8 Cara Membersihkan Bekas Lem di Kaca, Noda Tak Bersisa dan Dijamin Kinclong Kembali

Reporter : Arifina
Selasa, 28 Mei 2024 12:00
8 Cara Membersihkan Bekas Lem di Kaca, Noda Tak Bersisa dan Dijamin Kinclong Kembali
Kaca bersih kinclong dari noda lem ternyata mudah lho! Bisa manggunakan beberapa bahan alami berikut!

Cara membersihkan lem di kaca perlu diperhatikan untuk mendapati hasil yang maksimal. Lem yang menempel pada kaca memang menjadi suatu hal yang meyebalkan.

Pasalnya, noda lem pada kaca ini memang cukup susah untuk dihilangkan begitu saja. Perlu beberapa cara untuk bisa membuat tampilan kaca bersih dan kinclong Kembali.

Biasanya, kaca terkena lem akibat dari tempelan stiker yang ditempel oleh anak-anak maupun orang dewasa yang menginginkan tampilan rumah lebih cantik. Namun, terkadang sisa lem dari stiker akan mudah membekas pada permukaan kaca.

Selain mengganggu estetika, bekas lem juga bisa sulit dibersihkan. Terutama, jika lem sudah mengering dan menempel dengan kuat.

Tapi, kini tak perlu khawatir berlebih karena kamu bisa membersihkan kaca yang terkana noda lem dengan beberapa cara yang tepat. Simak yang berikut!

1 dari 8 halaman

Air Hangat

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat

Dilansir dari The Spurce, air hangat terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan noda lem pada kaca. Caranya mudah, campurkan air panas dengan sabun cuci piring.

Kemudian, rendam kain dan tempelkan pada noda lem di kaca. Diamkan selama 30 menit sampai sisa lem di kaca itu seakan melebur.

Kemudian, angkat sisa lem tersebut dengan mudah. Jika sudah tidak ada lem yang bersisa, bersihkan permukaannya dengan pembersih kaca agar lebih kinclong ya.

2 dari 8 halaman

Pakai Uap Panas

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem pada kaca adalah dengan menggunakan uap panas. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan hairdryer, heat gun, atau setrika uap.

Pilih dari salah satu barang tersebut, lalu arahkan ke sisa lem yang menempel di kaca. Lakukan sampai lem mulai meleleh, lalu kikis atau bisa di lap menggunakan kain.

Pastikan untuk membersihkan permukaan kaca dengan sabun agar noda benar-benar hilang.

3 dari 8 halaman

Minyak Zaitun atau Baby Oil

minyak zaitun

Minyak zaitun atau baby oil bisa digunakan untuk melunakkan bekas lem. Caranya pun juga cukup mudah, karena cukup meneteskan minyak zaitun ke tisu kemudian tempelkan pada bekas lem di kaca.

Gosokkan perlahan dengan Gerakan memutar. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan agar tampilan kaca kinclong kembali.

4 dari 8 halaman

Minyak, Mentega, dan Selai Kacang

Ketiga bahan tersebut juga cukup ampuh untuk menghilangkan noda lem di kaca lho! Adapun, cara-caranya mulailah mengoleskan minyak ke tisu dan tempelkan ke bagian lem yang tersisa di kaca.

Kamu juga bisa langsung mengolesi sisa lem yang di kaca dengan margarin atau selai kacang. Selanjutnya, tutup bagian yang sudah diolesi tersebut dengan bungkus plastik.

Beri perekat selotip, diamkan 30 menit, lalu cuci bersih dengan air sabun. Keringkan dengan lap, dan kaca akan kinclong lagi deh!

5 dari 8 halaman

Gunakan Alkohol

Tips Membersihkan Kaca Jendela

Punya alcohol di rumah? Nah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan noda lem di kaca. Basahi saja kapas atau kain dengan alcohol, lalu gosokkan perlahan pada bekas lem di kaca.

Ulangi hingga lem pada kaca benar-benar menghilang. Kemudian, siapkan lab basah dan bersihkan kaca dengan menggunakan sabun.

6 dari 8 halaman

Aseton

Penggunaan bahan yang satu ini memang ampuh untuk menghilangkan noda lem pada kaca, namun harus hati-hati. Karena, bahan dari aseton sendiri dapat merusak permukaan kaca.

Tuangkan sedikit saja aseton ke kapas atau tisu, lalu gunakan sarung tangan karet dan tempelkan pada kaca yang ada sisa lem. Diamkan sebentar saja, gosok perlahan dengan Gerakan memutar.

Bilas dengan air dan kain bersih. Perlu diperhatikan, penggunaan aseton ini lebih baik untuk noda lem yang membandel ya.

7 dari 8 halaman

Cuka Putih

Cara Membersihkan Kaca Jendela agar Mengkilap

Bahan di rumah lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan lem di kaca adalah cuka putih. Caranya, siapkan kain halus bersih atau kapas, lalu tetesi dengan cuka putih.

Gosokkan ke lem yang masih menempel di kaca hingga terangkat. Kemudian, bersihkan sisa-sisa cuka dengan lap basah dan air sabun.

Keringkan kaca dengan kain bersih yang kering setelahnya.

8 dari 8 halaman

Pisau Cukur atau Silet

Jika bekas lem cukup tebal, kamu bisa menggunakan pisau cukur atau silet untuk mengikisnya. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan kaca.

Pastikan kaca dalam keadaan basah agar tidak tergores. Gunakan pisau cukur dengan sudut kecil dan gosok perlahan pada bekas lem.

Bersihkan residu lem dengan sabun cuci piring dan air hangat. Bilas dan keringkan dengan lap microfiber.

Itulah beberapa cara membersihkan bekas lem di kaca yang bisa kamu terapkan di rumah. Dijamin, kaca akan kincling kembali dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar