9 Ide Ruang Cuci Jemur Minimalis yang Menarik untuk Memaksimalkan Ruang di Rumah dengan Efisien

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 13 Juni 2024 22:00
9 Ide Ruang Cuci Jemur Minimalis yang Menarik untuk Memaksimalkan Ruang di Rumah dengan Efisien
Sulap ruang kosong di rumah jadi ruang cuci jemur minimalis yang sangat fungsional dan efisien dengan inspirasi dari desain-desain di sini!

Ruang cuci jemur minimalis merupakan salah satu alternatif solusi yang sangat bagus untuk memanfaatkan ruang yang tersisa di rumah menjadi lebih bermanfaat. Selain itu, sekarang sudah banyak orang yang menjemur pakaian di dalam rumah sehingga ruangan yang dibuat khusus diperlukan supaya bagian interior rumah tidak terlihat berantakan.

Ada banyak konsep dan tema desain untuk ruang cuci jemur minimalis yang bisa kamu eksplorasi lebih dalam supaya bisa membangun ruang cuci jemur yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Mulai dari yang sangat simpel sampai ke yang lumayan meriah dengan berbagai dekorasi.

Selain desain yang menarik, sekarang sudah banyak fitur yang bisa kamu tambahkan pada ruang cuci atau jemur di rumah. Seperti tiang jemur yang bisa dilipat atau atap yang bisa dibuka tutup. Berbagai kreasi yang fungsional dan kreatif bisa dengan bebas kamu tambahkan ke dalam rancangan desain. Yuk, kita coba intip berbagai ide ruang cuci jemur minimalis menarik yang bisa kamu adaptasi dan ikuti dengan mudah di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis Semi Terbuka

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Tiara

Ide ruang cuci jemur minimalis yang pertama adalah ruang cuci yang luas dan berada di belakang rumah. Walaupun semi terbuka dengan dinding luar yang berjaring, ruang ini sepenuhnya tertutup oleh atap sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan perubahan cuaca.

Karena ruang cuci jemur minimalis ini cukup luas, kamu bisa dengan bebas menggunakan berbagai jenis tiang jemuran, mulai dari yang portabel sampai yang tersambung dengan kerangka atap. Sangat fungsional, kan?

 

2 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis di Rooftop

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Liliana C.

Kalau kamu punya ruang kosong di rooftop rumah, sulap saja jadi ruang cuci jemur minimalis! Tidak perlu menggunakan keseluruhan ruang di lantai atap rumah, kamu bisa bangun ruang yang sekiranya cukup untuk aktivitas mencuci dan menjemur.

Supaya tetap terlindung dari cuaca dan hewan liar, jangan lupa untuk buat pintu pembatas dan jangan buat ruang cuci jemur minimalis jadi ruang yang terbuka untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 

3 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis Rapi dengan Taman Kering

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Annisa Amira

Ide ruang cuci jemur minimalis yang satu ini memiliki tampilan yang rapi dan sangat enak dilihat. Tidak hanya karena komposisi dan tata letak dari alat-alat mencuci, tetapi juga karena terletak di samping taman yang asri.

Karena taman ini adalah taman kering, kamu tidak perlu khawatir akan mudah kotor. Perpaduan antara dek lantai kayu dan keramik kotak-kotak di dinding adalah salah satu kombinasi yang sedang menjadi tren. Inilah ide ruang cuci jemur minimalis yang kekinian itu!

 

4 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis dengan Taman Basah

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Orli K

Jika taman belakang rumah cukup luas, coba tambahkan ruang cuci jemur minimalis di bagian pojok untuk memaksimalkan ruang yang ada. Selain memanfaatkan semua kesempatan yang ada, aktivitas mencuci dan menjemur pun jadi bisa terasa lebih segar dan menyenangkan.

Buatlah jarak yang sekiranya cukup untuk berhati-hati kalau terjadi perubahan cuaca. Oh iya, karena tamannya berjenis basah, hati-hati juga supaya bajunya tidak jatuh karena nanti kotor!

 

5 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis Dengan Skylight Window

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Wei Jie

Ada juga ide ruang cuci jemur minimalis di dalam rumah untuk kamu yang tidak mempunyai lahan yang tersisa untuk menjemur pakaian. Karena di dalam rumah, kamu bisa gunakan skylight window atau atap yang transparan supaya baju jadi lebih mudah kering.

Biasanya, ruang cuci jemur minimalis yang berada dalam rumah lebih baik mengikuti desain yang digunakan untuk keseluruhan rumah supaya tidak terlihat berbeda. Pastikan juga untuk menutup ruangan ini supaya tidak terlihat dengan mudah dari dalam rumah!

 

6 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis di Lantai 2

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Diya

Ide ruang cuci jemur minimalis ini cocok untuk kamu yang ingin mengubah lantai 2 rumah menjadi tempat untuk mencuci dan menjemur. Tentunya sudah bukan zamannya untuk dihias seperlunya.

Kalau memungkinkan, direkomendasikan untuk membangun ruang cuci jemur minimalis dengan gaya desain yang sama dengan lantai 1. Seperti dengan menggunakan cat rumah berwarna sama dan dekorasi yang sama.

 

7 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis di Belakang Rumah

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest

Ide ruang cuci jemur minimalis ini memanfaatkan ruang yang tersisa di belakang rumah dengan cermat sehingga kamu bisa mencuci dan menjemur dengan lebih leluasa. Karena berdampingan dengan teras dan kolam ikan, ruang ini jadi terasa lebih asri dan segar.

Walaupun berada di belakang rumah, lebih baik ruang cuci jemur minimalis ini dilindungi atap karena jalan yang cukup sempit dan bisa agak bahaya kalau ada hujan dan kamu ingin melindungi jemuran secara terburu-buru.

 

8 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis Aesthetic

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest/Thayná Santiago

Perpaduan antara kayu dan cat putih adalah kombinasi ruang cuci jemur minimalis yang aesthetic dan pernah menjadi tren yang sangat hot pada masanya. Selain penampilannya yang aesthetic, ide yang satu ini bisa dengan mudah kamu ikuti sendiri di rumah.

Kamu hanya memerlukan dek lantai kayu dan rak-rak tempel dinding yang terbuat dari kayu juga. Poin penting dari ide ruang cuci jemur minimalis yang satu ini adalah menggunakan elemen-elemen yang harmonis dan bertema sama.

 

9 dari 9 halaman

Ruang Cuci Jemur Minimalis Menyatu dengan Dapur

Ruang Cuci Jemur Minimalis© Pinterest

Ide ruang cuci jemur minimalis yang terakhir adalah ruang cuci dan jemur yang berdampingan secara langsung dengan dapur. Ide ini perlu dieksekusi dengan rapi dan cermat supaya ruang cuci dan dapur tidak terlihat terlalu sumpek dan berantakan.

Gunakan tiang jemuran yang bisa dilipat dan dominasikan ruang cuci jemur minimalis dengan warna putih supaya terlihat lebih luas!

Itulah ide-ide ruang cuci jemur minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi. Gimana? Mudah diikuti, kan?

Nama Editor: Salma Aribatul

Beri Komentar