7 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 4 November 2023 16:16
7 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami
Selain kreatif, cara membuat hiasan dinding origami menjadi salah satu opsi paling ekonomis dan mudah dalam pembuatannya

Apakah kamu sedang berencana untuk menghias dinding agar tidak terlihat monoton? Jika iya, maka kamu perlu untuk mencari cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami. Kamu dapat mencari berbagai referensi dari berbagai platform internet.

Menghias dinding menjadi cara yang kreatif untuk mempercantik area dinding agar tidak terlihat kosong. Selain kreatif, membuat hiasan dinding origami menjadi salah satu opsi paling ekonomis dan mudah dalam pembuatannya. 

Mungkin biasanya orang-orang menghias dinding rumah dengan memasang wallpaper, bingkai foto atau lukisan dan lainnya. Beberapa cara tersebut memang membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik, namun membutuhkan banyak pengeluaran.

Jika kamu ingin mendambakan hiasan dinding dengan harga terjangkau, cobalah cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami seperti di bawah ini, check it out!

 

1 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Berbentuk Piramid

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami berbentuk piramid ini cukup berbeda dari desain origami pada umumnya. Desainnya yang unik membuat kamar tampak lebih ceria dengan susunan origami yang menyerupai piramida. 

Cara pertama membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami ini yaitu buat origami bentuk piramid dalam ukuran kecil dan berjumlah banyak. Kamu dapat menggunakan palet warna yang memiliki satu tone agar menciptakan kontras yang seimbang dan tidak berlebihan. Kemudian susun origami membentuk pelangi, binatang atau bebas sesukamu.

Kemudian rekatkan menggunakan lem dinding agar tidak mudah terjatuh ketika terkena hembusan angin atau tersenggol benda lain. 

 

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Berbentuk Burung

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Desain origami selanjutnya sangat cocok untuk dipasang pada kamar anak-anak agar terkesan ceria dan menyenangkan. Kamu dapat mencari referensi sesuai seleramu di platform media sosial tentang cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami bentuk burung. 

Pertama-tama siapkan alat, bahan berupa kertas origami dengan warna warni agar terkesan ceria karena dipakai untuk menghias dinding kamar anak-anak. Bentuk origami menjadi segitiga, pada sisi yang berwarna pastikan berada di dalam lipatan segitiga. Buka lipatan  sehingga terbentuk segitiga besar kembali.

Lipat sedikit bagian atas segitiga ke bawah untuk membentuk kepala burung, kemudian lipat sudut atas dari salah satu sisi segitiga ke belakang sebagai ekor burung. Hiasan dinding dari kertas origami berbentuk burung telah jadi, kamu dapat menggantungnya pada dinding menggunakan tali atau menempelnya di dinding.

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Yang Digantung

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Menghias dinding kamar dengan origami tidak harus menempelkannya secara langsung pada dinding. Hal ini dapat dicoba jika tidak ingin tembok kamarmu mudah terkelupas. Kamu dapat menggantungnya dengan tali jerami pada atap atap kamar.

Buatlah origami menyerupai bentuk 3D seperti balon udara dan awan yang menggantung di atap-atap langit. Kamu dapat menggunakan origami berwarna-warni agar terkesan lebih ceria dan menyenangkan. Gunakan tali berukuran berbeda agar terkesan natural menjuntai dari atas. 

Pertama, lipat kertas origami menjadi segitiga dengan sudut atas menghadap bawah kemudian tekan lipatan dengan kuat. Buka segitiga sebelumnya, lipat dengan sudut tajam menghadap ke atas. Lipat kedua sudut ketiga ke tengah, sehingga membuat segitiga lebih kecil.

Lakukan berulang hingga membentuk segitiga berukuran lebih besar, pada salah satu sisi segitiga nantinya akan ada sebuah kantong. Potong kecil ujung dari bagian terbuka segitiga dan angkat perlahan segitiga yang tidak terpotong. Kertas origami akan terbentuk menjadi balon udara.

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Berbentuk Hati

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Untuk kamu yang menginginkan kamar dengan nuansa romantis, bisa mencoba untuk mencari cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami berbentuk hati. Biasanya origami berbentuk hati sering digunakan pada kamar cewek yang lebih bersifat feminim. 

Pertama, siapkan alat seperti pensil, gunting, selotip serta bahan utama yang digunakan untuk membuat origami yaitu kertas lipat berwarna merah. Bentuklah origami menyerupai pola hati pada kertas origami, kamu dapat memberikan arsiran terlebih dahulu dengan pensil.

Kemudian gunting pola tersebut mengikuti lekukan hati dan rekatkan dengan selotip di sisi lekukannya. Jika ingin menciptakan efek 3D, kamu dapat menyatukan origami berbentuk hati dengan lainnya. 

 

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Berbentuk Kipas

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Desain origami kali ini sangat cocok buat kamu yang ingin menciptakan efek ilusi dalam ruang kamar tidur. Dengan kertas origami berwarna-warni akan menciptakan ruangan tampak lebih ceria dan menyenangkan. Selain ditampilkan pada dinding kamar tidur, kertas origami berbentuk kapas juga dapat diterapkan pada dinding ruang tamu.

Agar lebih meyakinkan, kamu dapat mencari cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami di beberapa media. 

Agar tidak bingung, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama, persiapkan origami warna warni, gunting, lem, selotip. Kemudian, lipat kertas origami ke arah depan dan sisi belakang sampai membentuk lipatan kertas yang memanjang. Potong miring pada bagian ujung kertas hingga menyerupai gelombang. Lalu, tekuk sisi tengahnya hingga menyatu dengan ujung kertas.

Agar melekat dengan baik, lem atau selotip bagian tengahnya hingga pola kipas menyerupai bentuk lingkaran. Gabungkan kipas-kipas tersebut hingga menjadi satu bagian yang utuh. Kamu dapat menggantung atau menempel ornamen origami tersebut pada dinding kamar. 

 

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Menyerupai Kupu-Kupu

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Kamu ingin menghadirkan ornamen unik pada kamar buah hatimu? Hiasan dinding kamar dari kertas origami berbentuk kupu-kupu dapat menjadi opsi menarik. Origami menyerupai kupu-kupu ini dapat dipajang pada area manapun termasuk ruang tamu, area bermain anak, hingga kamar tidur. 

Cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami berbentuk kupu-kupu sangat mudah. Diantaranya, siapkanlah alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk kertas origami warna-warni, pita berwarna, penggaris, selotip dan pensil. Pertama-tama, buatlah pola menyerupai orang dengan badan berbentuk segitiga sebanyak yang dibutuhkan. Kemudian, lipat kertas origami ke sisi depan dan belakang.

Jangan lupa ikat sisi tengah kertas origami dengan pita berwarna agar tampak semakin cantik. Kertas origami berbentuk kupu-kupu telah jadi, kamu dapat menempel atau menggantung origami pada langit-langit kamar.

 

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami Berbentuk Awan

Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Kertas Origami

Inspirasi terakhir yang dapat kamu coba untuk menghiasi dinding adalah kertas origami berbentuk awan. Desain origami ini dapat dipadukan dengan bentuk lainnya seperti bintang , matahari, bulan sabit dan lainnya agar tampak merepresentasikan langit. 

Pertama, siapkan kertas origami berwarna putih polos atau berwarna abu-abu gelap. Siapkan juga peralatan seperti gunting, lem, pensil dan tali jerami. Buatlah pola gambar awan, kemudian potong dua helai kertas origami dengan warna yang serupa. Satukan potongan keduanya di garis tengah menggunakan lem.

Dengan membuat dua pola kertas origami menyerupai awan akan tampil menyerupai ilusi 3 dimensi. Kamu dapat menambahkan tali jerami pada sisi tengahnya untuk kemudian digantung pada langit-langit atap kamar. 

Itulah beberapa cara membuat hiasan dinding kamar dari kertas origami untuk menciptakan origami pada dinding agar tidak terkesan berlebihan dan minimalis. Bagaimana Diazen, apakah kamu tertarik untuk menghias dinding kamar dengan kertas origami berkarakter?

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar