7 Ide Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC, Beneran Bisa Adem Sepanjang Hari!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 30 Mei 2024 16:36
7 Ide Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC, Beneran Bisa Adem Sepanjang Hari!
Temukan desain model rumah yang sejuk tanpa AC di sini!

Model rumah yang sejuk tanpa AC adalah salah satu model rumah yang banyak dicari oleh masyarakat yang hidup di negara beriklim tropis, apalagi Indonesia. Ada banyak tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun rumah dengan model yang sejuk sepanjang hari tanpa harus menggunakan AC di berbagai ruangan dalam rumah.

Beberapa tips untuk model rumah yang sejuk tanpa AC yang bisa kamu ikuti dengan mudah adalah membuat ruang terbuka di dalam rumah, gunakan banyak bukaan di rumah (jendela atau pintu) untuk ciptakan ventilasi silang, pilih bahan atap yang tepat, buat atap rumah jadi lebih tinggi, letakkan banyak tanaman atau air di dalam rumah, dan gunakan jenis jendela rangkap atau kaca film.

Tips-tips di atas tentunya bisa kamu ikuti dengan mudah tanpa harus menambah budget atau melakukan renovasi besar-besaran. Nah, selain mengikuti tips dan trik yang mudah, desain yang cantik juga perlu kamu pilih supaya rumah tetap enak dilihat dan adem sepanjang hari. Dalam artikel ini, ada berbagai desain model rumah yang sejuk tanpa AC untuk kamu jadikan inspirasi. Yuk, cek di bawah ini, Diazens!

1 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Mezzanine

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Lets Neves

Ide model rumah yang sejuk tanpa AC pertama adalah rumah dengan 1,5 lantai atau menggunakan konsep mezzanine untuk membelah lantai rumah dan menciptakan 1 lantai dengan plafon yang tinggi. Selain itu, biasanya penggunaan konsep mezzanine ini juga dibarengi dengan dinding kaca terbuka.

Gaya desain ini bisa menciptakan model rumah yang sejuk tanpa AC karena sirkulasi udara yang lebih lancar. Ide desain yang satu ini bisa kamu gunakan kalau rumahmu hanya menghadap ke satu arah yang cocok untuk aliran udara dan sinar matahari sehingga tidak perlu lagi menggunakan jendela yang banyak.

 

2 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Semi Outdoor

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Narelle Dunn

Bisa dilihat dari konsepnya yang semi outdoor, desain ini masuk ke dalam kategori model rumah yang sejuk tanpa AC karena angin sejuk bisa dengan mudah masuk dan keluar dari rumah. Tidak hanya angin, hawa yang sejuk juga bisa dengan mudah bermukim di dalam rumah.

Dengan desain ini, model rumah yang sejuk tanpa AC bisa kamu buat dengan simpel dan sederhana tanpa harus ada tambahan budget atau desain yang dibuat secara khusus.

3 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Taman

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Koii Vorapimol

Taman di dalam rumah juga merupakan salah satu model rumah yang sejuk tanpa AC yang banyak diadaptasi orang-orang karena bisa dengan mudah dibuat sendiri. Kamu hanya perlu sedikit atap yang semi terbuka, baik terbuka secara full atau menggunakan atap transparan, dan sedikit lahan sisa untuk dijadikan taman kecil.

Taman basah maupun kering bisa bantu menyejukkan suasana rumah, loh! Model rumah yang sejuk tanpa AC ini tentunya merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang sudah membangun rumah dari lama supaya tidak perlu renovasi besar-besaran.

 

4 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Lantai Semen

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Andybirnstiel

Kenapa lantai semen bisa masuk ke dalam kategori model rumah yang sejuk tanpa AC? Lantai semen yang sudah dipoles adalah tidak banyak menyerap panas tanah dan panas kaki kita sehingga bisa terasa adem dan sejuk sepanjang hari.

Selain karena masuk ke model rumah yang sejuk tanpa AC, lantai semen juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu tidak mudah rusak dan tahan dengan benturan! Tentu saja, dibandingkan dengan keramik yang rentan pecah saat terkena panas, lantai semen adalah pilihan yang bagus!

 

5 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Plafon Tinggi

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/moonjns

Salah satu model rumah yang sejuk tanpa AC yang merupakan favorit banyak orang adalah rumah dengan plafon tinggi. Kenapa rumah dengan plafon atau atap yang tinggi bisa jadi lebih sejuk dari rumah kebanyakan?

Karena plafon yang tinggi menciptakan ruang yang lebih luas dan besar daripada desain yang biasa sehingga udara yang tertampung pun lebih banyak. Dengan tambahan jendela yang banyak, ventilasi pun jadi lebih lancar dan rumah jadi terasa lebih sejuk!

 

6 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Konsep Urban Jungle

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Dawn Mixon Bennett

Urban jungle juga merupakan konsep yang cocok untuk model rumah yang sejuk tanpa AC karena konsep ini menciptakan suasana rumah yang asri dan segar. Perpaduan pas antara taman dalam rumah dan gaya desain modern minimalis bisa bantu rumahmu jadi lebih segar.

Mengadaptasi konsep urban jungle pun sangatlah mudah dibandingkan beberapa model rumah yang sejuk tanpa AC yang lain, loh! Kamu hanya perlu memadukan tanaman yang banyak dengan berbagai detail elemen modern di rumah.

 

7 dari 7 halaman

Desain Model Rumah Dengan Banyak Jendela

Desain Model Rumah yang Sejuk Tanpa AC© Pinterest/Andybirnstiel

Ide model rumah yang sejuk tanpa AC yang terakhir adalah rumah dengan banyak jendela berukuran sedang sampai besar di sekeliling rumah. Hanya dengan membuat bukaan yang banyak di dinding rumah, kamu bisa memperlancar jalan sirkulasi angin dari dalam dan keluar rumah.

Tidak perlu banyak detail lainnya, model rumah yang sejuk tanpa AC yang satu ini hanya perlu ada banyak bukaan, seperti jendela dan pintu di ketinggian yang sama untuk ventilasi.

Itulah beberapa desain untuk model rumah yang sejuk tanpa AC. Tidak banyak yang susah diikuti bukan, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar