7 Model Ruang Makan Bawah Tangga yang Simpel, Manfaatkan Setiap Ruang di Rumah dengan Efisien dan Cantik!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 3 Juni 2024 23:20
7 Model Ruang Makan Bawah Tangga yang Simpel, Manfaatkan Setiap Ruang di Rumah dengan Efisien dan Cantik!
Temukan berbagai model ruang makan bawah tangga yang aesthetic dan bagus di sini!

Model ruang makan bawah tangga bisa menjadi solusi yang tepat untuk memaksimalkan ruang terbatas di rumahmu. Dengan perencanaan yang tepat, kamu bisa menyulap ruang bawah tangga yang seringkali diabaikan menjadi tempat yang fungsional dan aesthetic atau malah jadi spot bersantai favorit di rumah.

Model ruang makan bawah tangga memerlukan perencanaan dan desain yang cermat supaya ruang makan bisa terwujud  menjadi ruangan yang nyaman dan menarik dan bukan malah menjadi tidak nyaman untuk digunakan. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan supaya merencanakan dan mencari desain jadi lebih mudah. Pertama, pilih ukuran perabot yang sesuai dengan luas ruang. Kalau salah memilih, bisa-bisa ruang makan bisa malah terlihat sumpek.

Selain itu, hindari penggunaan konsep desain yang terlalu ramai karena bisa buat penampilan ruang makan jadi lebih sempit. Pencahayaan juga termasuk ke dalam elemen yang penting supaya ruang makan terasa hidup dan nyaman untuk dihuni berlama-lama. Dengan mengingat ukuran ruangan, kamu juga tetap bisa menggunakan tema yang bervariasi untuk ruang makan di bawah tangga. Nah, without further ado, kamu bisa coba cari model ruang makan bawah tangga yang sekiranya cocok di bawah ini!

 

1 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Nuansa Kayu

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Patricia Gazzo

Model ruang makan bawah tangga yang pertama adalah ruang makan bernuansa kayu yang manis dan juga hangat. Desain ini cocok untuk kamu yang masih memiliki ruang cukup luas karena meja makan yang cukup panjang.

Lampu gantung berwarna merah dan hiasan dinding berwarna senada bantu berikan model ruang makan bawah tangga ini sentuhan kesan yang ceria. Penampilan yang senada bantu berikan penampilan yang harmonis sehingga enak dilihat.

 

2 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Sederhana

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Guilherme Rochebois

Model ruang makan bawah tangga ini cocok untukmu yang tinggal di apartemen atau memiliki tangga dengan model melayang. Karena tangganya ada di bagian tengah ruangan, kamu bisa dengan leluasa menciptakan ruang makan yang sederhana.

Model ruang makan bawah tangga ini tidak berbentuk eksklusif atau ada batasannya sehingga kamu bisa dengan bebas menghiasinya dengan berbagai perabotan atau dekorasi berukuran kecil dan bersifat individual, seperti pot tanaman atau bingkai foto.

 

3 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Gaya Vintage

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Michelle Engel

Ada juga model ruang makan bawah tangga yang tersedia untuk ruang yang super rapat, loh! Kamu bisa buat meja jadi memanjang ke arah luar dengan kursi dari dinding yang melingkari meja. Desain ini sangat mengoptimalkan ruang yang ada tanpa terlihat sumpek.

Karena ada di ruang yang sangat kecil, gaya vintage adalah pilihan yang sangat menarik untuk dijadikan tema utama. Mengikuti ukuran lahan, model ruang makan bawah tangga ini memilih perabotan dengan gaya yang vintage dan ditambah dengan detail dekorasi yang manis.

 

4 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Colorful

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Calvin Copeling

Salah satu tips untuk model ruang makan bawah tangga adalah menggunakan meja kayu tipis dan dipadukan dengan warna-warna yang cerah dan vibrant. Tips ini bisa buat ruang makanmu jadi terlihat lebih lega dan segar.

Selain menggunakan warna-warna yang cerah dan perabotan dengan body yang ramping, kamu juga bisa buat model ruang makan bawah tangga ini jadi terasa lebih luas dengan meminimalisir hiasan di dinding dan meletakkan dekorasi di atas meja makan.

 

5 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Aesthetic

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Sar Will

Kalau kamu ingin model ruang makan bawah tangga yang lebih santai dan terlihat aesthetic serta instagramable, mungkin kamu akan menyukai model desain yang satu ini! Mengadaptasi gaya klasik dan vintage di saat yang bersamaan, model ini terlihat sangat menawan dan elegan.

Kursi yang menempel dengan dinding memberikan kenyamanan ekstra dan optimalisasi ruang yang maksimal. Selain itu, karena daya tariknya berasal dari perabotan bergaya vintage, model ini tidak perlu banyak dekorasi dan bisa terlihat lega dan luas.

 

6 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Simpel

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Do Ngoc Linh Phuong

Walaupun kamu sudah punya meja makan utama, model ruang makan bawah tangga bisa jadi alternatif tambahan untuk meja makan yang lebih eksklusif atau untuk ngopi santai. Meja memanjang yang menempel di dinding dan beberapa kursi sudah cukup untuk model ini.

Model ruang makan bawah tangga ini akan cocok untuk kamu yang mungkin memiliki anggota keluarga banyak atau ingin ada ruang spesial untuk bersantai. 

 

7 dari 7 halaman

Model Ruang Makan Bawah Tangga Sempit

Model Ruang Makan Bawah Tangga© Pinterest/Gelsy Eliane

Model ruang makan bawah tangga yang terakhir adalah model yang ditujukan untuk kamu yang memiliki hunian sempit. Tangga tanpa handrail memperbolehkanmu untuk membuat ruang makan sederhana yang cukup untuk 4 orang tanpa terlihat memaksa.

Gunakan warna putih untuk kesan yang lebih luas. Untuk hiasan, kamu bisa gunakan cermin dengan lampu LED yang bisa bantu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Hindari penggunaan warna gelap supaya tidak terlihat sumpek!

Itulah beberapa model ruang makan bawah tangga yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan penggunaan ruang di hunian! Model mana yang kira-kira cocok untuk hunianmu, Diazens?

Nama Editor: Salma Aribatul


Beri Komentar