8 Cara Membersihkan Kaca Jendela agar Mengkilap, Dijamin Kinclong Sepanjang Waktu

Reporter : Arifina
Jumat, 17 Mei 2024 18:07
8 Cara Membersihkan Kaca Jendela agar Mengkilap, Dijamin Kinclong Sepanjang Waktu
Ternyata membersihkan jendela gak bisa asal lho!

Cara membersihkan kaca jendela hingga mengkilap memerlukan teknik dan bahan yang tepat. Jendela yang bersih dan mengkilap tidak hanya memperindah tampilan rumah, tetapi juga membantu masuknya cahaya alami yang maksimal.

Selain itu, tampilan kaca yang bersih dan kinclong juga menunjukkan kondisi bebas dari kotoran, debu dan bakteri. Karena itu, memberisihkan kaca jendela di rumah perlu rutin dilakukan.

Namun, membersihkan kaca jendela bisa menjadi tugas yang membosankan dan menantang. Terutama, jika kacan di rumah besar atau kotoran yang menempel sudah tebal.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kaca jendela hingga mengkilap? Simak yang berikut!

1 dari 8 halaman

Campurkan Cuka dan Air

Tips Membersihkan Kaca Jendela

Salah satu cara ampuh untuk membuat tampilan kaca jendela terlihat bersih dang mengkilap kamu bisa menggunakan cairan cuka. Campurkan cuka dengan air dalam jumlah perbandingan yang sama.

Lalu masukkan ke dalam botol semprot, dan semprotkan di kaca jendela. Gunakan sponsuntuk mengelap semprotan tadi, dan kaca akan bebas mengkilap.

Manfaatkan juga sikat gigi bekas untuk menggosok bagian sudut kaca jendela agar kotoran keseluruhan bisa terangkat dengan baik.

 

2 dari 8 halaman

Koran Bekas

Cara lainnya untuk membuat kaca tampak bersih mengkilap dengan memanfaatkan koran bekas. Langkah ini juga bagian dari upaya ramah lingkungan lho!

Koran bekas dapat digunakan untuk mengelap kaca jendela yang sudah disemprot cairan pembersih sebelumnya. Jangan khawatir meninggalkan bekas goresan, karena koran sangat aman untuk digunakan.

Namun, sebelum menggunakannya pastikan koran benar-benar bersih, bebas debu, ataupun tinta agar tidak menempel pada kaca jendela.

 

3 dari 8 halaman

Pakai Penyedot Debu

Alat penyedot debu atau vacuum cleaner juga ampuh untuk membuat tampilan kaca bebas debu dan mengkilap lho! Dilansir dari Coutry Living, cara untuk menggunakan penyedot debu dalam pembersihan kaca jendela ini bisa dilakukan setidaknya satu kali dalam sebulan.

Pilih jenis alat penyedot debu yang memiliki bulu lembut di bagian penyedotnya. Hal ini guna mencegah agar tidak ada kerusakan atau goresan di kaca jendela nantinya.

Dengan menggunakan alat ini, kamu akan lebih mudah membersihkan kaca jendela di rumah deh. Apalagi, jika kondisi kaca di rumah tinggi dan lebar.

 

4 dari 8 halaman

Gunakan Sikat Gigi

Cara Membersihkan Kaca Jendela yang Berjamur, Berkerak, dan Terkena Cat

Tampilan kaca jendela pasti memiliki sudut-sudut yang terkadang sulit untuk dijangkau kain atau spons. Padahal, bagian sudut ini juga kerap menjadi tumpukan kotoran atau debu menempel.

Karena itu, kamu bisa memanfaatkan ikat gigi untuk menggosok bagian sudut-dudut kaca jendela. Sebelumnya, pastikan kamu merendal sikat gigi dengan air sabun.

Kemudian gosokkan di bagian sudut kaca jendela. Hindari menekan sikat gigi ke kca terlalu keras untuk mencegah goresan.

 

5 dari 8 halaman

Semprot dengan Selang Air

Ini bisa menjadi salah satu cara cepat dalam membuat kaca jendela mengkilap. Ya, kamu bisa menggunakan air yang disemprotkan melalui selang.

Air dengan tekanan tinggi dinilai ampuh membersihkan kotoran di kaca secara menyeluruh. Semprotkan selang air ke kaca jendela, kemudian lap menggunakan kain microfiber.

Lakukan proses pengelapan kaca hingga kering. Dijamin, kaca rumah mengkilap lagi dengan mudah deh!

 

6 dari 8 halaman

Perhatikan Bagian Dalam Kaca

Hal ini terkadang sering dilupakan saat membersihkan kaca nih! Jadi, saat proses pembersihan, jangan lupakan kaca jendela bagian dalam.

Hal ini nantinya yang akan mempengaruhi tampilan kaca tampak mengkilap sempurna. Kamu bisa menggunakan produk pembersih komersil berbau harum untuk bagian kaca dalam.

Usap kaca jendela bagian dalam dengan perlahan dengan kain basah yang lembut. Semprotkan pembersih, lalu gunakan handuk kering tidak berbulu untuk membilasnya.

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Window Squeegee

Membersihkan Kaca

Mendapati kaca jendela mengkilap juga perlu alat khusus. Nah, salah satunya kamu bisa menggubakan window squeegee.

Ini adalah alat khsuus yang memang diperuntukkan untuk membersihkan kaca dengan cara menyeka, menghilangkan air atau cairan pembersih dari permukaan kaca.

Alat ini memiliki pegangan yang terbuat dari plastik atau logam. Kemudian, terdapat sebuah bilah karet atau karet silikom yang terpasang di bagian ujung untuk menyeka kaca jendela.

8 dari 8 halaman

Usap Kaca Jendela Searah

Cara pengusapan saat membersihkan kaca jendela juga bisa menjadi penentu tingkat mengkilap lho! Sebaiknya, saat mengelap kaca lakukan dengan searah.

Misal kamu melakukannya untuk bagian dalam secara horizontal, maka lakukan dengan konsisten tanpa mengubahnya. Kemudian, bagian luarnya dengan cara vertical juga lakukan secara konsisten.

Itulah beberapa cara membersihkan kaca jendela hingga mengkilap yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kaca bebas noda dengan mudah dan kinclong sepanjang Waktu deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar