8 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet yang Baik dan Benar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 27 November 2023 20:36
8 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet yang Baik dan Benar
Cara merawat dan membersihkan karpet yang benar dapat menjadi sebuah cara untuk memastikan kondisi karpet tetap dalam keadaan bersih, bebas dari kotoran dan awet dalam jangka waktu yang lama

Karpet menjadi sebuah nilai estetika yang dapat melengkapi interior rumah terutama pada suatu ruangan. Karpet tidak hanya memberikan sentuhan estetika dalam ruangan, namun juga menciptakan suasana yang nyaman dan hangat. Oleh karena itu, penting bagi penghuni rumah untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan karpet dengan tepat.

Merawat dan membersihkan karpet secara rutin dapat menjadi sebuah cara untuk memastikan kondisi karpet tetap dalam keadaan bersih, bebas dari kotoran dan awet dalam jangka waktu yang lama. 

Karpet dapat menjadi elemen dekoratif untuk mempercantik ruangan seperti area ruang tamu, ruang  keluarga hingga ruang tidur. Berbagai variasi karpet kini dapat ditemukan di pasaran atau toko online shop. Penghuni rumah dapat memilih jenis karpet yang sesuai dengan preferensi atau yang mudah dipadukan dengan gaya dekorasi ruangan.

Selain itu, cara merawat dan membersihkan karpet penting untuk dilakukan oleh penghuni rumah, karena karpet bisa berpotensi menjadi sumber penyakit atau sarang kuman jika jarang dibersihkan dengan benar. 

Jika ingin membersihkan karpet dengan mudah, kamu dapat mencuci karpet melalui laundry atau membersihkannya sendiri di rumah agar menghemat biaya pengeluaran. Nah, kamu penasaran bagaimana cara merawat dan membersihkan karpet dengan tepat? Yuk langsung aja tiru beberapa cara di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Membersihkan dengan Vacuum Cleaner Secara Teratur

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Vakum menjadi senjata utama yang dapat membantu cara merawat dan membersihkan karpet secara efektif. Alat vacuum dapat membersihkan lapisan karpet secara mendalam sehingga kotoran atau debu yang menempel pada sela-sela karpet, mudah untuk dibersihkan oleh alat vakum.

Lakukan pembersihan karpet dengan vacuum cleaner secara teratur setidaknya tiap dua minggu sekali atau lebih sering jika area tersebut sering digunakan. Pastikan untuk menyertakan sudut-sudut atau area yang sulit dijangkau. 

 

2 dari 8 halaman

Bersihkan Area Karpet Menggunakan Bantuan Sikat Gosok

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Cara merawat dan membersihkan karpet selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat gosok. Dengan penggunaan yang tepat, sikat gosok dapat membantu mengangkat kotoran yang sulit dijangkau oleh sapu atau alat pembersih biasa.

Gunakan sikat gosok dengan serat yang lembut untuk membersihkan noda atau kotoran yang menempel pada karpet secara manual. Sikat gosok dapat berfungsi secara efektif untuk membersihkan karpet terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan. Pastikan untuk menggunakan tekanan yang lembut saat menggosok karpet agar tidak merusak lapisan serat yang ada di dalamnya. 

 

3 dari 8 halaman

Mencuci Karpet dengan Detergen Khusus

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Cara merawat dan membersihkan karpet dapat dilakukan dengan mencuci menggunakan deterjen cair khusus, sehingga tidak merusak atau merubah warna dan tekstur pada karpet.

Cukup gosok lapisan karpet dengan lembut terutama jika bahan utama karpet berasal dari bulu sintetis atau wol yang mudah rontok. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan sedikit cairan atau deterjen khusus untuk pembersih noda. Kemudian diamkan sejenak dan sikat dengan lembut untuk menghilangkan noda yang melekat pada karpet. 

 

4 dari 8 halaman

Hindari Bahan yang Berpotensi Merusak Lapisan Karpet

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Karpet adalah investasi yang membutuhkan perawatan khusus agar tetap indah dan tahan lama. Oleh karena itu penting bagi pemilik rumah untuk mengetahui cara merawat dan membersihkan karpet dengan menghindari penggunaan bahan yang berpotensi untuk merusak lapisan karpet.

Bahan kimia keras seperti amonia atau pemutih berbasis klorin dapat merusak dan mengubah warna karpet hingga luntur. Cukup gunakan pembersih atau pemutih karpet yang aman untuk digunakan dan tidak merusak warna atau lapisan serat pada karpet. 

 

5 dari 8 halaman

Jangan Abaikan Munculnya Noda pada Area Karpet

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Karpet menjadi area yang selalu terpapar debu atau kotoran dalam rumah. Oleh karena itu, jangan abaikan munculnya noda pada area karpet agar tidak membandel hingga sulit dibersihkan.

Cara merawat dan membersihkan karpet dengan membersihkan noda secara rutin dapat membuat karpet lebih awet dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Coba manfaatkan penggunaan bahan pembersih yang aman seperti campuran air, sabun detergen khusus karpet dan baking soda. Gunakan roller pembersih karpet untuk membersihkan debu atau bulu-bulu hewan peliharaan. 

 

6 dari 8 halaman

Hindari Lapisan Karpet dengan Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan perubahan warna hingga merusak serat pada lapisan karpet. Cobalah untuk menempatkan karpet di area yang minim terpapar sinar matahari secara langsung seperti di dekat jendela atau pintu yang sering terbuka.

Pasang tirai atau gorden berwarna terang untuk memantulkan paparan sinar matahari. Penggunaan gordon dapat membantu mengurangi dampak perubahan warna pada karpet, sehingga cocok untuk dijadikan cara merawat dan membersihkan karpet dengan efektif. 

 

7 dari 8 halaman

Letakkan Karpet pada Ruangan yang Bersih

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Kebersihan karpet pada suatu ruangan sangat penting untuk menjaga estetika maupun keindahan dari karpet itu sendiri. Sebelum memasang karpet, pastikan permukaan lantai telah bersih dari debu atau kotoran. Hindari meletakkan karpet di area yang rentan terhadap tumpahan atau kebocoran seperti sekitar meja atau ruang dapur.

Hal ini dapat mencegah munculnya noda membandel yang sulit dibersihkan. Lakukan pembersihan karpet secara rutin menggunakan vakum agar tidak menjadi sarang debu atau kotoran. 

 

8 dari 8 halaman

Jemur secara Teratur

Cara Merawat dan Membersihkan Karpet

Cara merawat dan membersihkan karpet yang terakhir adalah menjemurnya secara teratur mungkin seminggu selama seminggu sekali. Hal ini dapat meminimalisir munculnya kutu atau tungau yang menempel pada permukaan karpet, agar tidak membahayakan kesehatan kulit anak kecil.

Sebelum menjemur karpet, pastikan untuk menebas lapisannya dengan rotan atau sapu lidi agar debu-debu yang menempel tersembunyi pada karpet dapat berkurang. Cukup jemur di luar ruangan selama kurang lebih satu jam, untuk meminimalisir lunturnya warna pada karpet. 

Itulah delapan cara merawat dan membersihkan karpet yang dapat dilakukan untuk menjaga nilai estetika dari karpet dan menjaga keawetan dari serat atau warna karpet. Pastikan untuk membersihkannya secara rutin agar tidak menjadi sarang berkumpulnya noda atau kotoran yang membandel. Semoga bermanfaat!

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar