10 Cara agar Rumput Tidak Tumbuh Lagi, Halaman Selalu Bersih dan Indah

Reporter : Arifina
Rabu, 17 Juli 2024 15:47
10 Cara agar Rumput Tidak Tumbuh Lagi, Halaman Selalu Bersih dan Indah
Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar rumput-rumput di halaman rumah tidak tumbuh lagi. Simak yang berikut untuk bisa diterapkan ya!

Cara agar rumput tidak tumbuh lagi harus diperhatikan dengan tepat. Sebab, rumput di halaman memang akan sangat menganggu jika terlihat terus memanjang dan tidak dirapikan.

Padahal, keberadaan rumput di halaman rumah misalnya ini untuk menambah keindahan suasana. Namun, jika tidak dirawat, dipotong, ataupun dirapikan justru akan terus tumbuh dan membuat halaman rumah menjadi tidak enak dipandang.

Rumput yang tumbuh tidak hanya merusak keindahan taman, tetapi juga dapat menghambat pertumbuhan tanaman lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara-cara efektif agar rumput tidak tumbuh lagi. Simak yuk!

1 dari 10 halaman

Cabut Rumput Sampai ke Akarnya

Ilustrasi Rumput Gajah Mini

©  https://www.rumputpro.com

Cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah pertumbuhan rumput adalah dengan mencabutnya sampai ke akarnya. Ini bisa dilakukan jika kamu benar-benar ingin menghilangkan rumput di halaman rumah ya.

Lakukan penyiangan secara rutin, minimal seminggu sekali. Gunakan alat penyiang khusus untuk memudahkan prosesnya.

Pastikan untuk mencabut semua bagian akarnya, agar rumput tidak tumbuh kembali.

2 dari 10 halaman

Gunakan Air Panas

Air panas salah satu cara untuk menghambat pertumbuhan lumut. Suhu panas air dapat membakar daun dan batang rumput, sehingga membuatnya mati.

Rebus air sampai mendidih, kemudian siramkan secara langsung ke area yang ditumbuhi rumput. Lakukan cara ini secara hati-hati agar tidak mengenai tanaman lain ya.

Dijamin, rumput di sekitar halaman rumahmu tidak akan tumbuh lagi.

3 dari 10 halaman

Tutup Tanah dengan Mulsa

Cara lainnya untuk menghambat pertumbuhan rumput adalah dengan menggunakan mulsa yang diletakkan di atas tanah. Mulsa adalah bahan penutup tanah yang terbuat dari bahan organik dan anorganik.

Mulsa organik seperti serpihan kayu, Jerami, daun kering, atau kompos ampuh untuk menekan pertumbuhan rumput. Selain itu, mulsa ini juga bisa memperbaiki struktur tanah.

Sedangkan, jenis mulsa anorganik seperti batu atau plastik akan lebih tahan lama bila digunakan dan tidak mudah terurai.

4 dari 10 halaman

Gunakan Garam

Ilustrasi Garam

© https://www.self.com

Garam salah satu bahan alami yang juga ampuh menekan pertumbuhan rumput. Kandungan pada aram dapat menyerap air dari tanah, sehingga membuat rumput liar dehidrasi dan mati.

Cukup taburkan garam secara merata di area yang ditumbuhi rumput. Sehingga, rumput akan mengering dan tidak akan tumbuh kembali.

Pastikan untuk tidak menaburkan garam di sekitar tanaman lain, karena dapat merusak tanaman tersebut.

5 dari 10 halaman

Gunakan Cuka

Bahan alami lainnya adalah cuka. Kandungan asam pada cuka dinilai ampuh membasmi rumput.

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1. Masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang ditumbuhi rumput.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai tanaman lainnya.

6 dari 10 halaman

Sabun Cuci Piring

Kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring untuk membasmi rumput nih! Caranya, cukup mudah dan hanya mencampurkannya dengan air.

Gunakan perbandingan 1:1 untuk sabun cuci piring dan air, lalu masukkan ke botol semprot. Kemudian, tinggal semprotkan ke area yang ditumbuhi rumput.

Bisa juga dengan mencampur sabun cici piring dengan garam atau cuka. Hal ini akan lebih ampuh dan cepat menekan pertumbuhan rumput.

7 dari 10 halaman

Sabun Mandi

Sering Disepelekan, Aman Gak Sih Cuci Muka Pakai Sabun Mandi?

© MEN

Selain sabun cuci piring, kamu juga bisa memanfaatkan sabun mandi untuk membasmi rumput. Cukup buat campuran sabun mandi cair dengan cuka.

Masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang ditumbuhi rumput. Dengan ini rumput tidak akan tumbuh kembali dan mengering.

8 dari 10 halaman

Herbisida

Herbisida adalah salah satu cara paling efektif untuk membasmi rumput. Terdapat dua jenis herbisida yang bisa digunakan:

Kamu bisa menggunakan jenis herbisida Pasca-tumbuh (Post-emergent). Bahan ini akan membunuh rumput yang sudah muncul di permukaan tanah sampai ke akarnya.

Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan teliti dan gunakan sesuai dosis yang dianjurkan.

9 dari 10 halaman

Bensin

Nah, cara berikutnya kamu bisa memakai bensin. Tapi, kamu perlu mencampurnya dengan bahan alami lainnya untuk terbentuk herbisida alami.

Campurkan antara bensin dengan solar, garam, pupuk urea, dan sabun colek. Lalu, semprotkan ke area yang berumput di halaman rumah.

Pencampuran bahan-bahan tersebut akan membuat rumput layu dan mengering.

10 dari 10 halaman

Gunakan Plastik Hitam

Cara agar Rumput Tidak Tumbuh Lagi

© 2024 freepik.com

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan plastik hitam. Caranya, tutup area yang ditumbuhi rumput dengan plastik hitam.

Nantinya, plastik hitam akan menghalangi sinar matahari mencapai tanah. Sehingga rumput tidak dapat tumbuh.

Tunggu beberapa minggu sampai rumput liar mati, kemudian buang plastik hitamnya.

Itulah beberapa agar rumput tidak tumbuh lagi. Dengan menerapkan yang di atas, halaman rumahmu bebas dari rumput tak beraturan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar