Atap Rumah Berlumut? Kenali Penyebab dan Cara Membersihkannya

Reporter : Arifina
Kamis, 30 Mei 2024 12:47
Atap Rumah Berlumut? Kenali Penyebab dan Cara Membersihkannya
Atap berlumut tentunya ganggu penampilan banget nih! Simak deh cara pembesihannya berikut!

Penyebab atap rumah berlumut dan cara membersihkan penting untuk menjadi perhatian. Ya, kondisi atap yang muncul lumut hijau tentu saja sangat mengganggu estetika.

Meski terlihat tidak berbahaya, jika atap rumah berlumut dibiarkan begitu saja justru akan menimbulkan masalah pada struktur rumah. Bahkan, juga bisa menganggu Kesehatan penghuninya lho!

Lantas, bisakah kondisi atap rumah berlumut ini diatasi? Simak yang berikut yuk!

1 dari 6 halaman

Penyebab Atap Rumah Berlumut

Penyebab Atap Rumah Berlumut dan Cara Membersihkan

Dilansir dari Djabesmen, kemunculan lumut hijau di bagian atap rumah disebabkan oleh beberapa faktor. Apa saja?

Kelembapan Tinggi
Lumut tumbuh subur di lingkungan yang lembap. Atap rumah yang sering terkena hujan atau memiliki sirkulasi udara buruk dapat menjadikan lingkungannya lembap. Kondisi inilah yang membuat atap rentan terhadap pertumbuhan lumut.

Kurang Paparan Sinar Matahari
Bagian atap yang sering tertutup oleh bayangan pohon atau bangunan lain cenderung menerima sedikit sinar matahari. Kurangnya sinar matahari ini menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan lumut.

 

2 dari 6 halaman

Debu dan Kotoran
Keberadaan atap ini entan terkena debu dan kotoran. Nah, hal itu jika dibiarkan menumpu dapat menjadi media tumbuh lumut.
Karena, debu dan kotoran ini menjadi sumber yang menyediakan nutrisi bagi lumut.

Kualitas Material Atap
Beberapa material atap lebih rentan terhadap pertumbuhan lumut dibandingkan yang lain. Misalnya, genteng tanah liat, lebih mudah ditumbuhi lumut karena sifatnya yang mudah menyerap air.

Ventilasi yang Buruk
Ventilasi yang buruk di dalam rumah dapat menyebabkan penumpukan kelembapan. Hal itu pada akhirnya memicu pertumbuhan lumut di atap. Pastikan rumah memiliki sistem ventilasi yang baik untuk mencegah hal ini ya.

 

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Atap Rumah Berlumut

Nah, kondisi munculnya lumut pada atap rumah ini tentu saja sangat mengganggu. Guna mengatasi hal tersbut kalian tak perlu langsung buru-buru mengganti atap rumah. Sebab, lumut yang menempel bisa diatasi dengan pembersihan yang tepat. Bagaimana caranya?

Pembersihan Manual

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan sikat dengan bulu yang kaku untuk menggosok lumut dari permukaan atap. Pakai juga air sabun agar lebih optimal.

Lakukan ini dengan hati-hati untuk menghindari merusak material atap. Pastikan kamu menggunakan alat pengaman seperti tali pengaman dan sepatu dengan sol anti-slip untuk menghindari kecelakaan.

 

4 dari 6 halaman

Penyemprotan dengan Air

Penyebab Atap Rumah Berlumut dan Cara Membersihkan

Selain pembersihan manual, cara lain yang bisa dilakukan dalam membersihkan lumut di atap rumah dengan penyemprotan air. Gunakan selang air bertekanan rendah, lalu semprotkan ke seluruh permukaan atap.

Hindari penggunaan tekanan tinggi karena dapat merusak atap. Penyemprotan dengan air efektif untuk menghilangkan lumut yang tidak terlalu tebal.

Dengan cara ini, kamu juga sekaligus dapat membersihkan debu-debu ataupun kotoran yang menempel dengan mudah.

 

5 dari 6 halaman

Penggunaan Larutan Pembersih

Campurkan air dengan pemutih (bleach) atau cuka dalam perbandingan 3:1. Semprotkan larutan ini pada area yang berlumut dan biarkan selama 15-20 menit sebelum menggosoknya dengan sikat.

Semprot dengan air bersih setelahnya. Pastikan kamu melindungi tanaman di sekitar rumah agar tidak terkena larutan ini.

Cabut dan Gosok Lumut

Jika memang terlalu banyak, maka kamu perlu melakukan pembersihan dengan mencabut lumut secara mandiri. Gunakan sekop kecil untuk membantu proses pembersihan ini.

Kamu juga bisa menggosoknya dengan sikat bila lumut menempel terlalu dalam pada atap rumah. Hati-hati dalam prosesnya agar tidak merusak struktur atap ya.

 

6 dari 6 halaman

Pembersihan Profesional

Jika lumut sudah parah, sebaiknya gunakan jasa pembersih profesional. Mereka memiliki peralatan dan keahlian yang tepat untuk membersihkan lumut dengan aman dan efektif.

Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin dengan membersihkan atap setidaknya dua kali setahun. Pangkas cabang pohon yang menggantung di atas atap dan bersihkan daun atau sampah lainnya secara teratur.

Itulah penyebab atap rumba berlumut dan cara membersihkan yang tepat untuk bisa dijadikan acuan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar