Pentingnya Sumur Resapan di Rumah, Antisipasi Banjir untuk Lingkungan Berkelanjutan

Reporter : Arifina
Rabu, 8 Mei 2024 14:37
Pentingnya Sumur Resapan di Rumah, Antisipasi Banjir untuk Lingkungan Berkelanjutan
Jadi, di rumahmu sudah ada sumur resapan belum?

Inilah pentingnya sumur resapan di rumah untuk pencegahab banjir. Di tengah krisis air dan perubahan iklim yang semakin memprihatinkan, sumur resapan hadir sebagai solusi sederhana namun efektif.

Sumur resapan berbentuk lubang yang dibuat di tanah untuk menampung air hujan. Sehingga dapat membantu meningkatkan resapan air ke dalam tanah dan mengurangi risiko banjir.

Dilansir dari akun Instagram Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat, sumur resapan merupakan rekayasa konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa menyerupai sumur galian. Tentunya, sumur resapan berbeda dengan sumur pada umumnya, baik itu sumur air minum ataupun sumur untuk air mandi.

Sumur resapan dibuat dengan kedalaman tertentu yang fungsinya untuk memasukkan air ke dalam tanah. Penggunaannya untuk mempertahankan aliran air di permukaan sehingga dapat mencegah banjir sekaligus mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah, serta mencegah penurunan tanah dan mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.

Lantas, sepenting apakah sumur resapan di rumah?

 

1 dari 7 halaman

Meminimalisir Genangan Air Hujan

Pentingnya Sumur Resapan di Rumah

Sumur resapan amat bermanfaat untuk melindungi hunian. Salah satunya, untuk meminimalisir genangan air saat hujan deras.

Saat tanah sudah tak mampu menyerap tetesan air hujan, maka sumur resapan inilah yang akan menampung kelebihannya. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi pekarangan dan hunianmu tergenang air.

Hal ini penting untuk dipasang di area rumah, sebab munculnya genangan air akan memicu erosi jika terus menerus terjadi. Hal ini nantinya juga akan menjadikan lapisan tanah terkikis, risiko pergerakan tanah juga semakin tunggi karena ketidakstabilan struktur.

 

2 dari 7 halaman

Mengurangi Risiko Banjir

Sumur resapan membantu mengurangi risiko banjir dengan menyerap air hujan ke dalam tanah secara perlahan. Dengan demikian, jumlah air yang mengalir ke saluran air permukaan berkurang.

Perlu dipahami, curah hujan yang tinggi makan akan banyak pula aliran air yang menggenang di permukaan tanah. Jika ada sumur resapan di rumah, maka hunian akan terhindar dari genangan dan banjir.

Sebab, air akan teralirkan ke saluran pembuangan lebih besar melalui sumur resapan tersebut.

 

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Ketersediaan Air Tanah

Pentingnya Sumur Resapan di Rumah

Air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui sumur resapan akan menjadi cadangan air tanah. Hal ini membantu meningkatkan ketersediaan air tanah, yang merupakan sumber air bersih bagi banyak orang.

Apalagi, saat ini pulau Jawa tengah memasuki musim kemarau. Nah, di situasi seperti ini fungsi sumur resapan sangat bermanfaat untuk mendapatkan sumber cadangan air yang dibutuhkan.

 

4 dari 7 halaman

Menampung Air Bersih untuk Keperluan Rumah Tangga

Pemasangan sumur resapan harus dijauhkan dari parit dan septic tank. Hal ini agar air yang tertampung tetap bersih.

Dengan demikian, tampungan air ini dapat dijadikan alternatif sumber air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. Misalnya, untuk mencuci pakaian, mencucui mobil, mandi. menyiram tanaman, dan keperluan lainnya.

Jika kebersihan sumur resapan terjaga, bukan tidak mungkin air yang ditampung bisa digunakan untuk memasak lho!

 

5 dari 7 halaman

Kelembaban Tahan Terjaga

Pentingnya Sumur Resapan di Rumah

Air hujan yang meresap ke dalam tanah melalui sumur resapan akan disaring secara alami oleh tanah. Proses ini membantu membersihkan air dari polutan dan meningkatkan kualitas air tanah.

Jika kelembaban tanah terjaga, maka bisa digunakan untuk berbagai cocok tanam. Kamu bisa memanfaatkan area tanah di rumah untuk menanam berbagai sayuran tanpa takut kekurangan air.

 

6 dari 7 halaman

Sumber Air untuk Irigasi Pertanian

Manfaat sumur resapan lainnya adalah membantu irigasi pertanian. Terlebih, jika area rumahmu berdekatan dengan sawah atau kebun.

Aktivitas pertanian dan perkebunan selalu membutuhkan sumber air yang banyak untuk irigasi. Sementara, curah hujan tidak telalu bisa diprediksi.

Nah, semisal terjadi musim kemarau hingga kekeringan, maka air tampungan yang berada dalam sumur resapan ini bisa digunakan sebagai sumber air cadangan untuk irigasi.

7 dari 7 halaman

Mendorong Praktik Ramah Lingkungan

Pentingnya Sumur Resapan di Rumah

Pemasangan sumur resapan bukan sekedar untuk terhindarkan dari banjir semata, tapi sebagai salah satu bentuk praktik ramah lingkungan.

Dengan memasang sumur resapan di rumah, kita tidak hanya mengambil tindakan untuk melindungi lingkungan, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi tetangga dan komunitas.

Kamu dapat mendorong penyebaran praktik-praktik ramah lingkungan lainnya dan memperkuat kesadaran akan pentingnya konservasi sumber daya alam.

Itulah pentingnya sumur resapan di rumah yang bisa kamu praktikkan sebagai bentuk aktivitas ramah lingkungan. Dengan memasang sumur resapan di rumah, kita dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi risiko bencana alam, dan menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan untuk generasi mendatang. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar