Instagramable, Ini 8 Ide Desain Ruang Tamu Bohemian yang Cantik dan Aesthetic!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 20 Mei 2024 22:36
Instagramable, Ini 8 Ide Desain Ruang Tamu Bohemian yang Cantik dan Aesthetic!
Jadikan desain ruang tamu Bohemian yang aesthetic ini sebagai inspirasi untuk menyambut tamu dengan meriah!

Desain ruang tamu  Bohemian adalah salah satu gaya desain ruang tamu yang sedang jadi tren karena nuansanya yang unik dan menarik, tetapi simpel dan santai di saat yang bersamaan. Meskipun dulu seringkali dianggap sebagai salah satu gaya desain yang berlebihan dan terlihat berantakan, gaya Bohemian sebenarnya memiliki esensi kesederhanaan dan dengan unsur estetika yang tinggi dan menawan.

Ciri khas yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat ruang tamu Bohemian adalah memadukan unsur-unsur dari berbagai budaya dengan warna-warna yang berani. Berbagai pola dan tekstur yang sangat beragam dan kontras pun bisa kamu padukan untuk menghiasi ruang tamu di rumahmu dengan penampilan yang meriah dan menarik. 

Warna-warna yang identik dengan gaya Bohemian adalah warna coklat, marun, hijau tua, dan warna deep yang bervariasi. Desain ruang tamu Bohemian juga biasanya memanfaatkan sinar matahari alami untuk menyinari ruangan dan warna deep khas Bohemian pun jadi terlihat lebih menyala.

Berikut ini ada beberapa ide desain ruang tamu Bohemian yang bisa kamu jadikan acuan atau inspirasi dalam melengkapi ruang tamu di rumahmu!

 

1 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Dengan Sentuhan Tradisional

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/Rinku Singh

Ide desain ruang tamu Bohemian yang pertama adalah ruang tamu berdesain vintage tradisional yang ditata dengan gaya ala Bohemian. Menggunakan berbagai motif untuk gorden, bantal kursi, dan karpet, desain ruang tamu ini tidak terlihat terlalu ramai karena mengimbangkannya dengan perabotan yang polos.

Tidak perlu pusing juga memikirkan pola-pola dan motif supaya terlihat matching, karena esensi dari Bohemian sendiri yang mengedepankan rasa artistik tanpa adanya batasan. Gunakan banyak perpaduan warna yang vibrant tanpa takut tidak cocok akan menciptakan penampilan yang berani!

 

2 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Aesthetic

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest

Ingin desain ruang tamu Bohemian yang tidak terlalu ramai? Tentu saja ada juga, kok! Menggunakan warna yang lebih terang sebagai warna utama untuk perabotan dan dinding, kamu tinggal melengkapi ruang tamu dengan berbagai detail yang lebih berwarna dan bermotif.

Karpet motif berwarna merah adalah salah satu ciri khas ruang tamu Bohemian yang banyak digunakan oleh orang-orang karena simpel dan bisa bantu memberikan karakter pada ruang tamu. Untuk menambahkan warna, kamu juga bisa gunakan berbagai tanaman hias!

 

3 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Ala Rustic

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/Lilla Mraz

Ada banyak juga desain ruang tamu Bohemian yang mengadaptasi konsep ala rustic karena penggunaan material alam yang terlihat cocok dengan motif-motif khas Bohemian. Ciri khas penggunaan kayu dan banyaknya tanaman ala rustic dipadukan dengan berbagai motif, tekstur, dan warna yang beragam khas gaya Bohemian.

Desain ruang tamu Bohemian ini cocok untuk kamu yang sudah menggunakan gaya industrial atau rustic untuk keseluruhan rumah. Kelebihan dari desain ini adalah kamu tidak perlu memerhatikan secara lebih komposisi dari elemen yang digunakan karena sedikit kemungkinannya untuk terlihat tidak cocok!

 

4 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Aesthetic

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/Briana Langosh

Walaupun desain ruang tamu Bohemian ini terlihat sederhana, pemilihan detail-detail yang tepat dan penuh dengan sense membuatnya terlihat aesthetic dan terasa nyaman. Desain ini menggunakan warna merah dan coklat sebagai warna utama yang memberikan kesan hangat.

Perabotan berbahan kayu adalah pilihan yang paling tepat untuk desain ruang tamu Bohemian ini karena bisa bantu menyatukan semua warna dan motif yang digunakan. Kamu bisa tambahkan detail-detail kecil, seperti hiasan makrame dan kain motif penutup sofa untuk penampilan ruang tamu yang lebih aesthetic! 

 

5 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Minimalis

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest

Desain ruang tamu Bohemian ini tidak menggunakan banyak motif dan permainan warna supaya penampilan yang dihasilkan lebih minimalis dan semi formal. Desain ini mungkin cocok untuk kamu yang lebih suka penampilan yang rapi dan teratur.

Supaya tetap terlihat minimalis, memang jumlah detail motif yang kamu gunakan baiknya lebih sedikit daripada desain lainnya. Namun, kamu bisa bermain pada warna perabotan. Desain ruang tamu Bohemian ini menggunakan warna merah atau warna mencolok lainnya dan memadukannya dengan warna lainnya untuk mempertahankan nuansa artistik ala Bohemian.

 

6 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Sederhana

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/ana

Tidak ingin effort yang terlalu banyak untuk membuat desain ruang tamu Bohemian? Tentu saja bisa, dong! Ada tips yang bisa kamu aplikasikan saat sedang memilih perabotan dan detail untuk mengisi ruang tamu.

Kamu bisa bebas memilih sebanyak apapun motif untuk detail kain yang akan dipajang pada ruang tamu, seperti karpet, gorden, sarung bantal kursi, atau hiasan dinding. Sedangkan untuk perabotan, pilihlah yang polos dan warna yang berbeda. Dengan ini, desain ruang tamu Bohemian yang sederhana dan harmonis bisa kamu buat dengan mudah!

 

7 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Modern

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/ana

Desain ruang tamu Bohemian yang selanjutnya adalah adaptasi gaya Bohemian pada ruang tamu dalam rumah bergaya modern. Kalau rumahmu menggunakan gaya modern yang minimalis, kamu bisa lebih all out untuk menghias ruang tamu.

Karena perabotan pada desain ruang tamu Bohemian ini full modern dan berwarna netral, kamu bisa isi  ruang tamu dengan banyak detail berwarna mencolok dan motif yang meriah. Mulai dari karpet, lukisan dinding, sarung bantal, sampai hiasan gantung di atap ruang tamu adalah pasangan yang pas untuk perabotan yang modern supaya tidak terlihat membosankan.

 

8 dari 9 halaman

Ruang Tamu Bohemian Meriah

Desain Ruang Tamu Bohemian© Pinterest/loyenl

Desain ruang tamu Bohemian yang terakhir adalah desain yang aesthetic dan meriah tanpa ada batasan warna dan motif yang menyenangkan. Karpet bulu bermotif, sarung bantal dengan motif random, dan tanaman hias ramai mengisi ruang tamu ini.

Walaupun terlihat sedikit chaos, desain ruang tamu Bohemian ini tetap menggunakan warna utama supaya tetap enak untuk dilihat. Warna coklat bercampur oranye adalah warna aman khas Bohemian yang bisa dengan mudah kamu padukan dengan berbagai warna dan motif lainnya!

 

Beri Komentar