Gini lho Cara Mengemas Tanaman Hias Agar Tidak Rusak, Pas Banget Buat Kamu yang Mau Pindahan

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Rabu, 12 Juni 2024 15:43
Gini lho Cara Mengemas Tanaman Hias Agar Tidak Rusak, Pas Banget Buat Kamu yang Mau Pindahan
Saat pindahan, kebanyakan orang akan bingung untuk mengurus tanaman hiasnya. Begini lho cara mengemas tanaman hias agar tidak rusak.

Buat kamu yang mau pindahan, tentu harus mengetahui tata ara mengemas tanaman hias agar tidak rusak. Saat pindahan, tidak jarang kita "riweuh" atau ribet sendiri akan barang-barang yang sedang dikemas. Pastinya kita dibuat bingung dengan barang apa saja yang dibawa dan dibuang, mengemas barang pecah belah, pemilihan jasa pindah rumah yang tepat, hingga banyak hal lainnya yang perlu dipersiapkan.

Buat kamu para pecinta tanaman, pindah rumah sering kali menjadi dilema tersendiri. Hal ini dikarenakan tanaman hias memang tidak bisa sembarangan untuk dipindahkan, apalagi dikemas dan dikirim lewat ekspedisi.

Apalagi, masih banyak orang yang tidak tahu akan tata cara mengemas tanaman hias yang baik dan benar. Karena jika kamu mengemas tanaman hias secara tidak benar, tentu tumbuhan kesayanganmu tersebut akan rusak selama perjalanan. Apalagi akan sangat bermasalah jika tanaman hias yang kamu kirim merupakan baru saja dibeli oleh seseorang, tentu kalau rusak mereka bakalan protes.

Nah, berikut ini akan dijabarkan cara mengemas tanaman hias agar tidak rusak serta baik dan benar. Yuk disimak guys.

1 dari 3 halaman

Langkah-langkah Mengemas Tanaman Hias

Cara Mengemas Tanaman Hias© shutterstock.com

Banyak yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan saat mengemas tanaman hias agar tidak rusdak. berikut ini adalah langkah-langkah atau tata cara dalam mengemas tanaman hias.

Alat dan Bahan:

1. Kotak kardus

2. Bubble wrap

3. Kertas koran atau kertas tisu

4. Plastik pembungkus

5. Styrofoam peanuts

6. selotip

7. Gunting

8. Label fragile

2 dari 3 halaman

Cara Mengemas Tanaman Hias© shutterstock.com

Cara Pengemasan:

1. Pertama-tama, siram tanaman satu atau dua hari sebelum pengemasan. Pastikan tanah lembab tapi tidak terlalu basah untuk menghindari kebocoran air selama pengiriman.

2. Pangkas daun atau ranting yang rusak atau terlalu panjang untuk meminimalisir kerusakan selama pengiriman.

3. Letakkan kertas koran atau kertas tisu di atas tanah di dalam pot untuk mencegah tanah tumpah.

4. Bungkus pot dengan plastik pembungkus dan amankan dengan selotip. Pastikan tanah tetap di dalam pot selama pengiriman.

5. Bungkus daun dan batang tanaman dengan plastik gelembung untuk melindungi dari benturan. Pastikan tanaman terbungkus dengan rapi tetapi tidak terlalu kencang sehingga bisa merusak daun atau batang.

6. Pilih kotak yang cukup besar untuk menampung tanaman dengan beberapa ruang ekstra untuk bahan pelindung.

7. Tempatkan styrofoam peanuts atau bahan pengisi lainnya di sekitar pot dan di bagian atas untuk menahan tanaman agar tidak bergerak di dalam kotak.

8. Tutup kotak kardus dengan selotip. Pastikan kotak tertutup rapat untuk mencegah masuknya kotoran atau kelembaban.

9. Tempelkan label " Fragile" pada kotak untuk memberi tahu penangan bahwa isi kotak harus ditangani dengan hati-hati.

3 dari 3 halaman

Tips Mengemas Tanaman Hias

Cara Mengemas Tanaman Hias© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui tata cara dalam mengemas tanaman hias yang baik dan benar. Namun, agar tanaman hias makin aman dan tidak rusak, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini adalah deretan tips dalam mengemas tanaman hias:

1. Pilih Waktu yang Tepat: Pilih layanan pengiriman yang cepat untuk meminimalkan waktu tanaman berada di dalam kotak. Hindari mengirim tanaman selama kondisi cuaca ekstrem seperti panas berlebih atau dingin berlebih.

2. Kotak Pembungkus yang Tepat: Pilih kotak yang cukup besar untuk menampung tanaman dengan beberapa ruang ekstra untuk bahan pelindung. Pastikan kotak kardus yang kamu gunakan cukup kokoh untuk menahan berat dan melindungi tanaman.

3. Beri Instruksi saat Dibuka: Selain ada label " Fragile" agar tim ekspedisi berhati-hati dalam membawanya, sertakan juga instruksi saat membuka. Kamu bisa meletakkan instruksi tersebut di luar kotak agar dibaca pembuka.

4. Pakai Penyangga: Jika tanaman memiliki batang yang tinggi atau rapuh, gunakan penyangga seperti tongkat bambu yang diikatkan pada batang untuk memberikan tambahan stabilitas.

5. Lubang Ventilasi: Jika tanaman memerlukan sirkulasi udara, buat beberapa lubang kecil di kotak untuk ventilasi.

6. Waktu Pengiriman: Informasikan kepada penerima tentang estimasi waktu kedatangan dan pentingnya segera membuka dan merawat tanaman setelah diterima.

Itulah langkah-langkah atau cara dalam mengemas tanaman hias agar tidak rusak dan aman saat pindahan. Semoga tanaman hias kamu aman saat pindahan ya Diazens.

Beri Komentar