Jangan Buru-Buru Dibuang! Ini 9 Manfaat Ampas Teh untuk Bersihkan Rumah

Reporter : Arifina
Senin, 22 Juli 2024 17:47
Jangan Buru-Buru Dibuang! Ini 9 Manfaat Ampas Teh untuk Bersihkan Rumah
Punya ampas teh di rumah? Jangan buru-buru dibuang dulu ya! Kamu bisa memanfaatkannya untuk membersihkan area ruangan di rumah lho!

Ada beberapa manfaat ampas teh untuk bersihkan rumah lho! Alih-alih membuangnya begitu saja, kamu bisa menjadikan bekas teh yang disebut tersebut untuk penggunaan lainnya.

Ya, ampas teh yang biasanya kita buang setelah menikmati secangkir teh ternyata memiliki berbagai manfaat. Bahkan, bukan hanya itu, ada juga teh basi yang bermanfaat buat hal lain yang berguna lho!

Selain ekonomis, penggunaan ampas teh juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan beberapa produk pembersih Kimia untuk membersihkan rumah.

 

1 dari 10 halaman

Ilustrasi Teh Celup

scitechdaily.com

Ampas teh mengandung antioksidan dan tanin yang dapat membantu membersihkan kotoran, menghilangkan bau, dan mengkilapkan berbagai permukaan di rumah. Karena itu, kamu bisa banget memanfaatkan kantong teh bekas tersebut untuk membersihkan barang-barang i rumah nih!

Lantas, apa saja dan bagaimana cara memanfaatkan ampas teh untuk membersihkan rumah? Berikut rangkumannya dilansir dari In The Wash dan berbagai sumber lainnya!

 

2 dari 10 halaman

Membersihkan Kaca

Manfaat ampas teh yang pertama adalah dapat digunakan untuk membersihkan dan mengilapkan permukaan kaca. Bahan ini bisa dipakai baik itu untuk kaca jendela ataupun cermin di meja rias.

Penggunaan ampas teh pada kaca ini dapat membantu menghilangkan noda dan membuat kembali kinclong.

Caranya sangat sederhana sebagai berikut:

  • Campurkan ampas teh bekas dengan air dingin dalam wadah botol semprot.
  • Semprokan pada kaca jendela atau cermin.
  • Biarkan selama beberapa menit agar teh bekerja.
  • Bersihkan dengan dibilas menggunakan kain lembut atau tisu kering.

 

3 dari 10 halaman

Membersihkan Microwave

Ampas teh juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave di rumah nih! Caranya mudah, kamu cukup merebus air lalu tambahkan sisa-sisa seduh kantong teh celup hitam atau hijau.

Tunggu sampai benar-benar terendam sempurna dan diamkan dulu sebantar hingga dingin. Lalu, gunakan air rendaman ampas teh tersebut untuk mencuci bagian dalam dan luar microwave.

Penggunaan ampas teh tidak hanya membuat microwave bersih, tapi juga dapat menghilangkan bau dan menambah aroma segar lho!

 

4 dari 10 halaman

Gunakan untuk Karpet

ilustrasi teh

© rawpixel.com

Manfaat ampas teh lainnya, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan karpet. Namun, penggunaannya perlu dengan mengeringkannya terlebih dahulu agar tidak meninggalkan bekas noda.

Jenis ampas daun teh kering cukup taburkan saja atau rendam bersamaan dengan kaepet yang bau. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu keringkan.

Jika ingin memicu aroma, kamu bisa menggunakan ampas dari teh lemon yang menyegarkan.

 

5 dari 10 halaman

Pembersihan Bak Mandi dan Tempat Sabun

Alih-alih membuang ampas teh begitu saja, kamu bisa menggunakannya nih untuk membersihkan bak mandi dan tempat sabun. Kegunaannya, ampas teh dapat menghilangkan kerak residu yang menempel pada kedua benda di kamar mandi tersebut.

Ampas teh memiliki kandungan tannin. Kandungan tersebutlah yang dapat dengan mudah merontokkan noda menempel pada bak mandi maupun tempat sabun.

 

6 dari 10 halaman

Membersihkan Kulkas

Ampas teh dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas. Caranya, letakkan ampas teh kering di wadah kecil atau kamu bisa menggunakan jenis ampas teh kantong dan simpan di dalam kulkas.

Ampas teh akan menyerap bau tak sedap dan membuat kulkas menjadi lebih segar. Namun, sebelum digunakan, keringkan terlebih dahulu ampas teh selama satu atau dua hari ya.

 

7 dari 10 halaman

Membersihkan Sepatu

Ilustrasi Teh

© https://rawpixel.com/

Sepatumu berbau? Nah, kamu bisa mengakalinya dengan ampas teh nih! Caranya mudah, sebab kamu cukup meletakkan ampas teh ke dalam sepatu.

Lalu, diamkan ampas teh di dalam sepatu selama semalaman penuh. Keeseokan harinya, dijamin bau yang muncul akan hilang.

Pastikan sebelum menggunakannya sepatu dalam kondisi kering ya!

 

8 dari 10 halaman

Membersihkan Perabotan Kayu

Ampas teh dapat digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan perabotan kayu. Caranya, campurkan ampas teh dengan minyak zaitun dan gosokkan pada permukaan kayu.

Biarkan selama beberapa menit, kemudian lap dengan kain bersih. Ampas teh dapat membantu menghilangkan noda dan membuat kayu berkilau.

Cara lebih sederhananya, kamu cukup menggosokkan ampas teh celup yang masih basah ke permukaan perabotan kayu. Nah, kandungan tannin pada ampas teh ini yang membuat perabotan bisa kembali mengkilap.

 

9 dari 10 halaman

Menghilangkan Noda pada Porselen dan Keramik

Ampas teh juga efektif untuk menghilangkan noda pada porselen dan keramik. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Gosok area bernoda dengan ampas teh basah.
  • Biarkan beberapa saat agar teh bekerja mengangkat noda.
  • Bersihkan dengan air bersih dan lap kering.

Dengan cara ini, dijamin lantai kembali kinclong dan bersih.

 

10 dari 10 halaman

Membersihkan Wajan dan Panci

Manfaat Ampas Teh untuk Bersihkan Rumah

© 2024 freepik.com

Wajan dan panci banyak noda membandel? Atasi saja dengan ampas teh. Caranya, gosokkan ampas teh pada noda gosong dengan menggunakan spons.

Bilas dengan air bersih dan keringkan. Ampas teh dapat membantu mengangkat noda gosong dan membuat wajan dan panci menjadi lebih bersih.

Itulah manfaat ampas teh untuk bersihkan rumah. Selain ramah lingkungan, ampas teh juga hemat biaya dan mudah didapatkan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar