Berapa Lama Periode Renovasi Rumah? Simak Ulasannya Yuk!

Reporter : Arifina
Jumat, 14 Juni 2024 16:17
Berapa Lama Periode Renovasi Rumah? Simak Ulasannya Yuk!
Buat kamu yang lagi prepare renovasi rumah, waktu pengerjaannya tidak bisa asal lho! Hal itu disesuaikan dengan faktor-faktor yang ada ya!

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi periode renovasi rumah. Karena itu, jika kamu tengah merencanakan untuk membenahi rumah tidak bisa asal menentukan penyelesaian dengan tepat.

Renovasi rumah adalah proses yang melibatkan perbaikan, penggantian, atau peningkatan elemen-elemen bangunan untuk memperbaiki kenyamanan, fungsi, dan estetika rumah. Nah, periode renovasi rumah ini bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang menunjangnya.

Tetapi dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang tepat, hasil akhir renovasi rumah tentunya bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan jangka panjang.

Lantas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi periode renovasi rumah?

 

1 dari 8 halaman

Luas dan Kompleksitas Renovasi

Tips Renovasi Rumah

© Lamudi.co.id

Periode renovasi rumah bergantung pada kompleksitas yang perlu dibenahi dan luasnya. Misal, renovasi kecil, seperti mengecat ulang ruangan, dapat diselesaikan dalam beberapa hari.

Sementara, jika harus melakukan renovasi besar, seperti mengubah tata letak ruangan atau menambahkan struktur baru, dapat memakan waktu beberapa bulan. Bahkan proses membenahi rumah ini juga bisa hingga bertahun-tahun.

 

2 dari 8 halaman

Kondisi Rumah

Tentu saja kondisi rumah juga menjadi salah satu faktor untuk melangsungkan periode renovasi hunian. Jika rumah kamu dalam kondisi yang baik, renovasi mungkin dapat diselesaikan lebih cepat.

Tetapi, jika rumah dalam kondisi buruk, mungkin diperlukan waktu lebih lama. Karena bisanya, perl untuk memperbaiki kerusakan dan mempersiapkan renovasi secara tepat.

 

3 dari 8 halaman

Ketersediaan Bahan Bangunan dan Tenaga Kerja

Tips Hemat Renovasi Rumah

© 2024 freepik.com/benzoix

Faktor lain yang mempengaruhi periode renovasi rumah adalah ketersediaan bahan bangunan dan tenaga kerja. Jika saat proses pelaksanaan renovasi ada bahan yang tidak tersedua maka tentu akan memakan waktu lebih lama.

Belum lagi jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam merenovasi rumah. Apabila hanya 1-2 orang namun butuh renovasi yang berat, maka sangan memungkinkan memakan waktu lebih lama.

 

4 dari 8 halaman

Kondisi Cuaca

Nah, hal lain yang juga akan mempengaruhi tingkat cepat tidaknya proses merenovasi rumah adalah kondisi cuaca. Jika kamu merenovasi hunian saat cuaca sedang cerah, memungkikan proses ini akan bisa dijalankan lebih cepat.

Namun, jika sedang cuaca buruk, tentunya dapat menghambat proses renovasi. Apalagi, jika renovasi untuk luar ruangan.

Ada kemungkinan kamu perlu menunda pelaksanaan renovasi sampai momen cuaca membaik.

 

5 dari 8 halaman

Biaya Renovasi

Periode Renovasi Rumah

© 2024 Instagram.com/@rumah_impian_minimali

Melakukan renovasi rumah juga erat kaitannya dengan budget. Dalam hal ini, kamu perlu mengetahui seberapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk proses renovasi hunian.

Tentukan berapa banyak uang yang siap kamu keluarkan dan buatlah perencanaan biaya yang rinci. Jika kamu memiliki anggaran terbatas, kamu mungkin perlu melakukan renovasi secara bertahap.

Hal ini juga menjadikan salah satu proses periode renovasi rumah berlangsung lebih lama.

 

6 dari 8 halaman

Perizinan

Biasanya proses renovasi yang lama dilakukan dengan alat-alat yang bersuara. Kondisi ini akan menyebabkan kebisingan dan dikhawatirkan mengganggu warga sekitar.

Tentunya hal tersebut perlu juga perizianan dari pemerintah setempat, misalnya RT wilayah, atau Lurah. Nah, proses perizinan ini juga bisa memakan waktu yang membuat renovasi berjalan lebih lama.

 

7 dari 8 halaman

Perkiraan Periode Renovasi Rumah Berdasarkan Jenisnya

Rumah Minimalis Konsep Natural

© Instagram.com/@casaindonesia

Kamu bisa menjadikan beberapa jenis renovasi berikut sebagai acuan penentuan periode pelaksanaan pembenahan rumah ya! Di antaranya, sebagai berikut:

  • Mengecat ulang ruangan: 1-2 hari
  • Memasang lantai baru: 2-3 hari
  • Merombak dapur: 2-4 minggu
  • Merombak kamar mandi: 2-4 minggu
  • Menambahkan ruang keluarga: 4-6 bulan
  • Renovasi rumah dull: 6-12 bulan

 

8 dari 8 halaman

Tips Perencaan Renovasi Rumah

Sebelum melakukan renovasi kamu perlu membuat daftar keperluan dan apa saja yang dibutuhkan juga lho! Apa saja?

  • Tetapkan anggaran dan patuhi anggaran tersebut.
  • Buatlah daftar rinci tentang apa yang ingin Anda capai dengan renovasi.
  • Dapatkan beberapa penawaran dari kontraktor yang berbeda.
  • Dapatkan semua izin dan inspeksi yang diperlukan.
  • Komunikasikan dengan kontraktor Anda secara teratur.
  • Bersiaplah untuk beberapa ketidaknyamanan selama renovasi.

Itulah mengenai periode renovasi rumah yang bisa kamu jadikan referensi. Pembenahan rumah ini jika dilakukan dengan persiapan dan anggaran yang matang maka hasilnya akan sesuai harapan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar