8 Ide Model Pintu dalam Rumah untuk Tampilan Lebih Estetik dan Menawan

Reporter : Arifina
Jumat, 21 Juni 2024 13:47
8 Ide Model Pintu dalam Rumah untuk Tampilan Lebih Estetik dan Menawan
Dengan bebebapa model pintu dalam rumah berikut, maka suasana hunian lebih terasa menarik dan cantik lho! Yuk simak, buat referensi kamu!

Beberapa ide model pintu dalam rumah berikut bisa kamu jadikan referensi untuk mempercantik hunian. Pintu menjadi salah satu elemen penting dalam desain interior rumah.

Pintu berfungsi sebagai akses keluar masuk ruangan, pemisah antar ruangan, dapat menambah nilai estetika pada hunian dan keamanan rumah. Dengan desain-desain kekinian maka kamu bisa dengan bebas menentukan model yang cocok dengan rumah.

Ada berbagai model pintu yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain rumah. Karena itu, memilihnya juga harus tepat agar tampilan hunian terlihat lebih cantik.

Berikut ni beberapa model pintu dalam rumah yang bisa dijadikan referensi dilansir dari berbagai sumber.

 

1 dari 8 halaman

Pintu Panel

Macam Macam Model Pintu Rumah

© pinterest.com

Jenis ini adalah salah satu model pintu yang paling klasik dan banyak digunakan. Pintu ini terdiri dari beberapa panel yang dibingkai dengan kayu solid.

Model pintu ini bisa memiliki satu hingga enam panel atau lebih, tergantung pada desain yang diinginkan. Pintu panel memberikan kesan elegan dan dapat disesuaikan dengan berbagai gaya interior.

Kamu bisa memilih desainnya mulai dari tradisional hingga modern.

 

2 dari 8 halaman

Pintu Geser

Model Pintu dalam Rumah

© 2024 Instagram.com/@dekorrumah.idaman

Pintu geser atau sliding door adalah pilihan yang ideal untuk rumah dengan ruang yang terbatas. Pintu ini tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuka dan menutup, karena modelnya yang bebas bergerak sejajar dengan dinding.

Pintu geser sering digunakan sebagai pintu menuju teras atau taman. Namun, model ini juga cocok untuk pemisah antar-ruangan di dalam rumah.

Material yang digunakan untuk pintu geser bisa bervariasi, mulai dari kaca, kayu, hingga aluminium.

 

3 dari 8 halaman

Pintu Lipat

Model Pintu dalam Rumah

© 2024 pinterest.com

Pintu lipat, atau disebut juga folding door bisa juga dijadikan referensi model untuk hunian yang menarik. Pintu ini terdiri dari beberapa panel yang dapat dilipat ke satu sisi.

Desain ini cocok untuk ruangan yang membutuhkan pembukaan yang lebih luas. Msialnya, untuk ruang keluarga yang menghubungkan dengan halaman belakang.

Pintu lipat juga dapat memberikan fleksibilitas dalam pengaturan ruang dan menambah kesan modern serta terbuka pada rumah.

 

4 dari 8 halaman

Pintu French

Model Pintu dalam Rumah

© 2024 dekkson.com

Pintu French atau French door merupakan model yang terdiri dari dua daun pintu dengan banyak panel kaca di sepanjang bingkainya. Model pintu ini sangat cocok untuk memberikan kesan terbuka dan terang.

Selain itu, membuat desain pintu ini sangat memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan. Pintu French sering digunakan sebagai akses ke taman atau balkon.

Kamu juga bisa memasangnya sebagai pemisah antara ruang tamu dan ruang makan.

 

5 dari 8 halaman

Pintu Barn

Model Pintu dalam Rumah

© 2024 pakobazaar.gr

Pintu barn bisa dikatakan salah satu model yang jadul. Jenis ini awalnya digunakan pada lumbung-lumbung di pedesaan, namun kini menjadi tren dalam desain interior modern.

Pintu ini hampir mirip dengan pintu geser. Tetai, pintu barn modelnya digantung pada rel di atas dan bisa digeser ke samping.

Pintu barn memberikan kesan rustic dan unik pada rumah. Biasanya, model pintu ini sering digunakan sebagai pintu kamar tidur, pantry, atau kamar mandi.

 

6 dari 8 halaman

Pintu Dutch

Model Pintu Minimalis dari Kayu

© 2023 pinterest

Pintu Dutch menghadirkan model yang terbagi secara horizontal menjadi dua bagian. Sehingga, kamu akan mendapati bagian atas dan bawah dapat dibuka secara independen.

Model pintu ini cocok untuk dapur atau pintu belakang rumah. Jenis ini juga memungkinkan sirkulasi udara tanpa harus membuka seluruh pintu.

Pintu Dutch menambah karakter dan keunikan pada desain rumah.

 

7 dari 8 halaman

Pintu Putar

Model Pintu Minimalis dari Kayu

© 2023 pinterest

Pintu putar atau disebut juga pivot door, bisa juga kamu jadikan pilihan untuk menghasilkan interior rumah yang cantik. Model ini membuat rumah terlihat lebih menarik karena modelnya yang seakan bisa berpindah saat dibuka.

Biasanya, desain pintu putar akan dijadikan sebagai pintu Utama. Saat membukanya, kamu seakan diajak berputar karena modelnya yang unik.

Namun, jika memilih pintu putar maka kamu memerlukan area yang lebih besar. Sebab, model uang satu ini memang memakan tempat.

 

8 dari 8 halaman

Pintu Minimalis Kayu Industrial

Model Pintu Minimalis dari Kayu

© 2023 Archiproducts

Nah, kalua yang satu ini sangat cocok digunakan bagi pemilik rumah minimalis. Bahan kayu yang diusung untuk model pintu ini juga mengesankan tampilan yang lebih vintage.

Bentuknya terlihat sederhana, namun akan membuat siapa saja yang melihatnya terkesan. Kesan alami yang ditampilkan justru menambah estetika tersendiri.

Kamu bisa memilih warna-warna netral kayu, cream, pitih, cokelat atau hitam agar terlihat lebih elegan.

Itulah beberapa model pintu dalam rumah yang bisa kamu jadikan referensi interior hunian yang menarik dan cantik. Pastikan kamu memilih model pintu sesuai dengan kebutuhan, desain rumah, dan budget tentunya. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar