8 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 6 September 2024 13:00
8 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah
Jamur yang membandel bikin kaca jadi buram. Yuk bersihkan secara rutin cukup dengan menggunakan bahan-bahan di rumah.

Apakah kaca jendela di rumahmu masih saja buram walaupun sudah dilap? Terlihat ada noda dan bercak yang membuat kamu tidak nyaman untuk dipandang? Nah mungkin itu disebabkan oleh adanya jamur yang menempel di permukaan kaca.

Jamur yang menempel pada permukaan kaca adalah penyebab kaca buram. Nah, keberadaan jamur ini disebabkan karena kamu tidak secara rutin membersihkan kaca. Padahal bila sudah terlanjur ada di sana, jamur akan susah hilang, lho!

Namun apakah tidak ada cara menghilangkan jamur pada kaca jendela rumah? Tentu saja ada! Dikutip dari berbagai sumber, ikutin cara-cara berikut ini untuk membuat jendela kamarmu kembali kinclong!

 

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah© 2024 shutterstock.com/tong patong

Pemutih Pakaian

Larutan pemutih yang biasanya kamu gunakan untuk memutihkan baju, juga bisa banget nih digunakan sebagai cara menghilangkan jamur pada kaca jendela rumah. Caranya gampang dan tentu saja murah meriah!

Pertama, larutkan satu bagian pemutih pakaian dengan dua bagian detergen lalu tambahkan air dalam volume agak banyak. Dengan menggunakan spon, sapukan campuran cairan ke kaca. Spon ini akan menghilangkan noda jamur sekaligus mencegah munculnya noda putih akibat buih detergen.

Krim Pencuci Serbaguna

Sesuai dengan namanya, krim pencuci serbaguna juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan jamur membandel di permukaan kaca jendela. Kandungan asam dalam krim ini mampu membuat jamur rontok sehingga membuat kaca kembali jernih. 

Caranya gampang banget loh, langsung oleskan krim pada permukaan kaca lalu gosok perlahan dengan busa atau kain lap. Jika sudah bilas bersih dengan air dan keringkan. Kaca jendela rumahmu kembali jernih dan kinclong. 

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah© 2024 shutterstock.com/Makistock

Cuka Apel

Jika di rumah kamu menyetok cuka apel, kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kaca jendela yang membandel akibat jamur. Tingkat keasaman tinggi dalam kandungan cuka apel, membuatnya sangat mudah untuk merontokkan noda membandel termasuk jamur yang ada di permukaan kaca jendela. 

Untuk mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu tinggal menyemprotkannya pada area kaca jendela yang berjamur. Kemudian gosok perlahan sampai jamur rontok, jika sudah bilas dengan air bersih kaca jendela dengan air dan keringkan.  

Alkohol

Selain untuk membersihkan luka, alkohol juga sangat efektif dalam membantu membersihkan jamur yang membandel di permukaan kaca jendela.

Gunakan kapas atau botol spray agar lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Usapkan atau semprotkan cairan alkohol ke permukaan kaca yang buram secara merata. Diamkan beberapa saat sampai mengering, lalu lap permukaan kaca jendela hingga bersih. 

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah© 2024 shutterstock.com/Lina Mo

Air Soda

Jika jamur pada jendela kaca rumahmu sangat sulit dibersihkan walaupun sudah dilakukan berbagai cara. Selain untuk pelepas dahaga, air soda juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi jamur kaca yang membandel. Kandungan pH pada air soda mampu untuk mengikis serta mengangkat kerak yang menempel pada permukaan kaca yang membandel. 

Cukup dengan siramkan air soda pada permukaan kaca, lalu bersihkan dengan kain yang memiliki tekstur lembut dan mudah menyerap air sampai jamur kaca memudar. Jika jamur sudah hilang, bilas dengan air bersih lalu lap lembut kaca hingga kering. 

Kain Kering Khusus

Ini dia satu cara simpel untuk menghilangkan jamur pada kaca jendela rumah. Kamu bisa gunakan kain kering khusus untuk membersihkan kaca seperti contohnya kain microfiber. Ciri khas kain ini memiliki sisi lembut dan mudah menyerap air.

Adapun cara menggunakannya sangatlah mudah. Tinggal gosok perlahan bagian permukaan kaca jendela dengan lembut dan merata hingga jamur kaca terlihat memudar. Kaca jendela kembali bersih dan jernih seperti baru. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Jendela Rumah© 2024 shutterstock.com

Pasta Gigi

Selain berguna untuk kebersihan mulut, pasta gigi ternyata juga dapat difungsikan untuk membersihkan kaca jendela yang buram akibat jamur. Dengan adanya kandungan fluoride dalam pasta gigi, dapat mengangkat noda membandel seperti jamur pada permukaan kaca jendela. 

Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada area kaca yang buram akibat jamur. Diamkan pasta gigi selama beberapa menit. Jika sudah mengering bersihkan dengan air bersih. 

Baking Soda

Selain digunakan untuk proses pengembang adonan roti, baking soda dapat juga digunakan untuk mengembalikan kaca jendela menjadi jernih dan bersih. Salah satu bahan kue ini memang sudah dikenal ampuh dalam hal membersihkan jamur, kerak dan bahkan karat.

Jika kamu mau mencobanya, buat terlebih dahulu larutan yang terbuat dari baking dan soda. Aduk rata hingga larutan menjadi kental. Lalu usapkan larutan ke permukaan kaca, gosok perlahan sampai jamur hilang dan bilas dengan air bersih. 

Deterjen

Biasa digunakan untuk mencuci pakaian, bahan pembersih yang terkandung dalam deterjen ternyata juga dapat dimanfaatkan dalam membersihkan noda serta jamur pada permukaan kaca jendela. 

Untuk mempraktikkannya kamu tinggal larutkan bubuk deterjen dengan sedikit air. Gosokkan larutan merata pada permukaan kaca, lalu diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Tapi, jika kamu menggunakan tipe deterjen cair, tidak perlu mencampurkannya lagi dengan air. 

Penulis : Husnul Khotimah

Beri Komentar