Cara Hitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah Mulai dari Material, Tenaga Kerja, dan Kebutuhan Lainnya

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 13 Juli 2024 13:54
Cara Hitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah Mulai dari Material, Tenaga Kerja, dan Kebutuhan Lainnya
Agar tidak terkecoh dan membuat biaya membengkan, nih cara hitung estimasi biaya renovasi rumah yang benar dan akurat.

Diazens, kita semua pasti setuju kalau cepat atau lambat, sekarang atau nanti, kita pasti akan dihadapkan dengan renovasi tempat tinggal. Entah itu karena rusak atapun renovasi karena kebutuhan pasti akan terjadi kalau kita memiliki rumah. Nah, di sini lah letak pentingnya cara hitung estimasi biaya renovasi.

Tujuan dari menghitung estimasi biaya renovasi rumah ini adalah agar bisa menyesuaikan budget dan kebutuhan. Selain itu, dengan adanya estimasi ini kita tidak akan sampai boncos saat melakukan renovasi. Singkatnya, flow keuangan akan tetap teratur.

Nah, Diadona sendiri sudah merangkum cara hitung estimasi biaya renovasi rumah khusus buat kamu. Mulai dari material, tenaga kerja, dan juga kebutuhan tak terduga lainya. So, langsung saja simak selengkpanya di bawah ini ya!

1 dari 5 halaman

Cara Hitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah© Freepik.com

Sebelumnya, kita akan memberikan gamran secara umum terlebih dahulu untuk renovasi ini ya. Umumnya, ada pilihan mewah, standar, dan sederhan untuk renovasi rumah. Tentu saja ini akan berpengaruh pada biaya juga.

Estimasi Renovasi Sederhana

Untuk kelas sederhana, harganya bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Namun konsekuensinya adalah bahan yang tidak begitu bagus dan mewah serta pilihan model yang terbatas. Estimasi biayany adalah 2.800.000-Rp 3.400.000 permeter perseginya.

Estimasi Renovasi Standar

Lalu, untuk kelas standar ini mungkin yang menjadi pilihan banyak orang dalam renovasi. Pasalnya, barang yang digunakan sudah cukup berkualitas dan pilihannya cukup luas. Estimasi biayanya ada di kisaran angka Rp 3.600.000-Rp 4.000.000 tiap meter perseginya.

Estimasi Renovasi Mewah

Untuk estimasi renovasi rumah mewah ini sangat pricey ya Diazens. Pasalnya, selain meterial yang digunakan kualitas jempolan pilihannya juga tak terbatas. Kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 4.500.000 per meter persegi untuk biaya estimasinya.

2 dari 5 halaman

Lebih detail lagi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam renovasi rumah ini ya Diazens. Muali dari tanah dan bangunan, material, tenaga kerja, dan biaya tak terduga lainnya. Mari kita bahas satu-satu.

Estimasi Biaya Tanah dan Bangunan

Pertama, kamu bisa langsung membuat estimasi pada bagian tanah dan bangunan. Caranya mudah, tentukan terlebih dahulu jumlah meter tanah yang akan direnov. Ini akan memudahkan dalam menentukan nominal biaya yang akan dikeluarkan.

Melansir dari laman Rukita, hitungan sederhananya adalah seperti ini. Jika membutuhkan 50 meter persegi, maka ketahui berapa biaya tanah per meter di tempat tersebut.

Misalnya Rp 1.750.000/meter persegi, berarti biaya yang dibutuhkan adalah 50 x Rp1.750.000 = Rp 87.500.000.

3 dari 5 halaman

Cara Hitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah© Freepik.com

Estimasi Biaya Material

Selanjutnya, adalah estimasi biaya material. Ini wajib untuk kamu hitung dengan sesuai kebutuhan ya. Alasannya adalah agar tidak ada barang yang nggak berguna nantinya, biar efisien. Untuk hitungan umumnya seperti di bawah ini.

Angka yang paling ideal rumah per meter bila skala renovasi cukup sederhana berada pada kisaran Rp2.500.000 sampai Rp4.000.000/m2. Tentu saja ini kamu bisa lakukan riset harga dulu pasalnya harga bahan material tidak tetap dan fluktuatif.

Estimasi Biaya Tenaga Kerja

Cara hitung estimasi biaya renovasi rumah yang paling membuthkan banyak alokasi adalah biaya jasa tenaga kerja. Untuk sistemnya, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan seperti harian, borongan jasa ataupun borongan penuh.

Masih dilansir dari Rukita, pada sistem harian, per orang pekerja akan dikenakan biaya sebesar Rp 125.000-Rp 150.000 dan belum termasuk biaya material. Lalu, untuk borongan jasa borongan jasa biasanya akan membutuhkan biaya sebesar Rp 1.000.000 - Rp 1.500.000/m2.

4 dari 5 halaman

Cara Hitung Estimasi Biaya Renovasi Rumah© Freepik.com

Biaya Tak Terduga Lainnya

Terkahir Diazens, tiga poin di atas adalah harga yang harus kamu hitung dengan rinci dan teliti. Namun, yang nggak kalah penting adalah untuk menyiapkan biaya tak terduga.

Hal ini unutk menyiapkan jika ada beberapa perubhan di tengah pengerjaan renovasi. Untuk besaran biayanya adalah 10 persen dari total estimasi biaya pokok.

Tips agar Biaya Renovasi Rumah tidak Overbudget

Nah, terkahir, untuk menghindari overbudget atau bengkak ada beberapa hal yang harus kita perhatikan betul. Muelai dari merencanakan anggaran dengan detail, fokus pada area tertentu dahulu, Pantai pekerjaan secara berkala, evaluasi kerjaan berkala dan pastikan sesuai rencana.

5 dari 5 halaman

Sudah barang pasti kalau menghitung estimasi biaya renovasi rumah memang memerlukan perencanaan yang detail dan cermat. Sebagai solusi yang tepat, kamu bisa konsultasikan dengan profesional untuk mendapatkan estimasi yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah terlebih dahulu.

Dengan demikian, renovasi akan berjalan sesuai rencana. So, selamat mencoba dan semoga berjalan lancar ya Diazens.

Beri Komentar