7 Jenis Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartemen, Catat Biar Gak Over Budget!

Reporter : Arifina
Kamis, 11 Juli 2024 17:00
7 Jenis Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartemen, Catat Biar Gak Over Budget!
Perhatikan dulu biaya apa saja yang harus dibayar sebelum memutuskan tinggal di apartemen ya! Biar nggak over budget dan lebih tenang.

Apa saja biaya yang harus dibayar saat tinggal di apartemen? Ini penting untuk diketahui dan dipahami sebelum kemu memutuskan untuk tinggal di unit yang cukup popular di kota-kota besar tersebut.

Memang, tinggal di apartemen menawarkan banyak kemudahan dan kenyamanan. Di antaranya, lokasi strategis, keamanan terjamin, dan fasilitas lengkap.

Tinggal di apartemen banyak dipilih karena memudahkan bagi pemakainya terutama jika menghuni kota-kota besar. Meskipun menawarkan kenyamanan dan fasilitas modern, tinggal di apartemen juga memerlukan biaya-biaya tertentu.

Selain uang sewa apartemen, masih ada biaya-biaya lainnya yang bervariasi lho! Hal tersebut tergantung pada lokasi, tipe apartemen, dan fasilitas yang ditawarkan.

Lantas, biaya apa saja yang dibutuhkan saat tinggal di apartemen? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 7 halaman

Biaya Sewa

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 deborah cortelazzi on Unsplash

Sebelum memutuskan pindah ke apartemen, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan dan jadi komponen biaya penting adalah biaya sewanya atau pembelian apartemen. Biaya ini bisa sangat bervariasi lho!

Hal itu tergantung lokasi, ukuran, dan fasilitas apartemen. Apartemen di pusat kota atau dekat dengan fasilitas umum biasanya memiliki harga sewa atau beli yang lebih tinggi.

2 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 shutterstock.com

Biaya Listrik

Biaya listrik menjadi pengeluaran rutin yang juga harus diperhitungkan saat kamu memutuskan tinggal di apartemen. Besarnya biaya listrik tergantung pada penggunaan peralatan elektronik di unit.

Seperti, pendingin ruangan (AC), penerangan, dan lainnya tentu berbeda-beda biayanya. Apartemen dengan fasilitas listrik prabayar memudahkan penghuni untuk mengontrol pengeluaran listrik.

3 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 Dan Gold on Unsplash

Biaya Perawatan atau Maintenance

Selain uang sewa, kamu juga harus menyiapkan biaya untuk maintenance. Hal ini biasanya dipakai untuk perawatan layanan unit apartemen.

Misalnya, biaya kebersihan, keamanan, perawatan Gedung,dan penggunaan fasilitas umum seperti kolam renang atau gym, hingga pengelolaan sampah. Nah, jumlah biayanya sendiri bergantung dari pengelolaan apartemen itu sendiri.

Biasanya, perhitungannya dilakukan berdasarkan luas unit apartemen. Kisarannya sekitar Rp10-25 ribu per meter persegi dari tiap unit, dan dibayarkan setiap bulan.

4 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 shutterstock.com

Biaya Air

Air menjadi salah satu kebutuhan dasar yang biayanya juga harus dibayar setiap bulan saat kamu tinggal di apartemen. Besarnya biaya air tergantung pada penggunaan sehari-hari seperti mandi, mencuci, dan memasak di setiap unit di apartemen.

Beberapa apartemen sudah menjadikan satu biaya air dalam biaya sewa, tetapi ada juga yang memisahkannya. Maka, kamu juga perlu siap-siap jika harus mengeluarkan biaya terpisah ya!

5 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartemen

© 2024 freepik.com/fanjianhua

Biaya Parkir

Setiap apartemen memiliki aturan tersendiri berkaitan dengan biaya parkir. Namun, jika memiliki kendaraan pribadi, biaya parkir juga harus diperhitungkan.

eberapa apartemen mengenakan biaya parkir bulanan untuk mobil dan motor. Biaya ini bisa cukup tinggi, terutama di daerah pusat kota yang padat.

Cari tahu saja apartemen yang sudah membebankan biaya parkir dalam hitungan sewa. Itu akan memudahkan kamu tanpa harus iuran setiap bulannya.

6 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 shutterstock.com

Biaya Internet dan TV Kabel

Nah, berkaitan dengan koneksi internet dan TV kabel juga harus menjadi perhitungan jika kamu memutuskan tinggal di apartemen ya.

Koneksi internet dan TV kabel juga menjadi kebutuhan penting bagi banyak penghuni apartemen.

Biaya untuk layanan ini biasanya dibayarkan bulanan dan bervariasi. Hal itu tergantung provider dan paket yang kamu pilih untuk kebutuhan.

7 dari 7 halaman

Biaya yang Harus Dibayar saat Tinggal di Apartement© 2024 shutterstock.com

Biaya Sinking Fund

Ini adalah biaya iuran yang bisanya harus dikeluarkan untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak. Misalnya, butuh biaya renovasi besar di masa depan, seperti pengecatan ulang gedung atau penggantian lift.

Besaran sinking fund bervariasi tergantung pada kebijakan pengelola apartemen. Umumnya, hal ini dilakukan pengelola untuk menjaga nilai dari propertia agar tetap bagus dan nyaman.

Itulah biaya yang harus dibayar saat tinggal di apartemen. Dengan memahami semua itu, kamu dapat membuat anggaran yang realistis dan memastikan bahwa kamu mampu untuk tinggal di apartemen yang dipilih.

Beri Komentar