Tak Perlu Repot-Repot Bongkar, Ini 8 Cara Mengatasi Toilet yang Tersumbat dengan Mudah

Reporter : Arifina
Rabu, 19 Juni 2024 13:00
Tak Perlu Repot-Repot Bongkar, Ini  8 Cara Mengatasi Toilet yang Tersumbat dengan Mudah
Toilet tersumbat pastinya sangat menganggu banget ya! Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat tanpa harus membongkarnya lho!

Mengatasi toilet yang tersumbat perlu penanganan secara tepat. Kondisi tersebut jika asal dalam penanganannya justru akan menyebabkan masalah baru.

Toilet tersumbat memang bisa membuat panik pemilik rumah. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari penumpukan kertas toilet, pembalut, kapas, gumpalan rambut, punting rokok, hingga masalah pipa yang lebih serius.

Jika demikian, WC mampet ini bukan sekedar membuat kurang nyaman tapi juga akan memunculkan bau tidak sedaap. Nah, mengatasi toilet tersumbat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus repot membongkarnya ataupun memanggil tukang sedot WC.

Bahkan, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan yang ada di rumah nih! Berikut cara mengatasinya dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Identifikasi Penyebab Sumbatan

Ilustrasi Toilet

© unsplash.com/Jan Antonin Kolar

Langkah pertama dalam mengatasi toilet yang tersumbat adalah mengidentifikasi penyebabnya. Apakah tersumbat oleh kertas toilet, benda asing, atau ada masalah dengan sistem pipa?

Mengetahui penyebabnya akan membantu menentukan metode apa yang tepat untuk mengatasi masalah. Selain itu, ke depan kamu bisa mencegah terjadinya sumbatan dari identifikasi tersebut.

 

2 dari 8 halaman

Gunakan Plunger (Penyedot WC)

Salah satu cara mengatasi oilet tersumbat adalah dengan menggunakan plunger. Pastikan kamu menggunakan plunger dengan bentuk cangkir yang sesuai dengan bentuk mangkuk toilet.

Berikut cara penggunaannya:

  • Masukkan plunger ke dalam mangkuk toilet dan pastikan cangkirnya menutupi lubang toilet dengan rapat.
  • Dorong dan tarik plunger secara berulang-ulang untuk menciptakan tekanan dan hisapan yang dapat membantu menghilangkan sumbatan.
  • Setelah beberapa kali pompa, tarik plunger dengan cepat. Jika air mulai surut, berarti sumbatan telah teratasi.

3 dari 8 halaman

Campuran Baking Soda dan Cuka

Jika plunger tidak berhasil, kamu dapat mencoba campuran alami baking soda dan cuka. Kedua bahan ini dapat menghasilkan reaksi kimia yang ampuh membersihkan kotoran dan melarutkannya.

Caranya sebagai berikut:

  • Tuangkan satu cangkir baking soda ke dalam toilet.
  • Tambahkan satu cangkir cuka putih secara perlahan.
  • Biarkan campuran tersebut berbuih dan bereaksi selama 1-2 jam.
  • Setelah itu, siram toilet dengan air panas (bukan mendidih) untuk membantu melancarkan saluran yang tersumbat.

 

4 dari 8 halaman

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

⁠Mengatasi Toilet yang Tersumbat

© 2024 freepik.com

Bahan lainnya yang juga dinilai ampuh dalam mengatasi toilet tersumbat adalah sabun cuci piring. Bahan ini dapat melumasi saluran pipa toilet.

Namun, penggunannya harus dicampurkan dengan air panas. Karena bahan ini berfungsi menghilangkan sumbatan.

Caranya, cukup tuangkan sabun cuci piring ke dalam toilet. Diamkan selama 30 menit, kemudian siram denfgan air panas dari ketinggian sepinggan orang dewasa. Caqra ini dapat membantu mendorong sumbatan yang menghalangi pipa toilet.

 

5 dari 8 halaman

Pakai Toilet Bomb

Cara lainnya untuk mengatasi toilet tersumbat, kamu bisa membuat toilet bomb. Ini bisa dilakukan dengan mencampurkan baking soda dan sitrun (citric acid).

Campurkan kedua bahan dalam mangkok, lalu beri sedikit air agar memadat dan bentuk menjadi bola. Biarkan semalaman, kemudian masukkan toilet bomb ke toiler yang mampet.

Tunggu beberapa jam sampai sumbatan menghilang dengan sendirinya. Selain ampuh mengatasi sumbatan, kedua bahan ini juga akan membuat toilet lebih bersih dan bebas bau lho!

 

6 dari 8 halaman

Botol Plastik Bekas

Memanfaatkan botol plastik bekas yang sudah tidak terpakai bisa untuk mengatasi sumbatan pada toilet lho! Kamu cukup menyiapkan botol plastik ukuran sedang, kemudian potong 5-7 cm dari bagian bawah.

Masukkan botol yang sudah dipotong ke lubang toilet dan pastikan terendam ke dalam airnya. Dorong atau tekan lubang toilet dengan botol.

Ini untuk menciptakan ruang hampa, sehingga sumbatan bisa terdorong masuk ke pembuangan septic tank.

 

7 dari 8 halaman

Hanger Kawat

⁠Mengatasi Toilet yang Tersumbat

© 2024 freepik.com/rawpixel.com

Ada pula trik lain yang bisa digunakan dalam mengatasi toilet tersumbat, yakni penggunaan hanger atau gantungan baju berbahan kawat. Alat ini dinilai ampuh menghilangkan kotoran yang menyumbat secara manual.

Caranya, siapkan hanget kawat, lalu luruskan dan tekuk bagianujungnya hingga membantuk huruf U. Setelahnya, masukkan bahian ujung tersebut ke dalam lobang toilet.

Dorong atau putar-putar hanget untuk memecah sumbatan hingga air toilet turun.

 

8 dari 8 halaman

Plastic Wrap

Nah, yang satu ini mungkin terdengar aneh karena menggunakan plastic wrap. Namun, ternyata bahan satu ini bisa mengatasi sumbatan pada toilet lho!

Tutup bagian bowl toilet dengan plastic wrap. Pastikan saat menutupnya, plastic menempel pada bibir bowl dan terpasang rapat.

Setelah itu tekan flush, dan plastic wrap akan mengembang. Di saat itu, tekan kuat-kuat berulang kali aagar membalikkan isapan dan mendorong benda yang menyumbat toilet ke septic tank. Namun, perlu diperhatikan jika penggunaan plastic wrap hanya bisa untuk jenis toilet duduk ya.

Itulah beberapa cara mengatasi toilet tersumbat tanpa repot dan menggunakan bahan di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar