13 Cara Membersihkan Jamur Kaca Aquarium, Kembali Kinclong dan Indah dengan Mudah

Reporter : Arifina
Kamis, 18 Juli 2024 14:07
13 Cara Membersihkan Jamur Kaca Aquarium, Kembali Kinclong dan Indah dengan Mudah
Punya aquarium di rumah yang tiba-tiba berjamur? Jangan khawatir, bisa banget dibersihkan dengan mudah dan kinclong kambali.

Cara membersihkan jamur kaca aquarium adalah tugas penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan ikan hias yang kamu miliki. Jamur yang menumpuk dapat mengganggu pemandangan.

Munculnya jamur dalam aquarium ini akan menjadikan kada menjadi buram dan sulit terlihat keindahan di dalamnya. Selain itu, tumbuhnya jamur juga akan berdampak negatif pada kesehatan ikan dan tanaman air di dalam aquarium.

Padahal, keberadaan aquarium ini bukan sekedar untuk menampung ikan-ikan hias yang lucu semata. Lebih dari itu, aquarium juga bisa dijadikan sebagai interior dalam rumah untuk memeprcantik ruangan.

Nah, mengatasi kondisi jamur pada kaca aquarium ternyata tidak sulit lho! Kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut agar tampilannya selalu bersih, indah, dan kinclong setiap saat.

1 dari 13 halaman

Gunakan Pengikis Kaca Aquarium

Cara Membersihkan Jamur Kaca Aquarium

© 2024 freepik.com/pvproductions

Pengikis kaca aquarium adalah alat yang dirancang khusus untuk membersihkan kaca tanpa menggores permukaannya. Kamu bisa menggunakannya jika kondisi jamur sudah menempel di bagian kaca aquarium.

Pastikan kamu melakukan pengikisan dengan gerakan yang lembut namun tetap bisa menghilangkan jamur yang menempel sepenuhnya. Setelah selesai, kamu bisa membilasnya agar benar-benar bersih dari jamur.

 

2 dari 13 halaman

Sikat Gigi Bekas

Kamu juga bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan aquarium berjamur. Sikat ini berguna untuk area-area yang sulit dijangkau oleh alat pengikis.

Misalnya, untuk bagian sudut-sudut dan tepi aquarium kamu bisa melakukan penyikatan dengan sikat gigi bekas. Alat ini bisa mencapai celah-celah kecil dan membantu membersihkan jamur yang mungkin terlewatkan oleh pengikis.

 

3 dari 13 halaman

Air Hangat dan Garam

Garam salah satu bahan bumbu dapur yang dinilai efektif dalam menghilangkan jamur pada kaca aquarium. Sebab, garam berfungsi sebagai agen antijamur yang efektif.

Caranya, kamu buat campuran pembersih alami. Campurkan air hangat dengan sedikit garam.

Basahi kain lap dengan larutan ini, lalu usapkan pada permukaan kaca yang berjamur. Diamkan beberapa menit agar larutan bekerja, kemudian lap kembali dengan kain bersih.

 

4 dari 13 halaman

Gunakan Sitrun

Cara membuat aquarium dari kaca

unsplash.com/HuyPhan

Siapa yang di rumah sedia sitrun? Nah, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan jamur di kaca aquarium lho!

Siapkan sitrun, air hangat, dan alat pembersih. Kemudian, mulailah dengan menaburkan sitrun pada area kaca aquarium yang berjamur dengan merata.

Sikat dengan besih, lalu bilas dengan air hangat. Bila memungkinkan, ulangi cara ini untuk benar-benar mengangkat noda di kaca aquarium.

 

5 dari 13 halaman

Gunakan Cuka

Selain garam, cuka juga bisa menjadi alternatif yang baik dalam membersihkan jamur di kaca aquarium.

Cuka memiliki sifat asam yang bisa membantu melarutkan jamur. Campurkan cuka dengan air hangat dalam perbandingan 1:1, lalu usapkan pada kaca dengan kain lap.

Bilas kaca dengan air bersih setelahnya untuk menghilangkan sisa-sisa cuka.

 

6 dari 13 halaman

Pembersih Lantai

Menggunakan pembersih lantai untuk menghilangkan jamur di kaca aquarium bisa menjadi salah satu cara yang tepat lho! Kamu hanya perlu menyiapkan cairan pembesih lantai dan sikat lembut.

Siramkan cairan pembersih lantai pada kaca aquarium yang berjamur. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu sikat hingga bersih.

Setelahnya, bilas kaca aquarium dengan air hangat agar bersih sempurna dan tidak meninggalkan bau.

 

7 dari 13 halaman

Pasta Gigi

Ilustrasi Pasta Gigi

© pinterest.com

Bahan lainnya untuk menghilangkan jamur pada kaca aquarium bisa dengan menggunakan pasta gigi. Cara penggunannya pun mudah banget lho!

Bilas dulu aquarium, kemudian oleskan pasta gigi ke bagian kaca yang berjamur.

Biarkan selama beberapa menit, kemudian lap menggunakan spons basah hingga bersih.

 

8 dari 13 halaman

Pemutih Pakaian

Selain untuk membuat bersih pakaian, bahan pemutih ini juga ampuh untuk membersihkan jamur pada kaca aquarium lho! Cara penggunannya pun hampir sama saat kamu mencuci pakaian.

Campurkan pemutih pakaian dengan detergen, kemudian tuangkan pada laca aquarium yang berjamur. Sikat bagian nodanya hingga terangkat.

Setelah tuntas, bilas kaca aquarium dengan air hangat sampai bersih ya.

 

9 dari 13 halaman

Jeruk Nipis

Aroma menyegarkan dan kandungan asam pada jeruk nipis sangat efektif untuk menghilangkan jamur pada kaca aquarium. Sebelum mulai membersihkannya, basahi kaca aquarium dengan air.

Kemudian, sikat bagian yang berjamur dengan perlahan hingga noda mulai terangkat. Teteskan perasan air jeruk nipis dan tambahkan baking soda.

Diamkan sampai ada efek dari jeruk nipis, lalu bilas sampai bersih.

 

10 dari 13 halaman

Pelihara Ikan Pembersih

Cara Membersihkan Jamur Kaca Aquarium

© 2024 Instagram.com/@okinawabianco3014

Kamu juga bisa mengatasi kava aquarium berjamur dengan memelihara ikan pembersih lho! Dengan cara ini kamu nggak perlu mengurasnya terlalu sering saat pembersihan.

Ikan pembersih ini berupa ikan oto atau ikan sapu-sapu. Jenis ikan ini akan merawat awuarium tetap bersih.

Kondisi badan ikan yang suka menempel ini memungkikan untuk membersihkan bagian berjamur di kaca aquarium. Namun, ini hanya sebagai pencegahan awal saja ya.

 

11 dari 13 halaman

Rutin Ganti Air Aquarium

Pembersihan rutin bisa menjadi kunci agar jamur di kaca aquarium tidak muncul. Karena itu, rutinlah melakukan penguarasan pada aquarium di rumah.

Ganru air aquarium secara berkala, setidaknya minimal 25 persen di setiap minggunya. Pembersihan juga bisa untuk selalu memantau sisa-sisa makanan ikan agar bisa diangkat.

Sebab, sisa makanan yang mengendap dalam aquarium justru bisa memunculkan jamur di dalamnya.

 

12 dari 13 halaman

Atur Pencahayaan Aquarium dengan Baik

Langkah lainnya agar jamur tidak muncul pada kaca aquarium adalah dengan mengatur cahaya. Biasanya, setiap aquarium dilengkapi dengan lampu yang menunjangnya.

Nah, aturlah pencahayaan yang cukup namun tidak berlebihan.Cahaya ini cenderung akan mencegah jamur tumbuh di dalam aquarium.

Jangan terlalu terang mengatur cahaya aquarium, sebab hal itu justru memicu pertumbuhan jamur lebih cepat.

 

13 dari 13 halaman

Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Meja Aquarium Minimalis

© pinterest.com

Cara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan cairan pembersih kaca khusus aquarium. Bahan ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko aquarium ataupun ecommerce.

Penggunaanya pun mudah, sebab kamu hanya perlu menyemportkannya ke bagian kaca aquarium yang muncul jamur. Lalu lap menggunakan spons halus. Kamu bisa mengulang-ulang pembersihan hingga noda di kaca hilang.

Itulah beberapa cara membersihkan jamur kaca aquarium yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa, sebelum membersihkannya kamu pisahkan dulu ikan di dalamnya ya agar bisa optimal. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar