9 Barang yang Tidak Boleh Ada di Kamar, Tidur Lebih Nyenyak dan Nyaman

Reporter : Arifina
Kamis, 4 Juli 2024 17:47
9 Barang yang Tidak Boleh Ada di Kamar, Tidur Lebih Nyenyak dan Nyaman
Ternyata ada beberapa barang yang tidak boleh ada di kamar lho! Hal ini untuk menjaga kualitas tidur lebih optimal dan nyaman.

Beberapa barang yang tidak boleh ada di kamar ini perlu diperhatikan. Hal ini karana akan memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan memulihkan energi setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan bebas dari gangguan.

Agar tidur menjadi nyenyak dan penuh kedamaian, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak diletakkan di kamar tidur. Bahkan, ada juga barang yang justru menganggu Kesehatan jika dibiarkan di area tempat tidur.

Apa saja barang yang tidak boleh ada di kamar? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 9 halaman

Peralatan Elektronik

Alat Elektronik

© Shutterstock.com/archideaphoto

Peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan ponsel sering kali mengganggu kualitas tidur. Cahaya biru dari layar perangkat ini dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur.

Selain itu, suara dan getaran dari notifikasi dapat mengganggu tidur. Sebaiknya, simpan peralatan elektronik di luar kamar tidur atau atur waktu penggunaan perangkat sebelum tidur.

Gunakan mode malam pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengurangi cahaya biru.

 

2 dari 9 halaman

Pakaian Kotor dan Alat Olahraga

Kamar tidur adalah salah satu ruangan yang harus dijaga kebersihannya. Sehingga, membuat nyaman saat istirahat.

Karena itulah, jangan menyimpan pakaian kotor di dalamya. Selaian menimbulkan aroma kurang sedap, menumpuk pakaian kotor membuat suasana kamar menjadi tidak rapi.

Selain itu, tidak disarankan menyimpan alat olahraga di dalam kamar. Hal ini karena, akan terlihat penuh dan menumpuk.

 

3 dari 9 halaman

Meja Kerja dan Perlengkapan Kantor

Menggabungkan ruang kerja dengan kamar tidur dapat menciptakan stres dan mempengaruhi kualitas tidur. Pikiran tentang pekerjaan dapat terus berlanjut saat kamu seharusnya bersantai dan beristirahat.

Karena itu, pisahkan ruang kerja dan ruang tidur. Jika tidak memungkinkan, coba untuk menata meja kerja agar tidak terlihat dari tempat tidur.

Termasuk, pisahkan juga alat-akat perkantoran yang selalu digunakan untuk bekerja. Memisahkan ruang kerja dan kamar tidur juga akan membuat produktivitas meningkat lho!

 

4 dari 9 halaman

Jangan Terlalu Banyak Hiasan Dinding

Ilustrasi Hiasan Dinding Aesthetic

© Instagram/ interioryesplz

Hiasan dinding memang membuat ruangan terlihat lebih indah dipandang. Namun, untuk area kamar sebaiknya jangan terlalu banyak meletakkan hiasan dinding.

Foto-foto dan figura yang telalu banyak dan besar bisa membuat ruangan terlihat terlalu ramai. Hal ini secara otomatis menganggu kenyamanan saat istirahat.

Bila ingin memasang hiasan dinding, cukup letakkan yang sederahana dan beberapa saja. Ini untuk membuat kamar lebih nyaman dan menyenangkan.

 

5 dari 9 halaman

Tirai Panjang

Pemasangan tirai di dalam kamar sebenarnya dilakukan untuk melindungi privasi penghuninya dari penglihatan orang luar. Namun, ternyata kamu perlu memilih tirai dengan tepat.

Jangan gunakan model tirai terlalu panjang untuk area kamar. Hal ini karena, jenis tirai yang memanjang dari langit0langit hingga lantai justru akan menghadirkan debu lebih banyak.

Tentu saja kondisi tersebut akan mengganggu Kesehatan penghuni kamar. Lebih baik gunakan model tirai yang simple dan bemotif sesuai desain kamar ya.

 

6 dari 9 halaman

Hindari Penggunaan Rak Terbuka

Jenis benda lainnya yang sebaiknya tidak ada di dalam kamar adalah rak terbuka. Sebab, penggunananya justru akan membuat ruangan menjadi lebih sempit.

Rak terbuka umumnya tidak untuk menyimpan barang, melainkan untuk meletakkan benda-benda pajangan. Karena itu sebisa mungkin dihindari, atau cukup letakkan satu jenis saja untuk mempercantik kamar tidur.

Simpan barang di rak terbuka dengan rapi agar tidak terlihat berantakan dan menumpuk.

 

7 dari 9 halaman

Makanan dan Minuman

Snack Sehat

© unsplash.com/@lindsaymoe

Menyimpan makanan dan minuman di kamar tidur dapat menarik serangga dan menciptakan bau yang tidak sedap. Selain itu, makan di tempat tidur bisa menyebabkan remah-remah yang sulit dibersihkan.

Konsumsi makanan dan minuman di ruang makan atau dapur. Jika kamu memerlukan camilan malam, bawa hanya jumlah yang cukup dan segera bersihkan setelah selesai.

 

8 dari 9 halaman

Koleksi Barang Tidak Terpakai

Barang-barang yang tidak terpakai seperti majalah lama, pernak-pernik, dan mainan sebaiknya juga tidak ada di dalam kamar. Sebab, barang-barang ni dapat membuat kamar tidur menjadi berantakan.

Ruang yang terlalu penuh dapat membuat kamu merasa sesak dan tidak nyaman. Rutin lakukan decluttering atau merapikan barang-barang di kamar.

Buang atau sumbangkan barang-barang yang tidak kamu butuhkan lagi.

 

9 dari 9 halaman

Tanaman Hias Beraroma Kuat

Beberapa tanaman hias bisa diletakkan di kamar untuk memperindah ruangan. Namun, kamu harus memilih yang tidak beraroma.

Tanaman yang memiliki aroma kuat dapat mengganggu tidur, terutama bagi yang sensitif terhadap bau. Tanaman seperti lavender bisa membantu tidur, tapi ada tanaman lain yang bisa menimbulkan alergi atau bau tidak sedap.

Pilih tanaman yang cocok untuk kamar tidur seperti snake plant atau lidah buaya. Tanaman ini membantu membersihkan udara tanpa mengeluarkan bau kuat.

Itulah beberapa barang yang tidak boleh ada di kamar. Menjaga kamar tetap rapi dan bersih akan meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar