11 Cara agar Kamar Tidak Berdebu, Bersih Sepanjang dan Bebas Alergi Deh!

Reporter : Arifina
Selasa, 21 Mei 2024 17:00
11 Cara agar Kamar Tidak Berdebu, Bersih Sepanjang dan Bebas Alergi Deh!
Bye-bye alergi debu!

Cara agar kamar tidak berdebu perlu diperhatikan dengan benar. Jika asal membersihkan, area tempat tidur justru akan memperbanyak debu bertebaran yang justru membuat kondisi kurang nyaman.

Debu merupakan salah satu masalah umum yang sering ditemui di rumah, terutama di kamar tidur. Selain membuat ruangan terlihat kotor, debu juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi dan gangguan pernapasan.

Kamar yang berdebu tidak hanya mengganggu estetika, tetapi juga dapat menjadi sumber alergi pada tubuh. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kamar dari debu sangat penting.

1 dari 12 halaman

Apa Penyebab Kamar Berdebu?

Ilustrasi Kamar Tidur Minimalis

Kamar yang berdebu bisa muncul darimana saja. Bahkan, debu di dalam ruangan bsa berasal dari sel kulit manusia.

Sel yang ada dalam tubuh manusia ini akan menyebar dan menjadi santapan tungau Kasur. Hal inilah yang menjadikan penyebab menumpuknya debu di ruangan.

Debu di kamar juga bisa disebabkan dari serpihan rambut, ketombe, serpihan furniture, tembok, hingga dari luar ruangan yang masuk lewat angin.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk membersihkan kamar tidur lho! Apa saja?

 

2 dari 12 halaman

Cara agar Kamar Tidak Berdebu

Suasana kamar berdebu tentunya membuat tidak nyaman untuk ditempati. Berikut cara agar kamar tidur selalu bersih dan bebas debu:

Jangan Simpan Terlalu Banyak Barang

Siapa nih yang suka menumpuk barang di dalam kamar tidur? Sebaiknya, mulai sekarang dihindari bahkan sebisa mungkin dihilangkan saja ya.

Sebab, meletakkan tumpukan barang terlalu banyak di dalam kamar justru akan membuat ruangan banyak debu. Minimalisir penggunaan dekorasi yang mudah berdebu, seperti boneka, bunga plastik, hingga kain berenda.

Semakin sedikit pernak-pernik di area kamar maka debu yang dating juga sedikit. Pastikan juga selalu rutin membersihkan furniture di dalam kamar agar selalu rapi ya!

 

3 dari 12 halaman

Ganti Seprai dan Sarung Bantal Setiap Minggu

Biar kamar tidur bebas dari debu, maka hal yang paling penting dan harus rajin dilakukan adalah sering-sering mengganti seprai. Pastikan, setidaknya setiap satu minggu sekali kamu mengganti sarung bantal dan seprai yang digunakan.

Sehingga, tempat tidur yang kamu tempati juga akan selalu bersih, rapi dan bebas dari debu menempel. Tidur pun lebih nyaman, dan dijamin terhindar dari alergi.

Cuci bersih seprai dan sarung bantal biar benar-benar bersih di suhu air 54 derajat celcius. Sehingga, saat digunakan benar-benar terbebas dari debu.

 

4 dari 12 halaman

Pastikan Bagian Lantai Kamar Selalu Bersih

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Selain area tempat tidur, lantai di kamar juga menjadi sarang debu bertebaran. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan area lantai kamar agar bersih setiap saat.

Rajin-rajinlah mengepel lantai dan menyedot debu di lantai kamar. Biasakan untuk selalu membersihkannya setiap hari.

Jika kamu memakai karpet atau permadani di area lantai kamar, selalu rutin bersihkan di luar. Pukuli menggunakan sapu agar debunya menghilang, baru bisa digunakan Kembali ya.

 

5 dari 12 halaman

Gunakan Kain Lap Basah

Ini penting untuk diperhatikan saat kamu akan membersihkan area kamar tidur. Pastikan, selalu menggunakan kain lap yang basah saat mulai proses pembersihan.

Hal ini, agar debu tidak beterbangan kemana-mana. Kamu bisa gunakan lap kering atau kemoceng lebih dulu untuk awal pembersihan.

Kemudian, gunakan lap bersih untuk mengangkat sisa-sisa debu yang menempel di bagian area kamar. Mulai dari dipan, meja, kursi, lemari dan yang lainnya.

 

6 dari 12 halaman

Rutin Bersihkan Kipas Angin atau AC

Jika di kamarmu ada kipas angin atau AC selalu rutin melakukan pembersihan. Hal ini juga pemicu datangnya debu lho!

Membersihkan rutin kipas angin akan mencegah menumpuknya debu di baling-balingnya. Jika dibiarkan, debu justru menempel dan membuat kipas saat dinyalakan menyebarkan ebu ke seluruh area kamar.

Rutinlah juga memanggil teknisi AC untuk membersihkannya. Sehingga, menggunakan kamar lebih nyaman.

 

7 dari 12 halaman

Gunakan Penjernih Udara

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Jika kamu memiliki budget lebih, gunakan penjernih udara di area kamar tidur. Alat ini dapat membantu menyaring debu, kotoran, dan alergen dari udara.

Namun, selalu juga bersihkan alat dan mengganti penyaring Udara dengan rutin. Cara ini juga untuk menjaga kelembapan Udara di kamar.

Kelembapan yang terkontrol di dalam kamar akan membantu mencegah pertumbuhan jamur dan tungau debu.

 

8 dari 12 halaman

Perhatikan Ventilasi Udara

Debu dari luar rumah sering masuk melalui ventilasi udara yang terbuka. Oleh karena itu, tutuplah jendela saat tidak diperlukan, terutama saat kondisi berangin.

Pasang kasa atau jaring pada jendela untuk mengurangi jumlah debu yang masuk jika kamu tetap ingin membuka jendela. Ini akan membantu ruangan mendapatkan sirkulasi udara dengan baik.

Sirkulasi yang tepat dengan sinar matahari yang masuk akan membuat tungau yang menempel di Kasur tidak berkembang dengan cepat.

 

9 dari 12 halaman

Selalu Lepas Alas Kaki

Meski kamu memiliki alas kaki khusus area rumah, akan lebih baik meninggalkannya di luar kamar. Sebab, alas kaki bisa menjadi salah satu penyebab debu masuk ke dalam ruangan.

Alas kaki yang ada di luar kamar bisa memungkinkan membawa sisa-sisa debu dan allergen. Simpan saja alas kaki di rak di luar ruangan.

Sehingga, saat masuk kaki dalam kondisi bersih dan bebas kotoran.

 

10 dari 12 halaman

Hindari Membawa Hewan Peliharaan di Kamar

Inspirasi Kamar Tidur Minimalis

Apakah kamu punya hewan peliharaan? Jika iya, sebaiknya hindari untuk membawanya di area kamar tidur.

Lebih baik bermainlah dengan hewan peliharaan saat berada di luar kamar. Kebiasaan membawa hewan ke dalam kamar justru akan memicu munculnya sarang debu.

Sebab, tanpa disadari, bulu dari hewan peliharaan mudah dihinggapi kotoran i luar kamar. Hal inilah yang menjadi sarang debu.

 

11 dari 12 halaman

Atur Ulang Tata Letak Furniture

Memiliki furniture di dalam kamar memang bisa membuat ruangan lebih menarik dan cantik. Tapi, furniture juga bisa memicu debu-debu di area ruangan.

Karena itu, rutinlah untuk selalu melakukan penataan ulang pada furniture yang kamu miliki. Sembari menata ulang, tentunya bersihkan juga debu-debu yang menempel.

Beri Jarak antara furniture satu dan lainnya, sehingga kebersihannya bisa tetap terjaga.

 

12 dari 12 halaman

Rutin Membersihkan Kamar

Lakukan pembersihan kamar secara rutin, minimal seminggu sekali.
Gunakan kain lap mikrofiber untuk membersihkan permukaan furnitur, jendela, dan lantai.

Sapu dan pel lantai secara menyeluruh, termasuk area di bawah tempat tidur dan kolong furnitur.
Vakum kasur, bantal, dan guling secara berkala untuk menghilangkan debu dan tungau.

Dengan rutin melakukan pembersihan kamar, maka ruangan akan nyaman sepanjang hari dan bebas alergi debu deh!

Itulah beberapa cara agar kamar tidak berdebu dengan mudah yang bisa kamu terapkan di rumah. Kunci Utama dari menjaga kamar bebas debu adalah dengan utin membersihkan dan menjaga kebersihan diri. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar