Rumah Bau Apek? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Reporter : Arifina
Senin, 8 Juli 2024 10:00
Rumah Bau Apek? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Bau apek di rumah banyak faktornya lho! Karena itu kamu harus pahami dan bersihkan dengan cara yang tepat agar rumah selalu segar dan bersih.

Ada beberapa penyebab rumah bau apek yang perlu kamu perhatikan nih! Kondisi rumah berbau ini tentunya sangat mengganggu kenyaman bukan?

Bau apek ini tidak hanya mengganggu indra penciuman, tetapi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini akan sangan mengganggu kenyamanan hunian saat ditinggali.

Rumah yang bau juga bisa menjadikan penghuninya mengalami alergi bersin, mengi, hingga sakit kepala. Bau apek di rumah juga memengaruhi kualitas Udara lho! Salah satu cara efektif mengatasinya adalah selalu membersihkan rumah dengan tepat.

Kemunculan bauk apek di dalam rumah ini banyak faktornya. Kamu perlu mengidentifikasi sumber bau untuk mengatasi permasalahannya ya.

 

1 dari 10 halaman

Penyebab Bau Apek di Rumah dan Cara Mengatasinya

Urutan Membersihkan Rumah

© 2024 freepik.com/stocking

Dilansir ari homes and gardens, ada beberapa alasan yang menyebabkan rumah menjadi bau apek. Di antaranya sebagai berikut:


Jamur

Salah satu penyebab bau apek di dalam rumah karena munculnya jamur. Bisanya, hal ini terjadi karena kondisi Udara di dalam rumah lembab.

Tumbuhnya jamur ini ditandai dari munculnya bercak hitam tembok, furniture, karpet, hingga atap. Selain memunculkan bau apek, jamur juga bisa memicu masalah Kesehatan.

Karena itu, kamu perlu mengatasinya dengan segera ya. Nah, cara mengatasi hal itu kamu bisa menggunakan cuka.

Semprotkan cuka ke bagian rumah yang berjamur, lalu bilas dengan air hangat secara perlahan.

 

2 dari 10 halaman

Debu dan Kotoran

Penyebab lain rumah bau apek karena adanya debu dan kotoran berlebih. Jika kondisi rumah dibiarkan penuh debu maka akan menyebabkan bau kurang enak dan alergi bagi Sebagian orang.

Karenanya, selalu rutin bersihkan rumah dengan benar. Pastikan setiap sudut ruangan di rumah hingga furniture selalu bersih dan bebas debu.

Kamu bisa memanfaatkan kain kanebo dan cairan pembersih untuk membersihkan furniture-furniture di rumah agar terbebas dari debu menempel ya.

3 dari 10 halaman

Kelembapan Tinggi

Kelembapan yang tinggi di dalam rumah juga menjadi salah satu penyebab utama bau apek. Udara yang lembap menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan lumut.

Hal ini biasanya terjadi di daerah yang tidak mendapatkan sirkulasi udara yang baik, seperti kamar mandi, dapur, atau ruang bawah tanah.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan dehumidifier. Pastikan juga sirkulasi udara selalu baik di rumah dengan membuka jendela secara teratur atau menggunakan ventilasi. Periksa dan perbaiki juga jika ada kebocoran di atap, pipa, atau dinding.

 

4 dari 10 halaman

Pakaian yang Lembab

ilustrasi mencuci baju

© liputan6.com

Siapa nih yang suka menyimpan baju masih lembab? Kebiasaan ini kiranya harus segera dihilangkan ya.

Sebab, pakaian yang tidak kering dengan benar justru akan memunculkan bau apek di dalam rumah. Terutama, bagi pakaian dengan bahan linen.

Sebaiknya, selalu pastikan baju basahmu dikeringkan dengan sempurna. Namun, apabila memang kondisi basag, jangan menyimpan baju di dalam lemari.

Sebab, selain memunculkan bau juga akan merusak bahan dari pakaian itu sendiri.

 

5 dari 10 halaman

Ventilasi yang Buruk

Sudahkan rumahmu memiliki ventilasi yang baik? Hal ini menjadi salah satu yang akan memengaruhi ada bau dan tidak di rumah lho!

Ventilasi yang buruk dapat membuat udara di dalam rumah terjebak dan tidak bersirkulasi. Hal ini menyebabkan bau apek dan bau tidak sedap lainnya menumpuk di dalam rumah.

Kurangnya ventilasi ini membuat kelembaban dan memunculkan bau bertumpuk dari memasak ataupun aktivitas lainnya. Karena itu, selalu lengkapi rumah dengan ventilasi yang baik.

Pastikan juga untuk selalu membuka jendela dan pintu agar sirkulasi udara alami dari luar bisa masuk ke dalam rumah.

 

6 dari 10 halaman

Karpet Kotor

Karpet dan permadani dapat menyerap kelembapan dan kotoran. Hal ini juga bisa menyebabkan bau apek jika tidak dibersihkan secara teratur.

Melakukan penyedotan debu pada karpet memang bagian dari pembersihan, namun hal ini sebenarnya masih perlu dibersihkan dengan benar untuk menghilangkan debu menempel.

Sesekali kamu harus membersihkan karpet dengan menggunakan semprotan pembersih. Hal ini, agar kotoran sisa pembersihan dari peyedot debu bisa bersih secara optimal.

 

7 dari 10 halaman

Tumpukan Cucian Kotor

Ilsutrasi Tempat Baju Kotor

© pinterest.com/Hhqueen Albaghli

Penyebab lainnya rumah bau apek karena banyaknya tumpukan cucian kotor nih! Jika kamu bisa menumpuk pakaian kotor di keranjang ini bisa memicu munculnya jamur.

Bukan tidak mungkin, jamur akan berkembang dan memicu bau apek di dalam rumah. Karena itu, jangan biarkan cucian kotor menumpuk terlalu lama.

Segeralah cuci, keringkan, dan simpan dengan tepat. Apabila memang tidak bisa segera mencuci baju kotor, akan lebih baik menggantungnya saja dan diangin-anginkan terpisah dari baju bersih sementara waktu.

 

8 dari 10 halaman

Sisa-Sisa Asap Rokok

Siapa nih yang suka merokok di dalam rumah? Kiranya, kebiasaan ini harus dikurangi deh!

Sebab, asap rokok juga sebagai pemicu rumah bau apek lho! Hembusan asap rokok bisa menampel pada barang-barang di dalam rumah.

Biasakan untuk selalu mencuci kain, karpet, dan beberapa furniture dengan rutin agar debu-debu sisa asap rokok hilang dan tak menempel ya!

 

9 dari 10 halaman

Noda dari Hewan Peliharaan

Kamu punya hewan peliharaan? Maka harus selalu memperhatikan kebersihannya ya.

Hewan peliharaan biasanya akan meninggalkan kotoran di area-area tersembunyi. Hal ini bisa menyebabkan bau apek di dalam rumah.

Misalnya, hewan yang pipis di sembarang tempat dan tak diketahuim, jika dibiarkan lama maka akan memuncuklkan bau kurang nyaman. Karenanya, selalu biasakan hewan peliharaan buang air kecil dan besar di lokasi yang disediakan.

Selalu rutin memeriksa sudut-sudut rumah yang memungkinkan ditinggali noda oleh hewan ya. Segera bersihkan jika menemukannya.

 

10 dari 10 halaman

Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas yang Berjamur

© Freepik.com

Perhatikan isi dalam kulkas di rumah. Sebab, isi kulkas juga bisa menjadi penyebab rumah bau apek jika ditemui makanan busuk lho!

Selalu rutin periksa bahan makanan yang disimpan dalam kulkas. Pisahkan segera jika kamu menemui bahan makanan yang mulai membusuk.

Rutin juga bersihkan kulkas dari adanya noda-noda menempel. Sehingga, kulkas selalu bersih dan tidak memicu bau kurang sedap.

Itulah beberapa penyebab rumah bau apek dan cara mengatasinya. Dengan begitu kamu bsia selalu menjaga kondisi rumah tetap nyaman dan segar sepanjang hari. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar