8 Inspirasi Halaman Rindang Peneduh Rumah yang Simpel dan Asri

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 20 Mei 2024 20:00
8 Inspirasi Halaman Rindang Peneduh Rumah yang Simpel dan Asri
Cari inspirasi halaman rindang untuk suasana rumah yang lebih segar dan asri di sini!

Inspirasi halaman yang rindang adalah salah satu elemen rumah yang tidak hanya untuk memperindah penampilan rumah, melainkan juga untuk menciptakan ruangan yang menenangkan dan menyegarkan. Menyediakan tempat untuk bersantai dan healing di rumah juga merupakan investasi yang sangat menguntungkan untuk ke depannya karena bisa memberikan banyak manfaat dan meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Ada beberapa tips dan trik dalam inspirasi halaman rindang yang bisa kamu pelajari sebelum menata halaman, baik di bagian depan rumah atau di belakang rumah. Kamu bisa mulai dengan persiapkan lahan yang akan jadi halaman dan isi dengan rumput hijau dan berbagai tanaman. Sebisa mungkin isi halaman dengan berbagai jenis dan warna tanaman untuk menciptakan penampilan yang menarik dan dinamis.

Tidak lupa juga untuk mengisi halaman dengan berbagai elemen hardscape yang sekiranya akan kamu perlukan atau berbagai hal yang kamu sukai, seperti kursi taman, lampu taman, atau patung kecil untuk dekorasi yang manis. Aksen alam seperti batu-batuan atau air mancur juga bisa jadi pilihan yang bagus dan simpel!

Nah, ada banyak ide desain menawan yang bisa kamu jadikan untuk inspirasi halaman rindang di bawah ini. Let’s check it out!

 

1 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang Samping Rumah

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/Ana

Inspirasi halaman rindang yang pertama adalah halaman hijau di jalan samping rumah. Walaupun ada di samping rumah, jalan rindang yang tersambung dengan halaman depan atau belakang bisa jadi cara yang menarik untuk memaksimalkan lahan yang tersisa di rumah.

Daya tarik utama untuk inspirasi halaman rindang ini adalah jalan setapak yang rapi dan tanaman yang rimbun di bagian dinding luar rumah. Dinding hidup dan rumput yang hijau adalah pilihan yang paling tepat untuk mengisi kekosongan lahan di samping rumah!

 

2 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang dalam Rumah

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/Arisandi Sanderson

Inspirasi halaman rindang juga bisa diadaptasikan untuk ruang kosong di dalam rumah, loh! Tidak perlu menggunakan banyak elemen untuk mengisi kekosongan taman di dalam rumah, khususnya untuk kamu yang menggunakan gaya minimalis untuk interior rumah.

Inspirasi halaman rindang ini hanya memerlukan rumput gajah, rimbunan tanaman, dan satu pohon besar yang bisa menciptakan suasana yang asri dan rindang secara sekaligus. Pohon cantik, kuat, dan tahan lama yang cocok untuk ide halaman ini adalah pohon kamboja atau pohon tabebuya karena memiliki bunga yang cantik dan berukuran cukup besar.

 

3 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang Depan Rumah

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/reshma santhosh

Inspirasi halaman rindang tidak selalu butuh halaman yang dipenuhi dengan rumput basah atau rumput gajah, Diazens. Ada juga halaman rindang yang menggunakan semen dan paving sambil dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang dan segar.

Inspirasi halaman rindang yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki lahan lebih untuk halaman dan ingin menggabungkan lahan yang ada untuk dijadikan halaman dan garasi yang luas dan rindang. Dengan ini, mobil dan motor jadi tidak mudah terpengaruh oleh panas matahari!

 

4 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang Ala Taman Tropis

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/Meta Wisnunurdhono

Salah satu pilihan favorit untuk jadi inspirasi halaman rindang, yaitu taman tropis! Tentunya karena Indonesia adalah negara tropis, taman dengan tema tropis yang asri dan hijau adalah pilihan yang sangat bagus untuk dijadikan konsep halaman rindang di rumah.

Biasanya, taman tropis untuk inspirasi halaman rindang menggunakan banyak variasi tanaman, mulai dari pohon besar sampai ke berbagai jenis rumput. Kamu bisa tentukan penampilan halaman apa yang paling kamu sukai, apakah taman hijau yang segar atau taman warna-warni yang menyenangkan?

 

5 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang Sederhana

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/ylnt

Kalau kamu tidak memiliki banyak waktu untuk merawat halaman, inspirasi halaman rindang ini bisa jadi yang paling cocok untukmu! Halaman depan rumah yang simpel ini hanya butuh beberapa hal untuk disulap jadi lebih asri, yaitu rumput sintetis, pohon-pohon kecil, dan pohon yang besar.

Pohon besar ini akan jadi daya tarik utama dari inspirasi halaman rindang ini dengan jangkauannya yang luas. Pohon-pohon kecil digunakan untuk mengisi pinggiran halaman supaya tidak terlihat sepi. Simpel, bukan?

 

6 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang dengan Atap

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/Maryann Galeno

Inspirasi halaman rindang ini cocok untuk kamu yang ingin memaksimalkan kerindangan dan menciptakan kesejukan yang kental untuk halaman depan rumah. Atap kayu berjeda dipadukan dengan tanaman rimbun yang menjalar yang membentuk atap hidup untuk melindungi halaman.

Tidak hanya menggunakan atap hidup, inspirasi halaman rindang ini juga mengisi halaman dengan berbagai tanaman berdaun besar supaya terlihat lebih penuh. Untuk sentuhan yang lebih manis, kamu bisa selipkan bunga kecil warna-warni!

 

7 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang dengan Kolam Ikan

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest/Sandy Headley

Tidak hanya dipenuhi dengan tumbuhan, juga ada inspirasi halaman rindang yang menambahkan kolam ikan sebagai salah satu elemen yang menyenangkan dan menenangkan. Untuk akses yang lebih bebas, halaman dengan kolam ikan bisa kamu lokasikan di bagian belakang rumah.

Dengan ini, kamu punya ruang lega untuk bersantai bersama keluarga dengan suasana yang asri dan tenang. Ide ini cocok kamu jadikan inspirasi halaman rindang untuk rumah tua karena sangat simpel dan hangat.

 

8 dari 9 halaman

Inspirasi Halaman Rindang yang Teduh

Inspirasi Halaman Rindang© Pinterest

Inspirasi halaman rindang yang terakhir adalah halaman belakang rumah bergaya modern yang minimalis dan sangat dinamis. Ada bagian yang menggunakan rumput dan sisanya menyambungkan lantai semen dengan keseluruhan bagian halaman lainnya. 

Tidak menggunakan banyak tanaman berukuran besar, inspirasi halaman rindang ini menggunakan atap kayu bercelah yang menawan untuk memberikan keteduhan maksimal pada halaman. Sisa ruang di halaman kemudian bisa kamu isi dengan berbagai tanaman yang kamu sukai.

 

Beri Komentar