10 Cara Hilangkan Bau Pipis Kucing, Rumah Bersih Sepanjang Hari

Reporter : Arifina
Senin, 8 Juli 2024 14:47
10 Cara Hilangkan Bau Pipis Kucing, Rumah Bersih Sepanjang Hari
Bye bye bau! Rumah bebas bau pipis kucing ternyata caranya mudah lho! Jangan ditunda-tunda agar bau tidak semakin menyengat ya!

Cara hilangkan bau pipis kucing di rumah ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Pipis kucing jika dibiarkan begitu saja akan membuat kurang nyaman penghuninya.

Pipis kucing memunculkan bau tidak sedap dan akan mengendap lebih lama jika tak segera dibersihkan. Selain itu, pipis kucing yang dibiarkan terlalu lama justru akan sulit dibersihkan.

 

1 dari 9 halaman

Apa Penyebab Kucing Pipis Sembarangan?

Dilansir dari The Vets, kucing sebenarnya tidak serta merta selalu pipis sembarang. Namun, jika kucing melakukannya itu karena ada beberapa kondisi, salah satunya masalah kesehatan.

Kucing yang tiba-tiba pipis sembarangan ini biasanya sedang mebgalami diabetes, penyakir ginjal, masalah saluran kemih, atau arthritis.

Selain kesehatan, kucing pipis sembarangan karena lingkungan dan perilaku. Di antaranya, kucing sedang stress, cemas, atau memiliki perasaan menguasai wilayah.

Kotak pasir yang tidak bersih juga memicu kucing untuk pipis sembarangan dan memunculkan bau kurang sedap di rumah lho! Nah, untuk manghilangkan bau pipis kucing ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Apa saja?

 

2 dari 9 halaman

Cara Hilangkan Bau Pipis Kucing

Bersihkan Segera

Langkah pertama yang penting adalah segera membersihkan area yang terkena pipis kucing. Semakin cepat kamu membersihkannya, semakin sedikit bau yang akan tertinggal.

Jika pipis kucing dibiarkan terlalu lama, bakteri yang ada akan menguari zat kima seperti urea. Bakteri inilah yang memunculkan bau amonia tidak sedap.

Jangan membiarkan pipis kucing hingga mengering, sebab hal ini justru akan sulit dibershkan. Bau pun juga akan sulit dihilangkan.

 

3 dari 9 halaman

Gunakan Tisu atau Kain

Cara untuk membersihkan pipis kucing tidak membutuhkan alat yang berat. Kamu busa menggunakan tisu atau kain yang menyerap untuk mengelap bagian yang terkena pipis tersebut.

Tisu atau kain ini nantinya untuk menyerap sebanyak mungkin uring dari kucing. Jangan digosok-gosok, karena dapat memperluas area yang terkena pipis.

Mengelap bagian pipis ucing dengan tisu atau kain akan membantu menguarngi bau sebelum membersihkan secara menyeluruh. Pastikan juga membersihkan area di sekitarnya ya.

 

4 dari 9 halaman

Hindari Produk Pembersih Amonia

hati-hati saat memilih produk pembersih di rumah. Hindari bahan yang mengandung amonia.

Bahan tersebut justru akan mendorong kucing untuk selalu pipis sembarangan di tempat yang sama. Sebaiknya buat sendiri cairan pembersih, atau kamu bisa memanfaatkan produk pembersih khusus untuk menghilangkan bau pipis hewan.

Tips agar Rumah Tidak Bau Kucing

© 2024 freepik.com

Gunakan Pembersih Enzim

Pembersih enzim sangat efektif untuk menghilangkan bau pipis kucing. Produk ini mengandung enzim yang dapat memecah molekul urin sehingga bau benar-benar hilang, bukan hanya ditutupi.

Pembersih ini juga membantu menetralkan bau pipis kucing dan menghilangkan nodanya. Caranya mudah, cukup semprotkan pembersih enzim pada area yang terkena pipis kucing.

