9 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Ikan, Mudah Tanpa Ribet dan Bersih Sempurna

Reporter : Arifina
Senin, 3 Juni 2024 15:17
9 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Ikan, Mudah Tanpa Ribet dan Bersih Sempurna
Bye bye lumut di kolam! Begini cara membersihkannya dengan tepat!

Ada beberapa cara menghilangkan lumut di kolam ikan yang perlu diperhatikan dengan tepat. Sebab, jika asal kamu justru akan menambah kotoran masuk ke kolam.

Lumut yang tumbuh berlebihan dapat mengurangi keindahan kolam, mengganggu kualitas air, dan bahkan membahayakan kesehatan ikan. Lumut yang berlebihan juga dapat menyumbat filter air, mengurangi kadar oksigen, dan menjadi tempat berkembang biaknya parasit.

Jika demikian, maka ikan yang ada di kolam akan kesulitan bernapas dan akhirnya harus mati. Karena itulah, menghilangkan lumut perlu dilakukan dengan cara yang tepat.

Dengan begitu kamu tetap bisa menjaga kebersihan dan ekosistem pada kolam ikan. Yuk, simak cara menghilangkan lumut di kolam ikan dilansir dari berbagai sumber berikut!

1 dari 9 halaman

Kontrol Paparan Sinar Matahari

Kolam Ikan Minimalis

Lumut tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena itu, akan lebih baik jika kamu membatasi paparan sinar matahari untuk area kolam ikan.

Hal ini karena, paparan sinar matahari langsung yang masuk ke kolam ikan justru memicu pertumbuhan spora menjadi lumut. Sehingga, jika kolam dibiarkan bergitu saja terpapar justru akan menambah pertumbuhan lumut dengan cepat.

Nah, dalam hal ini kamu bisa mengantisipasinya dengan membuat kolam di tempat-tempat teduh, atau memasangi kanopi di atasnya. Sehingga kolam bebas dari cahaya matahari langsung.

 

2 dari 9 halaman

Pasang Filter di Kolam Ikan

Cara lainnya yang bisa diterapkan untuk menghilangkan lumut di kolam ikan, kamu bisa memasang filter khusus. Penggunaan dari filter ini akan membuat kondisi air di dalam kolam ikan menjadi lebih bersih dan berkualitas.

Filter ini juga telah didesain untuk menunjang sirkulasi air kolam ikan agar tetap stabil. Meski begitu, tetap lakukan pergantian air kolam secara berkala dan bersihkan filter secara rutin.

Hal ini agar tingkat kebersihan dalam kolam ikan tetap terjaga.

 

3 dari 9 halaman

Kurangi Jumlah Ikan Dalam Kolam

Jumlah ikan di dalam kolam juga mempengaruhi adanya pertumbuhan lumut lho! Karena itu, jika kamu memelihara ikan maka perhatikan populasinya.

Pastikan populasi ikan untuk kolam yang digunakan tidak terlalu banyak tapi sesuaikan dengan volume saja. Jika ikan terlalu banyak, ini justru akan mempercepat kondisi air menjadi keruh.

Sebab, kotoran ikan bisa mendatangkan lumut untuk tumbuh dan berkembang biak di dalam air kolam.

 

4 dari 9 halaman

Masukkan Ikan Pemakan Lumut

Kolam Ikan Koi Minimalis

Langkah lainnya yang lebih mudah, kamu bisa memilih jenis peliharaan ikan pemakan lumut. Dengan begitu, kondisi kolam akan lebih bersih dan terhindar dari lumut.

Beberapa jenis ikan pemakan lumut itu antara lain, ikan mas, koi, molly, sapu-sapu, pleco, dan masih banyak lainnya. Memasukkan mereka ke dalam kolam dapat membantu mengendalikan populasi lumut.

Selain itu, ikan-ikan ini juga bisa membantu mengurangi sisa makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi lumut bertumbuh.

 

5 dari 9 halaman

Selalu Bersihkan Lumpur di Kolam

Menghindari pertumbuhan lumut di kolam bisa dilakukan dengan selalu membersihkan lumpur. Hal ini biasanya muncul dari sisa makanan pada kolam.

Adanya sisa makanan dan kotoran ikan yang jarang dibersihkan nantinya justru akan mengendap ke dasar kolam dan berubah menjadi lumpur. Nah, agar tidak memicu tumbuhnya lumut maka selalu bersihkan bagian ini secara berkala.

Kamu bisa melakukan pengurasan kolam, lalu menggosok-gosok permukaan dasar kolam hingga bersih.

 

6 dari 9 halaman

Kapur Dolomit

Ada cara lainnya yang mungkin kurang familiar untuk dilakukan jika kamu ingin menghilangkan lumut di kolam ikan. Hal itu adalah dengan kapur dolomit.

Penggunaan kapur dolomit dinilai menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan lumut di kolam ikan. Karena, jenis kapur ini disebut juga kapur pertanian yang berfungsi meningkatkan derajat keasaman pada air.

Sehingga, jika mencampurkan kapus dolomit ke dalam kolam ikan maka membantu lumut sulit berkembang biak di dalam air.

 

7 dari 9 halaman

Tanam Tumbuhan Air

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Ikan

Ini salah satu cara alami yang bisa untuk menghilangkan lumut sekaligus mempercantik area kolam ikan. Ya, kamu bisa memanfaatkan tumbuhan air lho!

Tumbuhan air ini dapat membantu menyerap nitrat dan fosfat yang menjadi makanan lumut. Di antaranya, kamu bisa menanam eceng gondok, teratai, dan masih banyak lainnya.

Adanya tumbuhan di dalam kolam ikan ini akan menjadi pesaing bagi lumut untuk mengambil nutrisi di dalam air.

 

8 dari 9 halaman

Tambahkan Bakteri Pengurai

Selain cara-cara di atas, kamu bisa menggunakan bakteri untuk menghilangkan lumut di dalam kolam ikan. Tambahkan beberapa bakteri pengurai seperti, bakteri nitrobacther ke dalamnya.

Penggunaan jenis bakteri ini akan membantu mengurai lumut yang gampang muncul di dalam kolam ikan. Cukup tuangkan bakteri tersebut ke dalam kolam sesuai takaran yang ditentukan.

Penambahan bakteri pengurai juga dapat membuat air kolam semakin jernih.

 

9 dari 9 halaman

Bersihkan Kolam Secara Berkala

Pembersihan rutin kolam sangat penting untuk mencegah penumpukan lumut. Sehingga, selalu lakukan dengan benar mulai dari menguras sebagian air kolam secara berkala dan mengganti dengan air bersih.

Sikat bagian dinding kolam untuk menghilangkan lumut yang menempel.
Kamu juga bisa melakukan vakum pada dasar kolam untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan lumut yang mengendap.

Itulah cara menghilangkan lumut di kolam ikan yang bisa kamu terapkan di rumah. Dengan begitu, area kolam akan selalu bersih dan indah dipandang deh! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar