9 Cara Mencegah Korsleting Listrik saat Rumah Ditinggal Liburan

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Jumat, 14 Juni 2024 16:01
9 Cara Mencegah Korsleting Listrik saat Rumah Ditinggal Liburan
Sering kali saat liburan, kita kepikiran keadaan rumah yang ditinggal kosong. Tidak hanya maling, korsleting juga bisa bikin resah saat liburan.

Ada banyak cara dalam mencegah korsleting listrik saat rumah ditinggal liburan. Liburan menjadi salah satu hal yang bisa bikin badan dan pikiran fresh. Di tengah-tengah padatnya pekerjaan selama beberapa hari atau bulan, mengambil cuti dan pergi liburan menjadi keputusan baik.

Saat liburan ke pulau atau negara lain, tentu rumah dalam keadaan kosong. Akan aman jika selama pergi liburan, rumah masih ada yang jaga. Namun, kalau kosong, tidak hanya perampok yang perlu kamu takutkan, namun juga arus listrik.

Sering kali terjadi korsleting listrik saat rumah dalam keadan kosong. Ada beberapa hal yang bisa membuat korsleting tersebut terjadi. Nah, di sini akan dibahas bagaimana cara mencegah korsleting listrik saat rumah ditinggal liburan dan dalam keadaan kosong. Yuk disimak guys.

1 dari 4 halaman

Penyebab Korsleting Listrik

cara mencegah korsleting listrik saat ditinggal liburan© shutterstock.com

Sebelum kita membahas cara mencegahnya, sebaiknya kita ketahui dulu beberapa penyebabnya. Ada beberapa penyebab sebuah korsleting listrik terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab korsleting listrik:

Kabel Rusak atau Sudah Tua

Penyebab pertama yaitu karena kondisi kabel yang sudah rusak. Isolasi yang rusak atau terkikis bisa menyebabkan kabel saling bersentuhan, menciptakan jalur listrik yang tidak diinginkan. Kabel yang sudah berusia puluhan tahun mungkin sudah rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Kabel yang Tidak Terpasang dengan Benar

Sambungan kabel yang longgar atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan percikan api yang memicu korsleting. Pemasangan kabel yang tidak sesuai standar atau oleh orang yang tidak ahli dapat meningkatkan risiko korsleting.

Perangkat Elektronik yang Rusak

Perangkat elektronik dengan komponen internal yang rusak atau mengalami kerusakan bisa menyebabkan korsleting saat dihubungkan ke sumber listrik seperti colokan. Alat yang terlalu panas dapat menyebabkan insulasi internal meleleh, menciptakan jalur listrik yang tidak diinginkan.

2 dari 4 halaman

cara mencegah korsleting listrik saat ditinggal liburan© shutterstock.com

Kelembaban dan Air

Kabel atau perangkat listrik yang terkena air bisa menyebabkan korsleting. Kelembaban tinggi juga dapat merusak isolasi kabel. Pada lingkungan dengan kelembaban tinggi, kondensasi bisa terbentuk di dalam perangkat elektronik dan memicu korsleting.

Binatang atau Hama

Tikus atau hewan lainnya dapat menggigit kabel listrik, merusak isolasi dan menyebabkan korsleting. Hama yang membuat sarang di dalam perangkat elektronik atau kotak distribusi listrik dapat merusak kabel dan komponen lainnya.

Kelebihan Beban

Menghubungkan terlalu banyak perangkat ke satu sirkuit bisa menyebabkan sirkuit menjadi terlalu panas dan memicu korsleting. Menggunakan perangkat listrik dengan daya tinggi secara bersamaan bisa membebani sirkuit dan menyebabkan korsleting.

Kesalahan Instalasi

Instalasi yang tidak memenuhi standar keselamatan listrik dapat meningkatkan risiko korsleting. Pemasangan yang salah, seperti kabel yang tidak terpasang dengan benar atau penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai spesifikasi, dapat menyebabkan korsleting.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Korsleting Listrik saat Rumah Ditinggal Liburan

cara mencegah korsleting listrik saat ditinggal liburan© shutterstock.com

Korsleting listrik di rumah dapat segera teratasi ketika ada yang jara rumah saat liburan. kalau tidak ada yang jaga, tentu korsleting listrik tidak akan teratasi. Berikut ini adalah cara mencegah korsleting listrik saat rumah ditinggal liburan:

Matikan Peralatan Listrik yang Tidak Diperlukan

Cara pertama yaitu dengan mematikan berbagai peralatan listrik saat rumah ditinggal liburan. abut semua peralatan elektronik yang tidak diperlukan seperti televisi, komputer, dan peralatan dapur. Ini tidak hanya mencegah korsleting tetapi juga menghemat energi. Pastikan juga peralatan yang mungkin sulit diakses saat terjadi korsleting, seperti mesin cuci dan pengering, juga dimatikan.

Matikan Pemutus Sirkuit

Matikan pemutus sirkuit untuk area atau peralatan yang tidak akan digunakan selama kamu pergi liburan, seperti sirkuit dapur, garasi, atau kamar tidur.

Periksa dan Servis Instalasi Listrik

Pastikan instalasi listrik rumah Anda diperiksa secara berkala oleh teknisi listrik yang bersertifikat untuk memastikan tidak ada kabel yang longgar atau rusak. Segera perbaiki atau ganti kabel atau peralatan yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Gunakan Perangkat Keamanan Listrik

Ada beberapa perangkat keamanan listrik yang bisa kamu gunakan, seperti surge protector atau RCD. Gunakan surge protector untuk peralatan elektronik yang sensitif terhadap lonjakan listrik. Pasang RCD untuk mendeteksi kebocoran arus dan secara otomatis memutuskan aliran listrik jika ada masalah.

4 dari 4 halaman

Gunakan Timer dan Smart Plugs

Pasang timer pada beberapa peralatan listrik untuk memastikan mereka hanya menyala pada waktu tertentu. Gunakan smart plugs yang dapat dikendalikan melalui aplikasi untuk mematikan perangkat secara jarak jauh jika diperlukan.

Hindari Overloading Soket

Pastikan soket listrik tidak kelebihan beban. Gunakan soket yang berbeda untuk perangkat dengan daya tinggi. Gunakan power strip dengan fitur pemutus arus otomatis untuk menghindari overloading.

Matikan Alat Pemanas dan Pendingin

Matikan alat pemanas ruangan atau air yang tidak akan digunakan selama pergi liburan. Jika memungkinkan, matikan pendingin ruangan atau setel pada mode hemat energi.

Pastikan Hewan Liar Tidak Bisa Masuk

Selalu cek ruang-ruang atau spot di mana hewan liar bisa masuk ke dalam rumah. Hewan-hewan yang dimaksud seperti tikus yang suka mengganggu kelistrikan rumah seperti menggigiti kabel. Kamu bisa menyiapkan perangkat tikus sebelum berangkat liburan agar hama tersebut terjebak selama kamu tidak ada di rumah dan tidak bisa merusak kelistrikan rumah.

Konsultasi dengan Ahli Listrik

Jika kamu merasa ragu tentang kondisi instalasi listrik di rumah, konsultasikan dengan ahli listrik sebelum meninggalkan rumah untuk liburan.

cara mencegah korsleting listrik saat ditinggal liburan© shutterstock.com

Itulah beberapa cara dalam mencegah korsleting listrik di rumah saat ditinggal liburan. Semoga habis ini selama kamu liburan, auto gak overthinking tentang korsleting di rumah ya.

Beri Komentar