Kemudian, biarkan selama beberapa menit atau sesuai dengan petunjuk produk. Lap dengan kain bersih setelah waktu yang disarankan.

 

5 dari 9 halaman

Buat Larutan Pembersih Sendiri

Ada beberapa bahan rumahan yang bisa kamu buat untuk larutan pembersih pipis kucing. Di antaranya, baking soda, cuka, dan air lemon.

Ketiga bahan tersebut adalah bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bau pipis kucing.

Baking soda: taburkan baking soda pada area yang terkena dan biarkan selama beberapa jam untuk menyerap bau. Lalu, vakum hingga bersih.
Cuka: semprotkan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1 pada area yang sama dan biarkan kering. Biarkan selama 10 menit, dan keringkan.
Air lemon: campurkan perasan air lemon dan air dengan perbandingan 1:1. Semprotkan larutan ini pada area yang terkena pipis dan biarkan selama beberapa menit sebelum dikeringkan.

 

6 dari 9 halaman

Cuci Kain dan Karpet

Jika pipis kucing mengenai kain atau karpet, segera cuci bahan tersebut dengan deterjen. Tambahkan sedikit cuka atau baking soda dalam proses pencucian tersebut.

Gunakan air panas jika memungkinkan, karena ini akan membantu menghilangkan bau lebih efektif.
Pastikan untuk mengeringkan sepenuhnya sebelum digunakan Kembali ya.


Ventilasi yang Baik

Selain proses pembersihan, kamu juga harus memperhatikan ventilasi di rumah dalam menghilangkan bau pipis kucing. Pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik.

Buka jendela atau gunakan kipas angin untuk meningkatkan sirkulasi udara. Kamu juga bisa menggunakan pengharum ruangan untuk membantu menyegarkan Udara di rumah.

 

7 dari 9 halaman

Gunakan Bubuk Kopi

Ilustrasi Ampas Kopi

© Freepik.com

Cara lainnya, kamu bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menghilangkan bau pipis kucing nih! Caranya, cukup menaburkan bubuk kopi secara merata di tempat yang terkena pipis tersebut.

Diamkan beberapa saat, atau idealnya selama 15-20 menit. Lalu, sapu atau vakum bagian area tersebut.

Bubuk kopi mampu menyerap bau dengan kuat, termasuk dari pipis kucing. Selain itu, bubuk kopi juga akan memuncuklkan aroma kesegaran pada ruangan.

8 dari 9 halaman

Essential Oil

Cara lainnya, kamu bisa memanfaatkan penggunaan essential oil untuk menghilangkan bau pipis kucing. Selain mengandung antimikroba, bahan ini juga memiliki aroma yang menyegarkan.

Kamu bisa memilih minyak bau
lavender, peppermint, atau tea tree. Campurkan beberapa tetes essential oil dengan air, lalu semprotkan ke tempat yang terkena pipis kucing.


Minyak Kayu Manis

Minyak kayu manis juga salah satu yang bisa untuk menghilangkan bau pipis kucing nih! Minyak ini memiliki aroma yang menyenangkan dan berguna menetralisir bau tidak sedap.

 

9 dari 9 halaman

Tips agar Rumah Tidak Bau Kucing

© 2024 freepik.com

Penggunannya pun mudah, campurkan beberapa tetes minyak kayu manis dengan air. Masukkan dalam botol spray, lalu semprotkan ke bagian yang terkena pipis kucing.

Diamkan beberapa saat dan biarkan aroma minyak kayu manis menyebar sempurna. Namun, gunakan dengan hati-hati dan jauhkan dari angkauan kucing, karena minyak ini beracun.

Itulah beberapa cara hilangkan bau pipis kucing yang bisa kamu terapkan di rumah. Selain menggunakan cara di atas, selalu pastikan kucing dalam kondidi bersih ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar