9 Cara Efektif Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Jumat, 10 Mei 2024 14:05
9 Cara Efektif Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah
Sering kali kita tidak tahu jika atap rumah telah menjadi sarang kelelawar.

Ada banyak cara untuk mengusir kelelawar yang hinggap atau bersarang di atap rumah. Seperti kita tahu, kelelawar merupakan hewan nokturnal yang akan aktif di malam hari. Saat malam hari, ketika kamu tertidur pulas, kelelawar akan aktif untuk mencari makan hingga tempat tinggal baru. Maka dari itu, kamu tidak akan tahu jika kelelawar bersarang di atap rumah karena dilakukan saat malam hari.

Ada banyak hal negatif yang bisa kamu terima ketika kelelawar sudah bersarang di atap rumah. Dari segi kesehatan, kelelawar yang bersarang di atap rumah dapat memancing berbagai parasit untuk ikutan hinggap Selain itu, kelelawar yang bersarang di atap juga mampu merusak struktur bangunan rumah.

Mau tidak mau, kalau kelelawar sudah bersarang di atap rumah, kamu perlu mengusirnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelelawar yang bersarang di atap rumah. yuk disimak guys.

1 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Minyak Kayu Putih

Minyak ekaliptus atau minyak kayu putih memiliki rasa yang bikin panas dan bau aromatik yang menyengat. Bau ini akan mengganggu sistem penciuman kelelawar.

Sebarkan minyak kayu putih di sekitar rumah, terutama bagian atap. Cara ini terbilang gampang untuk dilakukan karena minyak kayu putih bisa kamu temukan dengan mudah di mana saja.

cara usir kelelawar dari atap rumah© shutterstock.com

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Kayu Manis

Kayu manis juga merupakan rempah yang memiliki bau khas yang kuat. Kelelawar tidak menyukai pohon kayu manis karena baunya yang kuat atau strong.

Nah, kamu bisa nih letakkan kayu manis di ruangan yang dimasuki oleh kelelawar seperti atap rumah. Kamu juga bisa bikin cairan yang diisi oleh bubuk kayu manis lalu semprotkan di atap rumah atau tempat kelelawar bersarang.

2 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Kapur Barus

Bola-bola putih yang menyengat ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengusir kelelawar. Tidak hanya mengusir, kapur barus juga dapat menjaga rumahmu aman dari kedatangan kembali para kelelawar. Kamu hanya perlu mengikatnya dengan kain dan gantung di tepat mereka membuat sarang seperti atap pada rumahmu.

cara usir kelelawar dari atap rumah© shutterstock.com

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Terasi

Terasi juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir kelelawar lho. Kelelawar tidak menyukai bau-bauan yang menyengat. Salah satu bau yang menyengat yang bisa kamu coba untuk dipakai sebagai cara mengusir kelelawar di rumah adalah terasi. Caranya cukup mudah, cukup tempatkan beberapa potong terasi di tempat yang dihinggapi atau spot di mana kelelawar membuat sarangnya.

3 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Semprotan Serangga

Semprotan seranggay nag memiliki bau menyengat juga efektif dalam mengusir kelelawar dari atap rumah. Semprotkan pembasmi serangga ke arah tempat hinggapnya kelelawar. Wanginya yang menyengat dapat membuat kelelawar pusing dan tak tahan hingga kabur dari rumahmu.

cara usir kelelawar dari atap rumah© shutterstock.com

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Suara Ultrasonik

Suara ultrasonik dianggap ampuh untuk mengusir kelelawar. Gelombang ultrasonik adalah suara dengan frekuensi di atas 20.000 Hz, sehingga tidak dapat ditangkap oleh pendengaran manusia.

Kelelawar menggunakan ultrasonik untuk bernavigasi. Apabila gelombang ultrasonik ini terganggu oleh suara lain, maka kelelawar tidak dapat berkomunikasi dengan yang lain dan membuat pendengarannya terganggu.

Memutarl suara gelombang ultrasonik adalah cara mengusir kelelawar dari atap rumah yang cukup efektif. Alat gelombang ultrasonik dapat kamu temukan di e-commerce atau beberapa channel youtube yang menyediakan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Disemprot Air

Kelelawar merupakan hewan nokturnal yang akan tidur selama pagi hingga sore hari. Di momen inilah kelelawar tidak berdaya dan bisa kamu ganggu. Ganggu tidur siang kelelawar tersebut dengan Disemprot Pakai Air.

Caranya cukup mudah, semprotkan air ke arah kelelawar yang bersarang di atap rumah saat mereka tidur pada siang hari. Lakukan ini beberapa hari berikutnya sampai sarang di atap rumahmu rusak. Namun, kamu juga perlu memperhatikan apakah atap rumahmu aman jika terkena banyak air.

cara usir kelelawar dari atap rumah© shutterstock.com

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Lampu Terang

Selain bau yang menyengat, kelelawar juga tidak menyukai yang namanya lampu terang. Dengan memasang lampu di atap rumah akan membuat kelelawar tidak nyaman untuk bersarang di sana. Arahkan lampu terang ke kelelawar yang sedang tidur.

5 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kelelawar dari Atap Rumah dengan Menutup Celah

Cara terakhir yaitu tutup celah pada atap rumah agar tidak bisa lagi menjadi akses kelelawar untuk masuk. Tutup celah di atap rumah tersebut pada malam hari ketika kelelawar sedang mencari makan. Jika tetap ingin ada ventilasi, kamu bisa memasang kawat atau jaring untuk menutup celah tersebut agar tidak bisa dilewati oleh kelelawar.

cara usir kelelawar dari atap rumah© shutterstock.com

Itulah beberapa cara mengusir kelelawar dari atap rumah yang bisa kamu coba. Semoga habis ini atap rumahmu terbebas dari kelelawar ya Diazens.

Beri Komentar