8 Cara Mencegah Dinding Berjamur, Jaga Rumah Tetap Segar dan Sehat

Reporter : Arifina
Selasa, 13 Agustus 2024 10:00
8 Cara Mencegah Dinding Berjamur, Jaga Rumah Tetap Segar dan Sehat
Dinding berjamur tentu saja membuat tampilan rumah menjadi kurang enak dipandang. Nah, kamu bisa mencegahnya secara fektif lho!

Ada beberapa cara mencegah dinding berjamur yang harus diperhatikan. Kondisi tersebut memang menjadikan tampilan rumah kurang enak dipandang dan tidak nyaman.

Bahkan, dinding berjamur juga bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah lho! Sebab, jamur yang menempel ini bisa memicu alergi dan penyakit pernapasan.

Sejatinya, kondisi dinding berjamur ini adalah permasalahan yang kerap dialami pemilik rumah. Terutama, jika kalian tinggal di daerah yang lembap atau memiliki sirkulasi Udara yang buruk.

1 dari 9 halaman

Apa Penyebab Dinding Berjamur?

Cara Mencegah Dinding Berjamur

© 2024 aquaproof.co.id

Ada beberapa penyebab dinding berjamur, di antaranya sebagai berikut:

  • Kelembaban Tinggi: Kelembaban yang terperangkap di dalam dinding akibat kebocoran pipa, kondensasi dari udara dingin, atau ventilasi yang buruk adalah penyebab utama pertumbuhan jamur.
  • Suhu Dingin: Suhu dinding yang dingin juga dapat menyebabkan kondensasi, terutama pada musim dingin.
  • Kurangnya Sirkulasi Udara: Udara yang tidak bersirkulasi dengan baik akan membuat kelembaban terperangkap dan menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur.

Namun, dinding berjamur bisa dicegah lebih awal lho! Dengan cara-cara yang tepat, kamu tetap bisa menjadikan dingding di rumah segar tanpa jamur. Yuk, simak cara pencegahannya berikut dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 9 halaman

Cara Mencegah Dinding Berjamur

Adapun, pencegahan dinding berjamur ada beberapa hal, sebagai berikut:

Perbaiki Kebocoran dan Kelembapan

Jamur biasanya tumbuh di area yang lembap. Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengatasi sumber kelembapan di rumah.

Periksa dan perbaiki kebocoran pada atap, pipa, atau saluran air jika mengalami. Pastikan juga kamar mandi dan dapur memiliki ventilasi yang memadai untuk menghindari penumpukan uap air.

Jika ada dinding yang mengalami keretakan segera tutup untuk mencegah air hujan merembes.

3 dari 9 halaman

Tingkatkan Ventilasi Rumah

Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk mencegah pertumbuhan jamur pada dinding lho! Maka dari itu, pastikan semua ruangan di rumah memiliki ventilasi yang cukup, baik itu melalui jendela, ventilator, atau penggunaan alat bantu seperti exhaust fan.

Bukalah jendela di rumah dengan teratur untuk mengalirkan Udara segar masuj. Kamu juga bisa memasang ventilator di ruang Bawah tanah atau area-area di rumah yang lembap untuk membuat sirkulasi udara selalu tercukupi.

Sirkulasi udara yang baik akan membantu mengurangi kelembapan di dalam rumah dan mencegah menempelnya jamur pada dinding.

4 dari 9 halaman

Gunakan Dehumidifier

Cara Mencegah Dinding Berjamur

© 2024 aliacamb

Jika kamu tinggal di daerah dengan tingkat kelembapan tinggi, penggunaan dehumidifier sangat membantu pencegahan tumbuhnya jamur pada dinding lho! Alat ini berfungsi untuk mengurangi kadar kelembapan udara di dalam rumah.

Penggunaan alat ini mencegah terbentuknya lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan jamur. Dehumidifier dikenal efektif dalam menyeap kelembapan Udara, mencegah pertumbuhan jamur, dan menjaga kondisi Udara di rumah.

Sehingga, dinding akan selalu segar dan bebas jamur menempel deh!

5 dari 9 halaman

Bersihkan Dinding Secara Rutin

Membersihkan dinding secara berkala dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur. Gunakan campuran air dan cairan pembersih yang memiliki sifat antijamur.

Cairan pembersih yang bisa kamu pakai seperti cuka atau hidrogen peroksida. Campurkan cairan pembersih ini lalu gunakan untuk mengelap bagian dinding yang berdebu dan kotor.

Hindari penggunaan bahan kimia yang keras, karena dapat merusak lapisan cat dinding.

6 dari 9 halaman

Lapisi Dinding dengan Cat Antijamur

Penggunaan cat antijamur adalah salah satu cara efektif untuk mencegah jamur tumbuh di dinding. Cat ini mengandung bahan kimia yang dapat membunuh spora jamur dan mencegah pertumbuhannya.

Ketika kamu mendapati dinding mulai muncul lembap, segera saja lakukan pengecatan ulang. Pilih juga cat yang tahan air agar dinding selalu terlindungi dari kelembapan yang dapat memicu munculnya jamur.

Pastikan dinding dalam kondisi kering dan bersih sebelum diaplikasikan cat antijamur.

7 dari 9 halaman

Atur Perabotan dengan Baik

Cara Mencegah Dinding Berjamur

© 2024 freepik.com

Punya perabotan di rumah? Nah, kamu harus rutin-rutin melakukan engecekan ya. Sebab, bisa jadi inilah yang memicu pertumbuhan jamur pada dinding.

Pastikan perabotan di dalam rumah tidak menempel langsung pada dinding. Jarak yang cukup antara perabotan dan dinding akan memungkinkan sirkulasi udara yang baik di sekitarnya.

Dengan cara ini maka akan mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur pada dinding di rumah.

8 dari 9 halaman

Perbaiki Isolasi Dinding

Jika kamu merasa dinding rumah sering terasa lembap, periksa bagian isolasi dinding. Hal ini penting untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Isolasi yang baik akan membantu menjaga suhu dalam ruangan stabil. Kemudian, kondisi ini juga akan mencegah kondensasi, yang dapat menjadi pemicu tumbuhnya jamur.

Dengan memperbaiki isolasi dinding maka dinding di rumah bisa bebas dari jamur yang membuat tidak nyaman.

9 dari 9 halaman

Batasi Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Jika kamu terbiasa mengoleksi tanaman hias di rumah, sekiranya batasi untuk meletakkannya di area dalam rumah.

Sebab, tanaman hias ini akan melepaskan uap air yang dapat meningkatkan kelembaban. Jadi, tidak disarankan untuk diletakkan terlalu dekat dengan dinding.

Jika demikian, bukan tidak mungkin akan memicu munculnya jamur.

Itulah beberapa cara mencegah dinding berjamur yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, kamu dapat menjaga kondisi dinding tetap bersih, sehat, dan bebas dari jamur deh!

Beri Komentar