13 Cara Membasmi Kelabang di Rumah, Mudah, Efektif, dan Bisa Pakai Cabai Rawit Saja Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 24 Juli 2024 16:17
13 Cara Membasmi Kelabang di Rumah, Mudah, Efektif, dan Bisa Pakai Cabai Rawit Saja Lho!
Membasmi kelabang yang muncul di rumah itu ternyata tidak sulit lho! Kamu bisa memakai bahan-bahan dapur di rumah. Simak dulu yuk!

Ada beberapa cara membasmi kelabang di rumah yang bisa dilakukan dengan mudah. Hewan berkaki banyak ini memang bisa menjadi salah satu momok yang menakutkan.

Bukan hanya dari tampilannya saja ang membuat geli dan jijik, gigitan kelabang juga patut diwaspadi. Jika seseorang terkena gigitannya bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat dan reaksi alergi pada beberapa orang.

1 dari 14 halaman

Cara Mengusir Kelabang di Kamar Mandi

© pinterest.com

Bahkan, ada beberapa kelabang yang gigitannya mengandung bisa. Meski tidak mematikan, namun bila orang yang terkena gigitan hewan satu ini bisa mengalami pembengkakan hingga demam berkepanjangan.

Tak ayal, kemunculan dari kelabang di rumah banyak dihindari. Berbagai cara dilakukan untuk membasmi hewan berwarna kecoklatan ini.

Sebenarnya, proses mengusir kelabang ini tidak sulit lho! Kamu pun bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Yuk, simak rangkumannya dari berbagai sumber berikut!

 

2 dari 14 halaman

Tutup Retakan dan Lubang

Kelabang suka masuk ke rumah melalui celah-celah kecil. Jadi, langkah pertama adalah menutup semua retakan dan lubang di dinding, jendela, pintu, dan ventilasi.

Kamu bisa menggunakan silikon, dempul, atau kawat kasa untuk menutupnya rapat-rapat. Pastikan juga tidak ada tumpukan barang-barang yang bisa menjadi tempat berlindung kelabang.

 

3 dari 14 halaman

Tangkap dengan Stoples

Cara berikutnya, kamu bisa membasmi kelabang di rumah menggunakan wadah atau stoples. Kamu bisa menyiapkan stoples tak terpakai yang ada tutupnya, kemudian tangkap saat melihatnya berkeliaran di rumah.

Selanjutnya, buang kelabang jauh-jauh dari area rumah. Dengan cara ini akan menghindarkan kamu dari bersentuhan langsung dengan kelabang.

 

4 dari 14 halaman

Gunakan Cuka

Cuka Putih

© thekitchn.com

Punya cuka putih di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya untuk membasmi kelabang lho! Caranya mudah, campurkan cuka putih dengan air dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, masukkan ke dalam botol semprot. Kamu bisa semprotkan cuka putih pada tempat-tempat yang sering didatangi kelabang untuk mengusir mereka.

Bau cuka yang menyengat tidak disukai kelabang, maka akan mudah membasminya dengan bahan ini.

 

5 dari 14 halaman

Minyak Peppermint

Bahan lainnya yang juga ampuh untuk membasmi kelabang adalah minyak peppermint. Jenis bahan ini memiliki aroma harum dan bisa untuk mengusir beberapa hewan yang ada di rumah, termasuk kelabang.

Teteskan minyak peppermint di bola kapas dan letakkan di tempat-tempat strategis yang kemungkinan bakal dilalui kelabang. Kamu juga bisa membuat campuran minyak peppermint dan air, kemudian masukkan ke dalam botol semprot.

Lalu, semprotkan ke area yang sering dilalui kelabang. Minyak peppermint cukup beracun bagi kelabang.

 

6 dari 14 halaman

Taburkan Garam

Bukan sekedar sebagai bahan bumbu masakan semata, garam ternyata dinilai ampuh untuk membasmi kelabang lho! Cukup taburkan garam di sekitar celah-celah dan lubang yang menjadi akses masuk kelabang.

Kamu juga bisa menaburkan garam ke area lembap, retakan dinding yang mudah dilalui kelabang. Garam dapat membuat kelabang dehidrasi dan mati.

 

7 dari 14 halaman

Air Panas

air panas

smartcitiesworld.net

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membasmi kelabang bisa dengan air panas. Jika kamu melihat ada kelabang muncul, maka jangan buru-buru panik.

Siapkan saja segera air panas, lalu siramkan langsung ke arah kelabang. Dijamin, hewan tersebut kan langsung mati dan bisa dihindari.

 

8 dari 14 halaman

Soda Api

Sedia soda api di rumah? Bahan satu ini ternyata ampuh untuk membasmi kelabang.

Caranya, campervan 1 sendok makan soda api dengan 5 sendok makan garam dan 5 sendok makan cuka. Aduk-aduk ampai merata, lalu larutan ini bisa kamu tambahkan di sabun pembersih lantai.

Gunakan saat mengepel lantai di rumah secara merata. Dengan bahan-bahan tersebut, kelabang dijamin tidak akan mau singgah lagi ke dalam rumah.

 

9 dari 14 halaman

Daun Pandan

Daun pandan biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, atau pewarna sajian kue agar lebih cantik. Rupanya di balik itu, daun hijau ini juga ampuh untuk membasmi kelabang lho!

Aroma wangi pada daun pandan ini berfungsi sebagai pestisida alami dan aman digunakan. Cukup potong-potong daun pandan, lalu letakkan di sudut-sudut rumah, kamar mandi, atau celah-celah perabotan yang dilalui kelabang.

Kelabang tak menyukai aroma wangi dari daun panda yang menyengat.

 

10 dari 14 halaman

Kapur Barus

Ilustrasi Kapur Barus

© Freepik.com

Kapur barus yang beraroma ini ternyata juga ampuh untuk membasmi kelabang. Sebarkan saja kabur barus di sudut-sudut rumah, ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan yang lainnya.

Cara lainnya, kamu bisa hancurkan kapur barus lalu ratakan di pinggiran dinding. Bau dari kandungan Kimia kapur barus ini tidak disukai kelabang.

Sehingga, hewan ini tidak akan berkeliaran lagi. Perhatikan untuk selalu mengganti kapur barus ya, karena mudah memuai.

 

11 dari 14 halaman

Cabai Rawit

Tak hanya memberikan rasa pedas untuk olahan masakan, cabai rawit sangat ampuh untuk membasmi kelabang. Aroma dari cabai yang segar, menusuk, dengan rasa pedasnya ini tidak disukai hewan berkaki banyak tersebut.

Caranya mudah, kamu cukup mengiris-iris tipis cabai rawit. Kemudian, taburkan irisan itu ke area yang muncul kelabang atau kiranya menjadi tempat persembunyian kelabang.

Namun, gunakan dengan hati-hati dan jauhkan dari anak-anak. Sebab, cabai rawit dapat memberikan efek panas dikulit.

 

12 dari 14 halaman

Pakai Merica

Bahan bumbu masakan lainnya yang juga ampuh membasmi kelabang adalah merica bubuk. Ya, rasa pedas dan aroma pada bahan ini rupanya tidak disukai hewan kecoklatan tersebut.

Caranya gampang, cukup taburkan merica bubuk pada kelabang saat muncul di rumah. Maka, hewan ini akan langsung menggeliat dan mati.

Hati-hati saat menaburkannya ya, karena bisa jadi kelabang akan menyerang balik.

 

13 dari 14 halaman

Mengurangi Kelembapan

Ilustrasi membersihkan rumah

© allkarecarpetcleaning.co.uk

Kelabang menyukai tempat yang lembap. Karena itu, agar hewan ini tidak muncul maka kamu perlu mengurangi kelembapan di area rumah. Caranya sebagai berikut:

  • Memperbaiki pipa yang bocor dan mengeringkan area yang basah.
  • Menggunakan dehumidifier untuk menjaga kelembapan udara di dalam rumah.
  • Membuka jendela dan ventilasi untuk meningkatkan sirkulasi udara.

 

14 dari 14 halaman

Jaga Kebersihan Rumah

Kelabang biasanya muncul di tempat-tempat yang lembap dan kotor. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah adalah langkah yang sangat penting.

Kamu bisa melakukan pembersihan sebagai berikut sebagai pencegahan awal:

  • Membersihkan debu dan kotoran secara rutin.
  • Membuang sampah rumah tangga secara teratur.
  • Menghindari penumpukan barang-barang yang tidak terpakai yang bisa menjadi tempat persembunyian kelabang.

Itulah beberapa cara membasmi kelabang di rumah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa membuat rumah terbebas dari hewan berkaki banyak tersebut dan lebih nyaman. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar