri Komentar