6 Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha, Konsumsi Daging Tak Perlu Khawatir Lagi Deh!

Reporter : Arifina
Jumat, 7 Juni 2024 12:17
6 Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha, Konsumsi Daging Tak Perlu Khawatir Lagi Deh!
Kolesterol aman saat Idul Adha bisa banget lho! Kamu juga tetap bisa menikmati daging qurban dengan aman

Tips bebas kolesterol di Idul Adha harus diperhatikan dengan benar agar Kesehatan selalu terjaga. Momen perayaan Hari Raya Qurban ini memang identik dengan hidangan daging yang berlimpah.

Perayaan Idul Adha juga membuat hamper semua orang akan mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Tentu saja hal ini menjadikan salah satu yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, momen spesial ini bisa menjadi kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, konsumsi daging berlebihan, terutama bagian berlemak, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Tapi, hal itu bukan berarti tidak dapat dicegah lho! Dilansir dari ayosehat.kemenkes.go.id, ada tips sehat di Idul Adha agar kolesterol tidak naik. Mengonsumsi daging pun juga tetap aman. Apa saja?

1 dari 6 halaman

Terapkan Pola akan Sehat dan Gizi Seimbang

Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran

Sudah menjadi hal yang umum jika momen perayaan Idul Adha ini identik dengan banyak olahan daging. Nah, dalam hal ini kamu dianjurkan untuk tidak berlebihan mengonsuminya.

Batasi konsumsi makanan terutama ang mengandung kolesterol. Kemudian, barengi juga dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Misalnya, menyajikan satu porsi makan dibarengi sayuran. Kemudian, menyediakan buah potong atau jus buah untuk minuman sehatnya.

 

2 dari 6 halaman

Tetap Olahraga

Sudah makan daging di perayaan Idul Adha lebih banyak dari hari biasanya? Maka perlu menyeimbangkan dengan olahraga.

Tidak harus melakukan olahraga erat, cukup lakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit saja di rutinitas saat Hari Raya Idul Adha.

Misalnya, kamu bisa berjalan kaki, berenang, bersepeda, atau jogging sebagai olahraga ringan yang kamu senangi. Dengan begitu kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat lho!

 

3 dari 6 halaman

Batasi Porsi Konsumsi Daging

Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha

Mengonsumsi daging kurban adalah bagian dari tradisi, namun penting untuk mengatur porsinya. Makanlah dengan orsi ang wajar, jangan berlebihan meskipun hidangannya sangat menggoda.

Usahakan untuk mengonsumsi daging dalam jumlah sedang dan seimbang. Lengkapi juga dengan sayuran dalam satu porsi makanmu.

Karena, dengan porsi yang seimbang akan membantu mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol.

 

4 dari 6 halaman

Pilih Daging yang Lebih Sehat

Tips lainnya untuk menghindari kolesterol adalah pada daging yang kamu makan. Saat memilih daging kurban, usahakan untuk memilih potongan daging yang lebih sedikit lemaknya.

Bagian daging tanpa lemak seperti tenderloin atau bagian has dalam (loin). Pada bagian ini lebih baik dibandingkan dengan bagian yang berlemak seperti rib atau brisket.

Memilih daging dengan lemak minimal dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

 

5 dari 6 halaman

Lakukan Metode Memasak yang Sehat

Tips Bebas Kolesterol di Idul Adha

Cara memasak daging juga mempengaruhi kadar lemak dalam makanan. Sebaiknya hindari metode memasak yang menambahkan lemak berlebih seperti menggoreng.

Alih-alih, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus. Dengan cara ini, kamu dapat menikmati daging yang lezat tanpa menambahkan kalori dan lemak yang tidak perlu. Makan daging tak khawatir kolesterol naik deh!

 

6 dari 6 halaman

Minum Air Putih yang Cukup

Memastikan tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting selama Idul Adha. Air membantu proses pencernaan dan dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Hindari minuman manis dan beralkohol yang dapat menambah kalori dan mempengaruhi kadar kolesterol. Justru perbanyak minum air putih dan jangan sampai asupan air dalam tubuh berkurang ya.

Itulah beberapa tips bebas kolesterol di Idul Adha yang bisa kamu terapkan di momen perayaan nanti. Makan daging lezat dan tetap sehat bisa banget lho! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar