8 Penyebab Septic Tank Cepat Penuh dan Solusinya untuk Kenyamanan dan Kesehatan di Rumah

Reporter : Arifina
Senin, 12 Agustus 2024 15:47
8 Penyebab Septic Tank Cepat Penuh dan Solusinya untuk Kenyamanan dan Kesehatan di Rumah
Apa sih penyebab septic tank cepat penuh? Ternyata ada beberapa lho! Namun, hal itu juga bisa ada soulusi untuk mengatasinya.

Ada beberapa penyebab septic tank cepat penuh yang harus kamu sadari. Sebab, hal ini bisa mengganggu kenyamanan dan juga Kesehatan.'

Septic tank merupakan komponen penting dalam sistem pengelolaan limbah rumah tangga. Fungsinya adalah menampung dan mengolah limbah organik dari toilet sebelum disalurkan ke tanah melalui resapan atau saluran lainnya.

Namun, ada kalanya septic tank menjadi cepat penuh. Tentunya, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti bau tidak sedap, rembesan air limbah, dan bahkan pencemaran lingkungan.

Jika demikian, alhasil akan membuat tidak nyaman dan terganggunya kesehatan. Lantas, apa sih penyebab septic tank cepat penuh ini? Simak yang berikut ini beserta solusinya dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 8 halaman

Penggunaan Air yang Berlebihan

Penyebab Septic Tank Cepat Penuh

© 2024 paradisevalleyseptic.com

Salah satu penyebab utama septic tank cepat penuh adalah penggunaan air yang berlebihan. Setiap kali air digunakan, terutama di toilet, kamar mandi, dan dapur, air akan masuk ke dalam septic tank.

Jika penggunaan air sangat tinggi, volume air dalam septic tank akan cepat meningkat. Hal ini dapat mengurangi ruang untuk limbah padat dan mengakibatkan septic tank lebih cepat penuh.

Solusi: Kurangi penggunaan air dengan memasang peralatan hemat air seperti shower dan toilet yang efisien. Selain itu, hindari membuang air limbah yang tidak perlu ke dalam septic tank.

Misalnya, menghindari membuang air dari cucian yang dapat dialirkan ke saluran drainase terpisah.

 

2 dari 8 halaman

Minimnya Bakteri Penguraian Limbah

Penyebab lainnya septic tank cepat penuh karena minimnya bakteri pengurai limbah. Padahal, bakteri ini penting untuk memecah limbah padat menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Jika jumlah bakteri pengurai dalam kurang, hal itu menjadikan proses dekomposisi limbah terhambat. Sehingga, membuat septic tank cepat penuh.

Solusi: Melakukan decomposition process. Proses ini akan membuat air limbah masuk ke tangki akan melalui proses pengendapan.

Nantinya, limbah padat seperti lumpur akan mengendap di dasar tangka. Sementara, minyak dan lemak akan mengapung di permukaan.

Sehingga air limbah yang lebih bersih akan naik ke bagian tengah, siap untuk melakukan tahapan filtrasi berikutnya.

 

3 dari 8 halaman

Penumpukan Lemak dan Minyak

Limbah rumah tangga yang mengandung lemak dan minyak juga dapat menyebabkan septic tank cepat penuh. Lemak dan minyak sulit terurai, sehingga dapat mengendap di dalam septic tank.

Hal inilah yang kemudian mengurangi kapasitas penampungan dan mempercepat pengisian septic tank.

Solusi: Hindari membuang minyak goreng atau lemak ke dalam saluran pembuangan. Sebaiknya, kumpulkan sisa minyak dan lemak dalam wadah khusus dan buang sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

4 dari 8 halaman

Penggunaan Bahan Kimia yang Berlebihan

Penyebab Septic Tank Cepat Penuh

© 2024 grahaexel.com

Penggunaan bahan kimia seperti deterjen, pembersih lantai, dan pemutih yang berlebihan dapat mengganggu proses biologis dalam septic tank. Bakteri alami yang berperan dalam menguraikan limbah organik bisa mati.

Nah, hal tersebut menjadikan proses penguraian tidak berjalan optimal dan septic tank cepat penuh.

Solusi: Gunakan bahan pembersih yang ramah lingkungan dan dalam jumlah yang wajar. Pertimbangkan untuk menggunakan produk pembersih yang khusus dirancang untuk aman digunakan pada sistem septic tank.

 

5 dari 8 halaman

Kebocoran dan Terseumbatnya Pipa

Pipa yang bocor ataupun yang mengalami sumbatan dapat menjadi salah satu penyebab septic tank cepat penuh. Pipa yang bocor atau retak dapat menyebabkan air tanah atau air hujan masuk ke dalam septic tank, sehingga mempercepat proses penumpukan.

Sementara, sumbatan pada pipa saluran pembuangan dapat menghambat aliran limbah menuju septic tank dan menyebabkan penumpukan.

Solusi: Segera perbaiki pipa yang mengalami kebocoran tau retak untuk mencegah air masuk dari luar. Kemudian, rutin lakukan pembersihan pada saluran pembuangan secara berkala agar tidak terjadi sumbatan.

 

6 dari 8 halaman

Kurangnya Perawatan Berkala

Septic tank yang jarang atau tidak pernah dikuras secara berkala akan lebih cepat penuh. Limbah padat yang mengendap di dasar septic tank akan terus menumpuk seiring Waktu.

Hal inilah yang kemudian dapat mengurangi kapasitas efektif septic tank.

Solusi: Lakukan perawatan dan pengurasan septic tank secara rutin. Biasanya, pembersihan itu dilakukan 3-5 tahun, tergantung pada ukuran septic tank dan jumlah penghuni rumah.

 

7 dari 8 halaman

Infiltrasi Air Tanah

Penyebab Septic Tank Cepat Penuh

© 2024 grahaexel.com

Dalam beberapa kasus, air tanah bisa meresap masuk ke dalam septic tank. Hal ini biasanya terjadi jika terdapat keretakan atau kebocoran pada dinding atau dasar septic tank.

Nah, infiltrasi air ini akan menambah volume cairan di dalam septic tank dan menyebabkannya cepat penuh.

Solusi: Periksa kondisi septic tank secara berkala. Pastikan tidak ada kebocoran atau keretakan. Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

 

8 dari 8 halaman

Volume Limbah yang Berlebihan

Jumlah penghuni rumah yang banyak atau seringnya ada tamu dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan volume limbah yang masuk ke septic tank melebihi kapasitasnya. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kondisi septic tank cepat penuh.

Solusi: Pastikan ukuran septic tank sesuai dengan jumlah penghuni dan aktivitas di rumah. Jika perlu, pertimbangkan untuk memperbesar septic tank atau menambah sistem pengelolaan limbah tambahan.

Itulah beberapa penyebab septic tank cepat penuh. Jika kamu sudah mengenali berbagai penyebabnya, maka kamu juga mencegahnya dengan solusi-solusi yang tepat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar