8 Cara Membersihkan Oli di Lantai, Kinclong dengan Mudah dan Efektif

Reporter : Arifina
Jumat, 24 Mei 2024 15:00
8 Cara Membersihkan Oli di Lantai, Kinclong dengan Mudah dan Efektif
Membersihkan oli di lantai ternyata tak ribet dan mudah lho! Simak caranya!

Cara membersihkan oli di lantai harus diperhatikan dengan tepat. Oli yang tumpah di lantai bisa menjadi masalah besar.

Noda oli tidak hanya tidak sedap dipandang, tapi juga licin dan berbahaya jika diinjak. Jika tidak segera dibersihkan, oli dapat meresap ke dalam lantai dan menjadi kerak.

Jika sudah dalam kondisi seperti itu, maka oli yang menempel di lantai akan sulit dibersihkan. Namun, jangan khawatir karena kamu bisa membersihkan noda oli dengan mudah lho!

Salah satunya memang dengan segera membersihkannya ketika oli menetes ke lantai. Selain itu masih ada beberapa cara lainnya yang bisa mengatasi noda oli di lantai dengan bahan yang ada di rumah. Apa saja?

1 dari 8 halaman

Tisu atau Toilet

Ilustrasi Tisu

Dilansir dari Mulia Ceramics, ini bisa menjadi Langkah awal yang paling mudah untuk dilakukan saat membersihkan noda oli di lantai. Penggunaan tisu atau toilet paper ini untuk mencegah noda oli meluber kemana-kemana.

Sehingga, lakukan segera penutupan noda tumpahan oli di lantai dengan tisu atau toilet paper Ketika masih basah. Biarkan terserap, kemudian hati-hati saat membuangnya karena mudah terbakar.

Selanjutnya, bersihkan sisa oli yang masih menempel dengan bahan pembersih lantai.

 

2 dari 8 halaman

Bedak Bayi

Membersihkan noda oli di lantai bisa dilakukan dengan mudah dengan penggunaan bedak bayi. kandungan pada bedak bayi seakan bisa menyerap minyak dari oli.

Caranya, campurkan bedak bayi tabur dengan minyak sedikit saja. Kemudian oleskan bedak tersebut pada noda oli di lantai.

Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Biarkan bedak menyerap noda oli dari lantai. Setelah itu, lap olesan bedak bayi tersebut dengan tisu atau disapu.

 

3 dari 8 halaman

Gunakan Pasir Halus

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda oli di lantai adalah dengan pasir halus. Hampir sama dengan bedak bayi, pasir juga salah satu bahan yang mampu menyerap minyak oli agar tidak meluber kemana-mana.

Kamu bisa menaburkan pasir di bagian noda oli di lantai sampai menutup keseluruhannya. Diamkan selama 10-15 menit hingga serbuk pasir benar-benar menyerap noda.

Bersihkan dengan sekop atau sapu. Setelahnya, kamu bisa membilasnya dengan mengepel lantai agar kinclong.

 

4 dari 8 halaman

Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring

Meski Bernama sabun cuci piring, ternyata fungsinya tidak hanya untuk memberantas noda minyak di alat-alat dapur semata lho! Sebab, sabun jenis ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda oli pada lantai.

Cukup tuangkan cairan sabun pencuci piring ke permukaan lantai yang terkena noda oli. Diamkan selama 10-15 menit terlebih dahulu.

Kemudian, gosok dengan kain pel atau sikat. Gosok menggunakan air bersih untuk membersihkan sisa sabun ya.

 

5 dari 8 halaman

Tanah Liat

Selain penggunaan pasir, tanah liat atau disebut juga pasir yang lebih padat juga ampuh untuk membersihkan noda oli di lantai lho! Penggunananya pun mudah, karena kamu cukup mencampurkannya dengan air.

Jadi, ambil tanah liat secukupnya, campur dengan sedikit air. Lalu, oleskan pada noda oli di lantai.

Biarkan hingga mengering, bila perlu semalaman. Lalu, gosok dan bersihkan dengan sapu dan pel lantai agar semakin kinclong.

 

6 dari 8 halaman

Pasta Kapur Tulis

Jika memiliki kapur tulis kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membersihkan noda oli di lantai. Namun, kamu perlu menghancurkannya dan mencampurkannya dengan larutan hydrogen peroksida.

Lakukan proses pencampuran kedua bahan tersebut sampai mencapai kekentalan seperti pasta. Lalu, oleskan pada noda oli di lantai dengan merata.

Tutup dengan plastik wrap atau selotip, dan biarkan selama 24 jam atau semalaman. Lepaskan pembungkusnya, lalu kikis memakai scraper atau pisau baru dibilas.

 

7 dari 8 halaman

Baking Soda

baking soda

Baking soda seakan sudah umum digunakan untuk pembuatan roti. Tapi, bahan yang satu ini banyak memiliki fungsi lainnya, salah satunya untuk membersihkan noda oli di lantai.

Campurkan baking soda dengan aseton dengan perbandingan 1:1, missal 3 sendok makan baking soda dan 3 sendok makan aseton. Pastikan kedua bahan tersebut tercampur hingga menyerupai adonan pancake.

Oleskan pada noda oli di lantai hingga tertutup sempurna. Biarkan meresap selama 24 jam hingga mengering. Kemudian, kikis campuran bahan tersebut dan bilas lantai.

 

8 dari 8 halaman

Air Panas

Air panas bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan noda oli di lantai. Ini bisa digunakan untuk pencampuran sabun cuci piring dalam pembersihan noda.

Biasanya, air panas akan memberikan efek pembersihan noda oli dengan sabun cuci piring lebih optimal. Setelah menuangi carian pencuci piring, maka tambahkan air panas pada noda oli di lanti.

Kemudian, sikat atau gosok hingga sabun mengeluarkan banyak busa dan oli menghilang.

Itulah beberapa cara membersihkan oli di lantai dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar