8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Kecil yang Simpel Tapi Bisa Sulap Ruangan Jadi Lebih Luas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 21 Juni 2024 19:03
8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Kecil yang Simpel Tapi Bisa Sulap Ruangan Jadi Lebih Luas
Coba jadikan ide-ide dekorasi ruang tamu kecil yang bagus dan menawan di sini sebagai inspirasi untuk merombak rumahmu!

Dekorasi ruang tamu kecil memang seringkali buat kita jadi pusing karena sangat tricky. Salah-salah kita malah membuat ruangan jadi terlihat sumpek atau terlihat lebih kecil. Karena itu, artikel ini akan bantu memberikan tips dan trik yang bisa kamu ikuti dengan mudah untuk menyulap ruang tamu yang kecil jadi terasa lebih leluasa!

Trik pertama dalam dekorasi ruang tamu kecil adalah untuk memilih palet warna yang tepat, seperti warna-warna netral atau cenderung dingin dengan gradient yang cerah karena bisa bantu merefleksikan cahaya dan membuat ruangan jadi tampak lebih terbuka dan luas. Warna beige, abu-abu, atau biru langit adalah beberapa warna bagus yang bisa kamu pilih.

Pemilihan perabotan juga harus dilakukan dengan cermat, seperti mempertimbangkan ukuran yang tepat alias tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan lupa untuk memerhatikan tata letak perabotan supaya menyisakan ruang gerak yang cukup dan tidak memenuhi ruang tamu. Kamu juga bisa tambahkan cermin hias karena bisa bantu merefleksikan cahaya dan membuat ruangan jadi terlihat lebih besar. Nah, karena kamu sudah tahu tips dan triknya, yuk cek beberapa ide dekorasi ruang tamu kecil yang bagus di bawah ini!

 

1 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Aesthetic

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/Leonie Hattingh

Ide dekorasi ruang tamu kecil yang pertama adalah dekorasi yang didominasi warna putih dan earthy tone serta memiliki penampilan yang terang. Walaupun berukuran kecil, dekorasi yang cerah dan hangat bisa ciptakan suasana yang lega dan hangat.

Karena ukuran ruangannya tidak terlalu besar, dekorasi ruang tamu kecil ini menggunakan satu sofa berwarna terang dan satu meja tamu dengan warna sama. Untuk menambahkan dimensi pada ruangan, kamu juga bisa tambahkan karpet bulu bermotif atau rak berwarna cerah.

 

2 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Minimalis Modern

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/Praha Bestari

Gaya minimalis modern adalah andalan favorit untuk dekorasi ruang tamu kecil karena bisa dengan mudah dipadu pasangkan serta tidak mudah untuk gagal! Biasanya, warna putih dan abu-abu adalah perpaduan warna yang sering digunakan untuk gaya ini dan juga digemari banyak orang!

Supaya tidak terasa sepi karena penggunaan perabotan yang minim, kamu bisa lengkapi dekorasi ruang tamu kecil ini dengan rak yang cantik atau lampu ruangan yang menawan. Beberapa pot tanaman hias juga bisa bantu buat suasana ruangan jadi lebih segar.

 

3 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Ukuran 2x2

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/Praha Bestari

Ide dekorasi ruang tamu kecil yang selanjutnya adalah dekorasi yang sangat cozy dan hasil penggabungan setiap elemen yang kamu sukai, seperti tanaman hias atau hiasan dinding yang menarik. Perpaduan tekstur juga tetap terlihat harmonis karena masih bermain dalam palet warna yang sama.

Mengisi kekosongan dekorasi ruang tamu kecil ini, ada juga TV yang meningkatkan fungsionalitas ruang tamu sehingga bisa digunakan juga sebagai ruang keluarga. Cocok sekali untuk kamu yang memiliki hunian kecil!

 

4 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Ala Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/Cory Coriano

Menggunakan konsep yang menarik untuk jadi dekorasi ruang tamu kecil juga tentu saja bisa kamu lakukan dengan mudah, loh! Kamu bisa gunakan perabotan-perabotan dengan material mentah seperti kayu atau detail besi-besi berwarna hitam.

Supaya tidak terlalu terlihat suram, kamu bisa tambahkan cat berwarna vibrant yang tidak netral pada satu sisi dinding. Melengkapi dekorasi ruang tamu kecil, lukisan abstrak yang tidak terlalu ramai bisa bantu membuat dinding ruang tamu jadi terlihat lebih lebar.

 

5 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Outdoor

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/chimunks

Kalau sudah tidak ada ruang lagi di dalam rumah, ide dekorasi ruang tamu kecil yang satu ini bisa jadi inspirasi! Walaupun masih jarang diadaptasi, mengadaptasi tema ruang tamu outdoor adalah alternatif yang menyegarkan dan memberikan suasana baru pada rumah.

Kamu bisa buat area permanen dengan pondasi semen dan menghiasnya dengan konsep yang sedang tren, seperti gaya minimalis ala kafe ini. Kemudian, tinggal tambahkan meja kecil yang manis dan dekorasi ruang tamu kecil pun tinggal disempurnakan dengan hiasan-hiasan kecil!

 

6 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Gaya Vintage

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/laurenritatodd ·

Gaya vintage juga merupakan ide dekorasi ruang tamu kecil yang sedang banyak digemari oleh orang-orang karena suasananya yang unik dan menarik serta bisa memberikan rasa hangat yang penuh nostalgia.

Tidak perlu sampai menggunakan perabotan tua untuk melengkapi dekorasi ruang tamu kecil khas vintage, kamu bisa gunakan perabotan kayu atau rotan untuk tampilan old school. Warna coklat tua dan detail hiasan yang bergaya kuno atau tradisional supaya suasana yang tericipta semakin sempurna!

 

7 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/Ivy

Ide dekorasi ruang tamu kecil yang menyatu dengan ruang makan? Berukuran kecil dan sempit? Tenang saja karena kamu bisa gunakan ide dekorasi yang sangat sederhana. Fokus pada penggunaan tekstur dan motif pada detail hiasan untuk meramaikan tampilan ruang tamu.

Dengan itu, kamu bisa gunakan seminim mungkin perabotan dan menyisakan banyak ruang untuk bergerak sehingga ruangan tetap terasa luas. Jangan lupa juga untuk isi dekorasi ruang tamu kecil ini dengan pencahayaan yang pas supaya tidak sumpek!

 

8 dari 8 halaman

Dekorasi Ruang Tamu Kecil Simpel Modern

Dekorasi Ruang Tamu Kecil© Pinterest/sarahleaop

Ide dekorasi ruang tamu kecil yang terakhir adalah dekorasi bergaya modern yang simpel tapi bisa meramaikan suasana dengan kadar yang sangat tepat! Gunakan sofa berwarna vibrant yang mencolok untuk dijadikan focal point dari ruang tamu dan menetapkan suasana yang ceria dan menyenangkan pada ruangan.

Setelah itu, kamu juga bisa memajang berbagai lukisan yang menurutmu bagus dan bisa menambah unsur estetika dari dekorasi ruang tamu kecil ini. Tidak lupa tanaman-tanaman hias yang manis supaya ruangan bisa terasa segar sepanjang hari.

Itulah beberapa ide dekorasi ruang tamu kecil yang bisa dengan mudah kamu ikuti di rumah serta mengubah penampilan ruang tamu jadi lebih menawan dan lega. Gimana menurutmu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar