10 Taman Minimalis Modern yang Bikin Cantik dan Adem Tampilan Rumah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 12 Oktober 2023 19:03
10 Taman Minimalis Modern yang Bikin Cantik dan Adem Tampilan Rumah
Ini beberapa taman minimalis modern yang bakal bikin kamu betah di rumah.

Membuat taman minimalis modern di rumah menjadi pilihan banyak orang untuk menciptakan ruang hijau yang segar dengan lahan yang tidak terlalu luas. Memiliki taman minimalis di rumah selain untuk mempercantik tampilan, juga membuat kamu betah bersantai-santai di rumah sambil menikmati ruang hijau yang sejuk. 

Untuk membuat taman minimalis di rumah tentu kamu gak perlu merogoh kocek yang banyak. Jika kamu memiliki sisa space di rumah, kamu dapat memanfaatkannya sebagai taman rumah. Kamu dapat menambahkan beberapa dekorasi pendukung yang dapat memperindah tampilan taman. 

Di taman rumah, kamu dapat melepas stres dan penat selepas berkegiatan. Kamu juga bisa refreshing dengan suasana tenang dari hiruk-pikuk perkotaan. Tentunya hal ini bikin kamu makin betah buat tinggal di rumah aja daripada pergi keluar untuk mencari udara segar. 

Berbagai desain taman minimalis modern ini dapat menjadi referensi kamu meskipun di lahan yang sempit dan terbatas. Berikut ini beberapa referensi model taman yang dapat kamu tiru meskipun dengan lahan yang terbatas:

1 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Ala Jepang

Taman Minimalis Modern

Banyak orang mengadopsi taman dengan konsep ala Jepang. Desain ala Jepang selalu memiliki perancangan yang apik dari segi tampilannya. Konsep taman ala Jepang menciptakan miniatur alam melalui elemen-elemen alami yang mana dipercaya dapat memberikan ketenangan. 

Pada desain ini elemen yang digunakan adalah batu, kerikil, kayu, pancuran air, dan tanaman yang tidak terlalu besar. Perpaduan dari berbagai elemen tersebut menciptakan suasana taman yang alami, tenang dan nyaman untuk bersantai setelah melakukan kegiatan yang melelahkan.

2 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Gaya Vertikal

Taman Minimalis Modern

Membuat taman vertikal tidak kalah cantik dan menarik dari taman horizontal, loh! Model taman ini juga dapat menjadi solusi bagi kamu yang ingin membuat taman yang asri dan indah tetapi hanya memiliki lahan terbatas. Model taman ini juga bisa diterapkan pada wilayah perkotaan untuk memaksimalkan penggunaan lahan. 

Kamu dapat membuat taman vertikal di dinding halaman rumah sebagai tempat tanaman yang akan disusun. Namun, kamu perlu selektif dalam memilih jenis tanaman yang akan digunakan dalam taman vertikal ya, Diazens!

3 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Sederhana

Taman Minimalis Modern

Taman yang satu ini memiliki model yang sederhana dengan dominasi rumput hijau. Kamu dapat menambahkan beberapa tanaman hias di bagian pojok halaman yang akan memperindah tampilan taman

Dengan taman yang dominan rumput ini, kamu juga dapat menggunakannya sebagai tempat bermain yang aman bagi anak, loh! Kamu bisa gunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga ala piknik di tempat wisata seperti di akhir pekan. Gimana, cukup bikin kamu betah buat bersantai di rumah bukan? 

4 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern dengan Nuansa Tropis

Taman Minimalis Modern

Taman dengan nuansa tropis memang cocok diterapkan di Indonesia yang beriklim tropis. Model taman tropis ini cukup digemari untuk diterapkan di rumah dan juga vila atau tempat staycation. 

Taman tropis ini umumnya terlihat rindang karena ada beraneka ragam tanaman mulai dari pohon, tanaman hias hingga rumput. Tanaman ini ditata menjadi satu sehingga membentuk rerimbunan ala hutan hujan tropis. Dengan menambahkan ruang santai di tengah taman menciptakan nuansa yang indah dan menenangkan. 

5 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern dengan Kolam Ikan

Taman Minimalis Modern

Kolam ikan di taman rumah merupakan perpaduan yang epik untuk menghidupkan suasana rumah. Suara gemericik kolam ikan berpadu dengan suasana ruang hijau yang rindang ini memberikan nuansa yang amat menenangkan dan nyaman untuk merelaksasi pikiran. 

Selain itu, menambahkan aksen kayu pada desain taman menjadi ide bagus untuk mempercantik tampilan. Kamu dapat menggunakan lantai kayu outdoor ini pada area santai taman untuk menciptakan kesan yang nyaman dan menyatu dengan alam.

6 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Space Samping Rumah

Taman Minimalis Modern

Membuat ruang hijau di rumah memang tidak harus memiliki lahan yang luas, kamu bisa memanfaatkan sisa space rumah untuk membangun taman yang minimalis dan modern, loh! Banyak orang mengaplikasikan taman di space samping rumah selain memanfaatkan sisa lahan sebaik mungkin juga memberikan tampilan rumah yang ciamik.

Tidak perlu merogoh kocek banyak, kamu dapat menciptakan taman yang adem dan nyaman untuk dinikmati. Kamu dapat membuat space kotak yang digunakan sebagai media tanam. Kamu bisa menambahkan tanaman hias mulai dari yang kecil hingga cukup besar yang bisa kamu sesuaikan dengan luas space samping rumah kamu ya! 

7 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern dengan Tanaman Pot

Taman Minimalis Modern

Selanjutnya adalah taman yang dominan menggunakan pot sebagai wadah tanaman. Bahkan jika kamu tidak memiliki media tanam di rumah, kamu dapat menggunakan pot yang menambah kesan indah pada taman.  

Pada tampilan taman di atas, kamu dapat menggunakan berbagai tanaman hias yang cocok digunakan di pot terutama pada tanaman topiary yang dibentuk bulat menambah tampilan lucu pada taman. Selain itu, dengan menggunakan pot, kamu dapat mengubah-ubah posisi tanaman sesuai dengan keinginan kamu. 

8 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern dengan Koral

Taman Minimalis Modern

Salah satu tempat di mana kamu bisa mengekspresikan kreativitas adalah taman rumah. Membuat taman terlihat cantik dan menarik tentu menjadi kesenangan bagi pemilik rumah, seperti pada taman rumah yang satu ini. Desain utama taman menggunakan batu koral yang tersusun indah dengan beberapa tanaman. 

Penggunaan koral dalam taman dapat memberikan sentuhan alami dan tampilan yang menarik. Dengan warna yang beragam menciptakan kesan yang estetik dan menarik serta memikat mata.  

9 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Space Dalam Rumah

Taman Minimalis Modern

Menciptakan ruang hijau di bagian dalam rumah merupakan ide yang cukup menarik dan mempercantik tampilan rumah. Tentunya kamu gak harus memiliki tempat yang luas, cukup memanfaatkan space yang tersisa di bagian dalam rumah. 

Kamu dapat membuatnya semi outdoor dengan taman yang diberi bagian terbuka. Kamu juga bisa menambahkan ruang santai di samping taman, nih! Agar tampilannya semakin ciamik, kamu dapat menggunakan aksen kayu pada dinding atau ornamen lainnya yang menambah kesan nyaman dan estetik. 

10 dari 10 halaman

Taman Minimalis Modern Konsep Kering

Taman Minimalis Modern

Ingin memiliki taman yang cantik tapi tidak ada waktu untuk merawat secara rutin? Nah, sepertinya rekomendasi yang terakhir ini bisa jadi saran buat kamu. Taman kering ini tidak membutuhkan banyak air dalam perawatannya, jadi kamu tidak perlu tuh rutin melakukan penyiraman dan pemberian pupuk. 

Kamu dapat memilih jenis tanaman yang dapat tumbuh didaerah kering seperti kaktus, sukulen, lili paris, lidah mertua, dan sebagainya. Biasanya taman kering ini sangat didominasi oleh penggunaan kerikil atau batu sebagai tampilannya. Penggunaan taman kering ini membuat tampilan yang estetik bagi rumah kamu. 

Nah, itu dia referensi taman minimalis modern yang sudah redaksi Diadona sajikan buat kamu. Pastinya sudah gak bingung lagi kan desain apa yang akan kamu gunakan untuk taman di rumah? Kira-kira dari beberapa referensi di atas, mana nih yang cocok buat kamu? 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar