8 Inspirasi Desain Eksterior Rumah Minimalis, Serba Kekinian dan Nggak Bikin Bosan saat Dilihat

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 16 November 2023 21:08
8 Inspirasi Desain Eksterior Rumah Minimalis, Serba Kekinian dan Nggak Bikin Bosan saat Dilihat
Mempercantik tampilan rumah dapat dilakukan dengan cara yang mudah, dimulai dengan memilih desain eksterior rumah minimalis.

Desain eksterior rumah minimalis menjadi hal pertama yang dilihat saat mengunjungi sebuah rumah. Desain eksterior jadi hal yang penting untuk dipertimbangkan karena merupakan representasi dari identitas penghuni rumah. Dengan memiliki rumah yang indah pada bagian depannya, pastinya juga akan membuat pengunjung atau tamu terpesona dengan rumahmu.

Desain eksterior tidak harus selalu berkaitan dengan hal-hal yang serba mewah, tetapi juga bisa mengusung tampilan yang sederhana. Kesederhanaan dapat mengantarkan pemilik rumah untuk memiliki hunian yang bikin betah dengan suasana nyaman sekaligus punya tampilan yang cantik. 

Yuk, intip desain eksterior rumah minimalis berikut ini yang bisa kamu tiru dengan mudah.

1 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis Aksen Kayu

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Kayu merupakan material bangunan yang banyak disukai oleh pemilik rumah. Untuk keunggulannya, kayu dianggap sebagai salah satu material yang cukup kuat karena memiliki serat yang tebal dan padat. Untuk pengerjaannya pun tergolong cepat karena sifat materialnya yang mudah dalam membentuk dekorasi maupun furnitur rumah seperti jendela, pintu hingga panel dinding. 

Kayu merupakan pilihan terbaik untuk menjaga keawetan dari eksterior pada rumah. Hanya saja, material ini membutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala demi menjaga kelembapannya.

2 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis dengan Warna Putih

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Memilih cat rumah dengan warna putih jadi salah satu cara yang bisa membuat rumah jadi terasa mewah, meskipun memiliki halaman yang sempit. Warna putih dianggap sebagai warna dasar yang sangat mudah untuk diaplikasikan ke berbagai konsep rumah. Dengan warna putih, rumah juga akan terkesan indah dan nyaman untuk dipandang. 

Hanya saja, penghuni rumah terkadang merasa bosan dengan tampilan dari cat warna putih yang terlalu polos. Untuk itu, dekorasi berupa tanaman bisa jadi solusi yang membuat suasana rumah jadi terasa segar serta sejuk di sekitarnya.

3 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis dengan Dinding Kaca

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Dinding kaca adalah salah satu bagian eksterior rumah yang cukup populer di kalangan hunian minimalis saat ini. Pasalnya, dinding kaca dapat membuat ilusi halaman rumah jadi terasa luas tanpa harus menambahkan lahan baru di sekitar area rumah, dibandingkan dengan menggunakan tembok yang terkesan terbatas. 

Meskipun harga dinding kaca ini bisa terbilang cukup mahal, tetapi perawatan yang dibutuhkan untuk material ini sangatlah praktis dilakukan. Hanya dengan menggunakan pembersih kaca dan lap saja, noda dan debu yang menempel di dinding kaca akan mudah hilang. 

Dengan sifatnya yang transparan, sinar matahari juga jadi lebih mudah untuk menembus bagian dalam rumah sehingga bisa menghemat energi listrik saat di siang hari.

4 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis dengan Pagar

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Menambahkan pagar di rumah bukan hanya untuk mempercantik tampilan rumah saja, tetapi juga memiliki fungsi yang baik untuk melindungi area sekitar rumah. Pagar membantu menjaga privasi penghuni rumah sekaligus sebagai penanda dalam membatasi lahan tetangga dan milik pribadi.

Ada berbagai jenis pagar yang bisa kamu pilih untuk dipasang di rumah, yakni seperti pagar laser cutting ataupun pagar minimalis yang seperti ini. Pagar laser cutting biasanya didesain dengan memiliki motif yang cenderung ramai, sementara pagar minimalis menonjolkan garis-garis lurus yang mempertegas tampilan arsitektur rumah.

5 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis dengan Batu Alam

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Menambahkan eksterior rumah dengan batu alam sering kali diremehkan oleh sebagian orang karena dianggap memiliki kesan yang kuno terhadap tampilan rumah. Padahal, batu alam juga bisa dijadikan sebagai material bangunan yang bisa menawarkan keistimewaan untuk menonjolkan daya tarik penampilan rumah secara natural. 

Batu alam dianggap sebagai salah satu material ramah lingkungan yang bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Memasang batu pada eksterior rumah dapat menjadikan rumah memiliki perlindungan secara optimal karena dibantu oleh sifat materialnya yang cukup kuat terhadap kondisi cuaca ekstrem.

6 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis Ala Jepang

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Memiliki rumah bergaya Jepang artinya turut menerapkan konsep arsitektur minimalis. Fasad dari rumah Jepang dicirikan dengan kehadiran jendela rumah yang tidak terlalu sering ditonjolkan.

Selain itu, pintu rumah ala Jepang juga menggunakan desain berjenis pintu geser dibandingkan dengan pintu dorong yang umumnya digunakan pada rumah. Kebanyakan rumah ala Jepang juga didominasi oleh bahan kayu demi menjaga tampilan rumah yang terkesan hangat dan elegan.

7 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis dengan Warna Hitam

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Warna hitam merupakan salah satu warna dasar favorit bagi kebanyakan orang. Rumah yang menerapkan warna hitam di bagian depannya memberikan efek tampilan rumah jadi terasa kuat dan menonjol. 

Namun, beberapa orang menganggap jika warna cat rumah hitam merupakan warna gelap yang bisa menimbulkan kesan misterius dan menyeramkan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengkombinasikan sentuhan warna yang masih cocok untuk diaplikasikan bersama warna hitam seperti warna abu-abu ini.

8 dari 8 halaman

Desain Eksterior Rumah Minimalis Ala Japandi

Desain Eksterior Rumah Minimalis

Japandi merupakan kombinasi dari desain arsitektur rumah Jepang dan Skandinavia yang telah hadir sejak 2017. Gaya ini mengambil filosofi konsep wabi-sabi dan lagom. Wabi-sabi diartikan sebagai keindahan pada ketidaksempurnaan, sementara makna lagom dianggap sebagai gaya hidup yang seimbang.

Gaya Japandi mengusung pemilihan warna cat rumah yang tidak terlalu mencolok dan tidak menggunakan eksterior rumah yang terkesan berlebihan. Kehadiran gaya Japandi memberikan tampilan rumah jadi terasa nyaman untuk dihuni. 

Itulah desain eksterior rumah minimalis yang punya tampilan memesona. Jangan disepelekan, pertimbangan dalam menentukan eksterior rumah yang tepat nyatanya dapat berpeluang sebagai investasi yang bisa meningkatkan harga jual rumah di masa depan lho. Tertarik dengan desain yang mana nih?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar