8 Ide Desain Ruangan Rumah Jungalow, Perpaduan Menarik untuk Hunian yang Aesthetic dan Anti Mainstream!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 5 Juni 2024 20:08
8 Ide Desain Ruangan Rumah Jungalow, Perpaduan Menarik untuk Hunian yang Aesthetic dan Anti Mainstream!
Lagi cari desain rumah yang trendy, aesthetic, dan asri? Desain rumah jungalow bisa jadi pilihan yang paling tepat untuk jadi inspirasimu!

Desain rumah jungalow adalah desain yang awalnya dikembangkan oleh seorang blogger, Justina Blakeney. Desain ini mendorong penggabungan antara desain yang bebas dan cenderung tidak teratur. Kesan sembrono dan liar juga merupakan ciri khas dari gaya desain ini yang sesuai dengan nama jungalow itu sendiri yang merupakan gabungan dari kata jungle dan bungalow. Selain itu, gaya desain ini juga beririsan dengan desain urban jungle yang memadukan banyak tanaman di dalam rumah sebagai salah satu elemen utama hunian.

Perpaduan antara berbagai tanaman hias atau kesan alam dan dunia penuh corak dan tekstur adalah inti dari gaya desain rumah jungalow. Kamu bisa dengan bebas memadukan berbagai jenis motif dan pola dengan beragam tekstur, seperti kayu, bulu-bulu, jerami, dan lainnya. Beririsan dengan gaya Bohemian atau boho, konsep jungalow juga mendorong kamu untuk menggunakan unsur dari berbagai budaya, seperti native american, Meksiko, atau budaya pop yang vintage!

Dalam artikel ini. ada berbagai desain rumah jungalow yang sangat menarik dan mudah diikuti untuk kamu jadikan inspirasi. Pokoknya, jangan takut dalam menambahkan berbagai elemen dan warna pada desain rumahmu, ya! Nah, let’s check the designs below!

 

1 dari 8 halaman

Desain Ruangan Jungalow Minimalis

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Andréa Marques

Ide desain rumah jungalow yang pertama adalah desain yang minimalis dan bisa dengan mudah kamu ikuti tanpa harus merencanakan secara detail. Kamu hanya perlu memajang sebanyak mungkin tanaman hias yang kamu sukai dan sandingkan dengan perabotan berbagai warna dan tekstur.

Walaupun desain rumah jungalow juga identik dengan warna vibrant yang mencolok, kamu juga bisa buat yang lebih kalem dengan menggunakan 1 palet warna yang masih beragam dimensinya. Rajutan kain dan rotan juga bisa kamu gunakan sebagai tambahan tekstur. Tidak lupa juga motif atau pola yang meriah!

 

2 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Ruang Makan

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Scorpio

Ide desain rumah jungalow yang satu ini adalah desain yang sangat simpel dan cocok untuk dijadikan konsep ruang makan yang menarik. Daya tarik utama dari desain jungalow untuk ruang makan ini adalah tanaman hias yang beragam dan material kayu yang hangat dan mature.

Ide desain rumah jungalow ini tidak menggunakan banyak warna dan hanya mengandalkan berbagai warna kayu untuk perabotan. Supaya ruang makannya terlihat lebih hidup, karpet bermotif dan berbagai hiasan dinding yang menarik digunakan untuk menghiasi ruangan.

 

3 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow dengan Gaya Bohemian

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Ruusu

Karena banyak beririsan, kamu bisa menggabungkan desain rumah jungalow dengan gaya bohemian yang sangat menarik. Menggunakan warna hijau gelap dan tanaman hias yang memenuhi ruangan, desain ini juga terasa sangat asri dan meriah.

Karpet dan bantal dengan berbagai motif juga ikut memeriahkan desain rumah jungalow ini. Untuk kesan boho, dinding dengan detail terkelupas juga jadi salah satu daya tarik yang menarik dari desain ini. Walaupun ramai, desain ini tentunya tetap tertata dengan rapi!

 

4 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Ruang Tamu

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Pedro Pablo Martínez Pérez

Ide desain rumah jungalow untuk ruang tamu ini terasa lebih kalem dari desain yang sebelumnya. Untuk memberikan penampilan yang lebih balance dan dinamis, sofa beludru berwarna hijau gelap menjadi focal point dari ruang tamu ini.

Setelah memilih warna yang mencolok untuk sofa ruang tamu, kamu bisa hias sisa ruang tamu dengan konsep desain rumah jungalow seperti biasa. Menggunakan motif yang ramai, detail-detail dari kayu dan rotan, serta tanaman hias yang tidak boleh terlupakan!

 

5 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Kamar Tidur

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Paige Stacy

Ide desain rumah jungalow untuk kamar tidur pun jangan sampai terlewat! Supaya terasa lebih nyaman, gaya jungalow yang lebih minimalis dipilih untuk menghiasi kamar tidur. Perpaduan yang paling penting bisa kamu tentukan di warna dinding dan warna sprei kasur, loh!

Kalau ingin warna dinding yang lebih mencolok, kamu bisa pilih warna yang lebih kalem untuk spreinya. Kalau warna dindingnya netral dan lebih kalem, kamu bisa gunakan sprei dan hiasan dinding yang lebih ramai dan mencolok! Tidak lupa juga tanaman hias di seluruh penjuru kamar untuk kesan jungle!

 

6 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Lorong Simpel

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/B_Natalya_

Kalau rumahmu memiliki lorong, tentu saja ide desain rumah jungalow tidak boleh kamu lewatkan! Karena lorong adalah akses mobilitas dan pergerakan yang tinggi, tidak perlu hiasan yang merepotkan. Hal yang kamu butuhkan adalah detail yang menarik dan timeless.

Karpet motif ala Maroko berwarna merah bisa jadi focal point dari desain rumah jungalow untuk lorong ini. Hiasan dinding yang menarik dan unik juga tidak kalah penting untuk menghiasi lorong. Cermin berbagai bentuk dan hiasan handmade, seperti makrame atau rajutan yang manis adalah contoh hiasan yang bisa kamu gunakan!

 

7 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Balkon Meriah

Desain Ruangan Rumah Jungalow© Pinterest/Jan Merrell

Balkon rumah juga tentu saja tidak boleh luput dari ide desain rumah jungalow yang menarik. Desain yang lebih meriah bisa kamu gunakan untuk balkon karena ruangan yang terbuka tidak akan membuatnya jadi sumpek. Kamu juga bisa penuhi balkon dengan berbagai tanaman hias, mulai dari yang palsu sampai yang asli!

Ide desain rumah jungalow yang satu ini juga menggabungkan hiasan dari berbagai budaya yang menarik untuk digunakan, seperti bangku merah khas budaya Cina atau bantal dengan motif ala Mediterania. 

 

8 dari 8 halaman

Desain Rumah Jungalow Maksimalis

Desain Rumah Jungalow Maksimalis© Pinterest/Elfawna

 

Ide desain rumah jungalow yang terakhir adalah desain maksimalis yang meriah dan tentu saja anti mainstream! Dimulai dari dinding berwarna kuning mencolok dengan motif acak dan sofa warna mint yang sangat segar.

Ide desain rumah jungalow ini juga tidak melupakan tanaman hias yang banyak dan rimbun untuk mengisi ruang kosong pada ruangan. Karena desain ini menggunakan gaya modern, kamu bisa gunakan pola-pola yang lebih modern untuk menghiasi ruangan, seperti checkboard untuk karpet dan bantal kursi.

Itulah 8 desain rumah jungalow yang sangat menarik dan bisa dengan mudah kamu ikuti sendiri di rumah. Gimana menurutmu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar