6 Cara Basmi Rayap di Kusen, Dijamin Ampuh Usir Hama dengan Tuntas

Reporter : Arifina
Selasa, 28 Mei 2024 17:47
6 Cara Basmi Rayap di Kusen, Dijamin Ampuh Usir Hama dengan Tuntas
Tak bisa asal lho! Membasmi rayap perlu cara yang tepat agar benar-benar terhampas!

Cara basmi rayap di kusen perlu diperhatikan dengan tepat agar tidak salah langkah. Rayap, si hama kecil pemakan kayu ini memang tak jarang menjadi momok menakutkan bagi pemilik rumah.

Kemunculan rayap kerap di kusen pintu dan jendela dapat menyebabkan kerusakan serius, bahkan membahayakan struktur bangunan. Tak ayal, bagian yang terkena rayap pun menjadi rapuh, tidak lagi estetik jika dipandang.

1 dari 8 halaman

Cara Membasmi Rayap di Lantai Rumah

Biasanya, rayap kerap dating saat kondisi musim hujan. Hal ini karena, rayap menyukai tempat-tempat yang lembab dan membuat sarang di kusen kayu.

Meski begitu, bukan berarti kemunculan rayap ini tidak bisa dibasmi lho! Kamu bisa menghilangkan rayap pada kusen dengan tepat dengan cara-cara efektif.

Beberapa di antaranya, pembasmian rayap di kusen dapat dilakukan dengan cara alami. Apa saja? Simak yeng berikut yuk!

2 dari 8 halaman

Cara Basmi Rayap di Kusen

Larutan Air Garam

Membasmi rayap bisa dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga. Salah satunya, garam yang dilarutkan dengan air.

Buat larutan garam, kemudian tuangkan di botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan tersebut di bagian kusen pintu atau jendela yang didatangi rayap.

Tak perlu waktu lama, rayap akan hilang dengan sendirinya lho!

3 dari 8 halaman

Air Kapur Sirih

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk membasmi rayap adalah dengan air kapus sirih. Caranya mudah, kamu cukup mencampurkan bubuk kapur sirih ke dalam wadah dan beri air sedikit dengan perbandingan 1:2.

Aduk campuran tersebut sampai rata, diamkan terlabih dahulu selama 30 menit. Pastikan sampai muncul endapan kapur ya.

Selanjutnya, pisahkan lapisan endapan dan air. Simpan air kapur sirih dalam botol semprot. Lalu, semprotkan pada kusen yang di serang rayap.

4 dari 8 halaman

Tembakau

Manfaat Tembakau

Punya tembakau di rumah? Nah, bahan yang satu ini juga bisa untuk membasmi keberadaan rayap lho!

Buatlah cairan temabakau dengan mencampurkan tembakau dan air. Lalu, diamkan dahulu selama semalaman di dalam wadah sampai meresap.

Letakkan air tembakau tersebut dalam botol semprot. Kamu tinggal menyemprotkannya ke bagian kusen yang didatangi oleh rayap deh!

5 dari 8 halaman

Air Cucian Beras

Buat kamu yang sedang memasak beras di rumah, kiranya jangan langsung membuang air cuciannya. Sebab, air cucian beras menjadi salah satu cara yang ampuh untuk membasmi rayap.

Caranya cukup masukkan air cucian beras ke dalam botol semprot. Kemudian, kamu bisa dengan mudah membasminya dengan menyemprotkan air tersebut ke kusen yang diserang rayap.

6 dari 8 halaman

Minyak Tanah

Cara lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan minyak tanah nih. Tak jauh beda dengan langkah lainnya, kamu hanya perlu memasukkan minyak tanah ke dalam botol semprot.

Selanjutnya, semprotkan minyak ke bgian kusen pintu atau jendela yang terkena rayap. Meski penggunaan ini ampuh, tapi tetap harus hati-hati.

Sebab, minyak tanah akan meninggalkan bau menyengat pada rumah. Selain itu, minyak tanah juga bisa membuat perabotan atau kusen kayu mengalami korosi.

7 dari 8 halaman

Gunakan Cairan Pembasmi Rayap

Cara mengusir rayap kayu

Selain dengan cara-cara alami, kini sudah banyak dijual produk-produk pembasmi rayap yang bisa ditemui di pasaran. Kamu bisa menggunakan cairan tersebut untuk membasmi rayap di rumah dengan mudah.

Cukup semprotkan saja cairan pembasmi tersebut ke bagian kusen yang kedatangan rayap. Dijamin, rayap akan menghilang dengan cepat.

Tapi, sama seperti minyak tanah penggunan cairan pembasmi ini harus dilakukan dengan hati-hati karena memunculkan bau menyengat. Pastikan, mengosongkan ruangan saat akan menggunakannya agar tidak terganggu ya!

8 dari 8 halaman

Tips Mencegah Rayap Masuk ke Rumah

Kedatangan rayap ini sebenarnya bisa dicegah sebelum membuat kusen keropos lho! Di antaranya sebagai berikut:

  • Tutup lubang dan celah pada kusen untuk mencegah rayap masuk kembali.
  • Ganti kusen yang sudah rusak parah dengan kayu yang tahan rayap.
  • Lakukan perawatan kusen secara berkala untuk mencegah rayap kembali.

Nah, itulah tadi cara membasmi rayap di kusen yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kusen dari kerusakan dan bebas rayap deh! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar