9 Kebun Sayur Rumahan yang Praktis dan Cocok di Lahan Terbatas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 26 Oktober 2023 05:17
9 Kebun Sayur Rumahan yang Praktis dan Cocok di Lahan Terbatas
Kalau punya kebun sayur rumahan sendiri jadi bebas deh ngambil sayuran kesukaan kapan aja.

Kebun sayur rumahan saat ini menjadi tren yang dilakukan oleh banyak orang. Berkebun menjadi aktivitas yang diminati untuk mengisi waktu luang terutama ketika di rumah saja. Berkebun dapat memberikan manfaat untuk menghilangkan rasa stres dengan berkegiatan positif dan menguntungkan yang dapat dilakukan di rumah. 

Menanam sayur-sayuran di kebun rumah dapat memberikan keuntungan yang signifikasi bagi ekonomi dan gaya hidup yang sehat. Kamu memiliki kendali penuh pada kualitas tanaman yang ditanam secara organik dan memastikan tanpa adanya pestisida berbahaya. Dengan hal ini kamu dapat mengonsumsi sayuran yang aman dan lebih menghemat pengeluaran dalam membeli sayuran di luar. Menarik bukan berkebun di rumah? 

Semakin berkembangnya inovasi, kamu tidak perlu bimbang jika hanya memiliki lahan yang terbatas untuk membangun kebun sayur di rumah. Inovasi ini mampu memaksimalkan lahan dengan cara yang praktis dan efektif, loh! So, memiliki lahan terbatas bukan menjadi masalah untuk membuat kebun sayur di rumah. 

Ada beragam model kebun sayur rumahan yang bisa diterapkan di lahan yang terbatas dan dapat kamu tiru. Berikut ini redaksi Diadona sajikan buat kamu!

1 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan Vertikal di Rooftop

Kebun Sayur Rumahan

Jika kamu tidak memiliki space di depan rumah atau di belakang rumah? Tentunya tidak perlu risau, kamu dapat memanfaatkan bagian rooftop rumah untuk membuat kebun sayur. Atap rumah seringkali terabaikan atau tidak dimanfaatkan secara optimal. Namun, membuatnya menjadi kebun sayur dapat memaksimalkan fungsi lahan yang bermanfaat. 

Dalam merancang konsep kebun sayur di rooftop, kamu dapat membuat susunan vertikal agar dapat menanam berbagai jenis sayuran di lahan yang terbatas. Untuk membuat kebun sayur seperti gambar di atas, kamu dapat menyediakan pot plastik persegi panjang dan rangka yang digunakan sebagai tatakan pot. Kamu juga harus memperhatikan kapasitas material rangka vertikal yang digunakan agar tetap kuat dan kokoh untuk menopang pot plastik dan sayuran yang ditanam.

2 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan Hidroponik

Kebun Sayur Rumahan

Ketika berkebun menjadi hobi sampingan dan kamu memiliki keterbatasan waktu untuk merawat tanaman, sistem hidroponik dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk kamu terapkan. Dengan sistem hidroponik tanaman dapat ternutrisi langsung dengan aliran air, sehingga tidak perlu merawat tanah atau tanaman secara konvensional serta dapat meminimalkan waktu yang dibutuhkan dalam merawat tanaman. 

Menempatkan kebun sayur dengan sistem hidroponik menjadi salah satu pilihan yang pas untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki lahan yang terbatas. Kamu dapat menyalurkan hobi secara praktis dan juga efisien.

3 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan Kantong Gantung

Kebun Sayur Rumahan

Banyak cara dalam membuat kebun sayur di rumah yang simpel dan juga hemat ruang, salah satunya dengan menggunakan kantong gantung sebagai media menanam. Menanam sayur dengan menggunakan kantong gantung menjadi cara kreatif dan efisien untuk lahan yang terbatas. 

Tanaman sayur ditanam dalam kantong gantung yang diisi dengan media tanam dan diletakkan secara vertikal. Sayur pun bisa ditanam di tempat mana pun serta ketinggian yang diinginkan. Kamu dapat menanam sayur yang sesuai dengan kantong gantung seperti selada, lobak, mentimun atau tomat ceri.

4 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan Gantung di Depan Rumah

Kebun Sayur Rumahan

Membuat kelapa kering sebagai pot atau wadah menanam sayur menjadi ide yang bagus karena selain ramah lingkungan juga tidak perlu budget yang mahal untuk mengaplikasikannya. Kelapa kering memiliki kemampuan drainase yang baik, sehingga air berlebih dapat dengan mudah mengalir keluar dari media tanam. Oleh karena itu, akar dapat terjaga dengan baik dan mencegah masalah akar busuk akibat air berlebih.

Untuk menyusunnya agar dapat digantung, pot dari kelapa kering tersebut dilubangi sejumlah dua titik untuk mengaitkan tali antar pot kelapa kering ini. Pastikan tali yang digunakan ini kuat dan mampu menahan beban pot kelapa kering yang berisi tanaman. Kebun sayur dengan model gantung yang satu ini siap ditempatkan di depan rumah kamu!

5 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan dengan Aeroponik

Kebun Sayur Rumahan

Sama-sama memiliki sistem penanaman yang lebih modern, sistem aeroponik cukup berbeda, loh! Sistem tanam aeroponik ini tidak menggunakan media tanah untuk menanamnya, tetapi ditempatkan dalam lingkungan udara atau kabut yang diberikan larutan nutrisi. Dengan begitu, lebih efisien dalam penggunaan air karena disemprotkan secara langsung ke akar tanaman.  

Dalam penanamannya, sistem aeroponik ini dilakukan secara vertikal dengan menggunakan pipa yang memanjang ke atas dan dilubangi setiap sisinya untuk ditanami berbagai jenis tanaman. Selain itu, berkebun dengan sistem aeroponik dapat menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki lahan terbatas, nih!

6 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan di Dalam Ruangan

Kebun Sayur Rumahan

Membuat kebun sayur tidak harus dilakukan di luar ruangan atau di halaman belakang, di dalam ruangan pun juga bisa, loh! Kamu dapat memanfaatkan ruang di rumah, salah satunya pada area dapur yang biasanya sering digunakan untuk menanam sayuran di dalam ruangan

Kamu dapat menanam tanaman yang sering digunakan seperti selada, tomat ceri, mentimun, dan herba seperti basil, mint, dan peterseli. Selain itu, menanam sayuran di dapur dapat menggabungkan fungsi ganda yakni sebagai ruang memasak dan kebun dalam ruangan. Hal ini dapat memaksimalkan penggunaan ruang, terutama jika memiliki lahan yang terbatas.

7 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan Model Blok di Halaman Rumah

Kebun Sayur Rumahan

Punya lahan yang luas untuk digunakan sebagai kebun sayuran, tapi bingung harus dibikin bagaimana? Kamu bisa menggunakan model blok ini agar kebun sayur di halaman rumah dapat terlihat rapi dan juga tertata. 

Pada kebun model blok ini, sayur ditanam dalam kelompok atau blok tertentu, dan setiap blok berisi satu jenis sayuran atau tanaman yang dapat disesuaikan pula dengan perawatannya. Seperti gambar di atas, kamu dapat menggunakan papan, kayu, atau bahkan kisi-kisi sebagai pembatas blok tanaman.

8 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan dengan Ban Bekas

Kebun Sayur Rumahan

Membuat kebun sayur dengan budget minim bisa banget buat dilakuin, salah satunya dengan mendaur kembali ban bekas menjadi wadah tanaman yang menarik di rumah. Untuk membuatnya, kamu harus memastikan bahwa ban bekas yang kamu dapatkan dalam kondisi baik tidak rusak atau sobek, sehingga dapat menahan tanaman lebih baik. 

Dalam penataannya, kamu dapat menyusun ban bekas secara bertingkat. Ini menjadi cara yang efektif agar membantu menghemat ruang. Dengan begitu, kamu dapat menanam berbagai sayur tanpa harus khawatir tidak cukup ruang.

9 dari 9 halaman

Kebun Sayur Rumahan dengan Pot di Balkon

Kebun Sayur Rumahan

Jika kamu memiliki balkon rumah yang bingung mau difungsikan untuk apa, kamu bisa menggunakannya sebagai kebun mungil untuk sayuran, loh! Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan atau apartemen seringkali menjadi kendala ketika ingin menanam sayuran karena keterbatasan lahan. 

Balkon biasanya memiliki luas yang terbatas, tetapi dengan kreativitas, kamu dapat menanam banyak jenis sayuran dalam pot atau box plater. Agar lebih rapi, kamu dapat membuatnya vertikal dengan menggantung di pagar balkon atau menyediakan rak susun untuk menaruh pot-pot tanaman kamu. 

Oke, itu tadi beberapa model kebun sayur rumahan yang dapat kamu tiru di rumah. Kalau punya kebun sayur sendiri di rumah enak bukan? Sayuran bisa bebas ambil dan gratis pula. Tunggu apalagi, yuk segera bikin kebun sayur sendiri di rumah! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar