Cara Memilih PK AC Berdasarkan Ukuran Ruangan, Jangan Sampai Salah Beli ya!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 17 Mei 2024 13:56
Cara Memilih PK AC Berdasarkan Ukuran Ruangan, Jangan Sampai Salah Beli ya!
Ada rumus dan cara menghitungnya sendiri loh Diazens~

Bagi rumah yang berada di daerah perkotaan yang padat dan panas, AC adalah barang wajib yang harus ada di rumah. Tujuannya tidka lain dan tidak bukan adalah untuk mendinginkan udara di dalam rumah agar nyaman dan tidak gerah. Tapi kebutuhan AC ini harus disesuaikan dengan ukuran ruangan ya.

Nah, cara memilih AC berdasarkan ukuran ruangan adalah hal yang gampang-gampang sulit. Jadi, kamu harus melihat dulu PK AC, BTU dan juga luas ruangan. Baru nanti bisa menentukan AC PK berapa yang cocok untuk digunakan di ruangan kamu.

Nah, Diadona telah merangkum cara memilih PK AC berdasarkan ukuran ruangan yang bisa kamu jadi patokan. So, mari kita simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

1 dari 5 halaman

Cara Memilih PK AC Berdasarkan Ukuran Ruangan© Freepik.com

Apa Itu PK AC dan BTU?

Bagi yang belum tahu, PK AC merupakan singkatan dari Paard Kracht atau tenaga kuda. Dalam konteks AC, PK mengacu pada jumlah tenaga yang diperlukan AC untuk mendinginkan sebuah ruangan.

Besarnya PK tergantung pada jenis AC dan kebutuhan ruangan. Secara detail, 1 PK setara dengan 735,5 watt dan 0,986 HP (Horse Power). Jika dibulatkan, 1 PK hampir sama dengan 1 HP.

Selain PK, ada juga BTU yang digunakan untuk menentukan ukuran PK AC. BTU, atau British Thermal Unit, adalah satuan pengukuran energi yang digunakan AC untuk menurunkan atau menaikkan suhu ruangan dalam satu jam.

Semakin besar angka BTU, semakin rendah suhu udara ruangan yang bisa dicapai. Di Indonesia, satuan BTU memang lebih jarang digunakan dibandingkan dengan PK.

2 dari 5 halaman

Nah, untuk patokan saja, berikut ini untuk ukuran AC berdasarkan BTU:

  • AC ½ PK setara dengan 5.000 BTU → ukuran ruangan 10m²
  • AC ¾ PK setara dengan 7.000 BTU → ukuran ruangan 14m²
  • AC 1 PK setara dengan 9.000 BTU → ukuran ruangan 18m²
  • AC 1 ½ PK setara dengan 12.000 BTU → ukuran ruangan 24m²
  • AC 2 PK setara dengan 18.000 BTU → ukuran ruangan 36m²
  • AC 2 ½ PK setara dengan 24.000 BTU

3 dari 5 halaman

Cara Memilih PK AC Berdasarkan Ukuran Ruangan© Freepik.com

Menentukan PK AC Berdasarkan Ukuran Ruangan

Jadi, kamu nggak perlu bingung untukmentukan PK AC yang akan kamu gunakan. Melansir dari laman Selka AC Specialist. Pertama kita hitung kasar dulu kamar kamu itu berapa lebar, berapa panjang.

Kemudian, jika sudah ketemu hasilnya maka hanya perlu membaginya dengan angka 18. cara ini sudah banyak dikenal dengan nama Rule of 18. Misalnya kalau kamar kamu ukuran 3x3 = 9 luasnya. Maka 9 / 18 = 1/2 PK. Ini bisa dijadikan patokan untuk perhitungan cepat, cuman sayangnya perhitungan ini semi akurat.

4 dari 5 halaman

Nah, untuk perhitungan yang lebih akurat, kamu bisa menggunakan rumus lainnya yang juga cukup sederhana penghitungannya. Cara menghitung di bawah ini:

Panjang (P) x Lebar (L) x 537 BTU/h
Kalkulasi ini diasumsikan bahwa tinggi ruangan disesuaikan dengan standar tinggi yang yang ada di Indonesia yang pada umumnya 2,5m – 3m.

Contohnya begini, Hasil perhitungan 3m x 3m x 537 BTU/h = 4.833 BTU/h. Berarti untuk ruangan sebesar 9m² minimal memerlukan AC 1/2 PK, karena AC 1/2 PK mempunyai BTU/h sebesar 5000.

Jadi itu ya Diazens Cara memilih PK AC berdasarkan ruangan yang bisa kamu jadikan patokan. So selamat mencoba dan semoga berhasil.

Beri Komentar