Cara KPR Rumah Subsidi, Miliki Hunian Impian dengan Harga Terjangkau

Reporter : Arifina
Jumat, 5 Juli 2024 16:07
Cara KPR Rumah Subsidi, Miliki Hunian Impian dengan Harga Terjangkau
KPR rumah subsidi salah satu alternatif memiliki hunian impian yang layak dengan harga lebih terjangkau. Simak caranya berikut!

Cara KPR atau Kredit Pemilikan Rumah subsidi harus diperhatikan dengan benar. Hal ini agar kamu tidak salah Langkah sebelum memulai untuk membeli rumah KPR tersebut.

Ya, KPR subsidi adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memiliki rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Melalui program ini, tentu saja bisa memberikan kemudahan melalui suku bunga rendah dan tenor yang panjang.

Dengan mengajukan KPR rumah subsidi, maka kamu bisa membeli rumah dengan cicilan yang lenoh ringan lho! Sehingga, kamu tetap bisa memiliki hunian sesuai keinginan meski dengan budget yang tidak banyak.

 

1 dari 5 halaman

Siapa yang berhak mendapatkan KPR Subsidi?

Syarat Ajukan KPR 2024

© Shutterstock.com

Terkait dengan program KPR subsidi ini memang tidak bisa diikuti oleh semua masyarakat Indonesia. Nah, mendapatkannya, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berpenghasilan rendah (kisaran 4 sampai 7 juta per bulan)
  • Batas usia: minimal 21 tahun atau sudah menikah, maksimal 55 tahun bagi karyawan dan 65 tahun bagi wiraswasta saat cicilan lunas
  • Belum pernah menerima subsidi perumahan lainnya dari pemerintah

Setelah kamu memenuihi syarat-syarat tersebut, maka kamu bisa mengajukan untuk pendaftaran KPR rumah subsidi.

 

2 dari 5 halaman

Cara KPR Rumah Subsidi

Adapun beberapa Langkah untuk mendaftar KPR rumah subsidi sebagai berikut:

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk mengajukan KPR rumah subsidi kamu memerlukan beberapa dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi NPWP.
  • Surat nikah atau cerai (jika ada).
  • Surat keterangan penghasilan atau slip gaji.
  • Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan.
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir.

 

3 dari 5 halaman

Syarat Ajukan KPR 2024

© Shutterstock.com

Mengajukan KPR Rumah Subsidi

Datangi bank yang telah bekerja sama dengan program KPR subsidi dan ajukan permohonan. Kamu nantinya akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi dan menyerahkan dokumen-dokumen yang telah disiapkan.


Proses Verifikasi dan Survei

Setelah dokumen diterima, bank akan melakukan proses verifikasi untuk memastikan bahwa kamu telah memenuhi syarat. Bank juga akan melakukan survei ke lokasi rumah dan tempat kerjamu untuk memastikan kelayakan.


Persetujuan dan Akad Kredit

Jika permohonan kamu disetujui, bank akan menginformasikan mengenai jadwal akad kredit. Pada tahap ini, kamu akan menandatangani perjanjian kredit dan menerima kunci rumah setelah menyelesaikan pembayaran uang muka dan biaya-biaya lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Tips Membeli KPR Rumah Subsidi

Sebelum membeli KPR rumah subsidi, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikit:

Cek Reputasi Developer: Pastikan developer yang kamu pilih memiliki reputasi baik dan proyek perumahannya sudah berjalan sesuai rencana.

Pertimbangkan Lokasi: Pilih lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau fasilitas umum untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Periksa Fasilitas: Pastikan rumah yang akan dibeli memiliki fasilitas dasar seperti listrik, air bersih, dan akses jalan yang memadai.

Anggaran: Sesuaikan anggaran dengan kemampuan finansial kamu untuk menghindari masalah keuangan di masa depan.

5 dari 5 halaman

Cara Ubah Tenor KPR

© 2024 freepik.com

Pastikan dan pahami mengenai proses pembayaran, termasuk bunga yang harus ditambahkan sebelum kamu benar-benar memutuskan membeli KPR rumah subsidi.

Itulah cara KPR rumah subsidi yang bisa kamu jadikan panduan sebelum membeli. Dengan langkah-langkah di atas, kamu akan lebih mudah dalam proses pengajuan memiliki rumah impian dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar