9 Ide Tanaman Cantik untuk Kolam Hias yang Menyegarkan, Bikin Suasana Rumah Makin Asri

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 Juli 2024 20:11
9 Ide Tanaman Cantik untuk Kolam Hias yang Menyegarkan, Bikin Suasana Rumah Makin Asri
Temukan rekomendasi tanaman cantik untuk kolam hias yang paling update di sini!

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias biasanya tidak bisa dipilih sembarangan loh, Diazens! Karena ada jenis-jenis tanaman hias khusus yang bisa bertahan hidup di dalam  dan pinggiran kolam ikan dan juga terlihat cocok dengan keseluruhan suasana di dalam kolam ikan. Menyesuaikan dengan jenis ikan hias yang kamu pelihara juga jadi salah satu poin pertimbangan dalam memilih tanaman yang tepat.

Biasanya tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang digunakan sebagai hiasan kolam adalah tanaman dalam kategori aquascape yang memang habitat hidupnya di air atau tanaman aquatic yang biasa hidup di pinggiran perairan. Ada banyak sekali tanaman dalam kategori ini, mulai dari tanaman berjenis lumut dan berwarna hijau sampai ke tanaman-tanaman dengan bunga yang cantik dan berwarna-warni.

Namun, mungkin masih banyak tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang belum terkenal atau tidak banyak dikenal padahal sangat bagus untuk memperindah kolam ikan di rumah sambil sekaligus menemani para ikan-ikan hias kesayanganmu. Selain itu, jenis tanaman juga perlu diketahui apakah akan cocok dengan jenis ikan atau tidak supaya tidak mengancam hidup ikan di dalam kolam.

Supaya tidak salah pilih, artikel ini akan memberi kamu ide tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang sedang jadi favorit dengan penjelasannya!

 

1 dari 9 halaman

Cabomba

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Christie Livingstone

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang pertama adalah tanaman cabomba dengan nama latin cabomba caroliniana adalah tanaman aquascape berdaun tipis yang bisa hidup di dalam air. Tanaman ini memiliki variasi warna hijau dan pink yang cantik dan elegan.

Walaupun tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang satu ini termasuk ke dalam tanaman air, tetapi dia juga bisa tumbuh dengan cantik di pinggiran kolam. Biasanya, tanaman cabomba digunakan untuk jenis ikan-ikan kecil dengan air yang jernih!

 

2 dari 9 halaman

Paku Ekor Kuda (Horsetail Reed)

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Iden Convey

Lidi air juga termasuk ke dalam tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang banyak digunakan untuk mengisi bagian-bagian kolam yang terlihat kosong. Tanaman dengan nama latin equisetum ini juga kerap kali disebut dengan nama lidi air atau bambu air karena penampilannya yang mirip dengan bambu dengan ukuran yang lebih kecil.

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini cocok untuk kamu yang ingin ada sentuhan warna hijau di antara tanaman hias yang warna-warni. Paku ekor kuda juga punya khasiat sebagai tanaman herbal, loh! Tanaman ini bisa membantu menguatkan tulang, kuku, dan rambut.

 

3 dari 9 halaman

Buluh Fuli (Cattail)

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Judy Shoup

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini juga termasuk ke dalam pilihan favorit karena penampilannya yang manis dan tidak terlalu ramai. Tanaman ini bernama latin typha latifolia dan sering juga disebut dengan tanaman ekor kucing karena bentuknya yang panjang dan berbulu seperti ekor kucing.

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini direkomendasikan untuk kamu yang lagi cari tanaman dengan warna netral dan tidak terlalu mencolok. Cattail biasanya tumbuh di lahan yang basah, jadi kamu bisa letakkan di pinggiran kolam. Tanaman ini akan memekarkan bunganya yang berbentuk bulu pada musim tertentu, jadi hati-hati supaya tidak terhirup, ya!

 

4 dari 9 halaman

Apu-Apu (Water Lettuce)

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Al Izzi

Tentu saja apu-apu tidak akan ketinggalan untuk direkomendasikan sebagai tanaman cantik untuk kolam ikan hias karena penampilannya yang segar dan bisa membantu kamu dalam melindungi permukaan kolam dari burung pemburu atau hewan liar lainnya.

Apu-apu atau pistia stratiotes ini selain bisa bantu melindungi permukaan kolam juga memilliki kemampuan untuk memfilter air menjadi lebih bersih dari limbah. Karena akar-akarnya panjang, tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini juga jadi tempat favorit para ikan untuk bermain dan bersembunyi!

 

5 dari 9 halaman

Teratai (Water Lily)

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest

Salah satu tanaman cantik untuk kolam ikan hias paling favorit adalah bunga nelumbo nucifera yang sangat cantik dan memiliki banyak nama panggilan, yaitu teratai, lotus, seroja, dan water lily. Bunga ini memiliki makna yang sangat bagus di berbagai budaya.

Selain karena bunga dan daunnya yang cantik, tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini memiliki bagian yang bisa dimakan karena rasanya yang enak. Tentu saja, ini adalah salah stau pilihan paling cantik untuk menghiasi kolam ikanmu!

 

6 dari 9 halaman

Frogbit

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Water gardening

Walaupun tidak memiliki daun yang besar dan warna yang cantik, frogbit juga termasuk ke dalam tanaman cantik untuk kolam ikan hias kalau digunakan dalam jumlah yang banyak untuk menutupi setengah permukaan kolam. Dijamin terasa lebih asri!

Memiliki nama latin limnobium laevigatum, tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang satu ini bisa jadi tempat tinggal ikan-ikan kecil di kolam dan juga jadi tempat favorit untuk ikan bertelur!

 

7 dari 9 halaman

Bunga Lobelia

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Freepik

Memiliki warna merah yang mencolok, tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang satu ini biasa disebut dengan nama bunga lobelia (atau cardinal flower di luar negeri) yang diambil dari nama latin lobelia cardinalis.

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini jadi favorit karena warnanya yang berani dan sangat mencolok. Kamu juga bisa pilih warna lainnya, seperti ungu atau biru untuk menghiasi pinggiran kolam ikan dengan suasana yang meriah.

 

8 dari 9 halaman

Eceng Gondok (Water Hyacinth)

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Silvia Galasso

Eceng gondok atau water hyacinth juga merupakan tanaman cantik untuk kolam ikan hias pilihan banyak orang karena daunnya yang rapat dan ramai. Namun, si cantik pontederia crassipes ini juga perlu diawasi pertumbuhannya karena rawan bertumbuh menjadi gulma yang dapat merusak lingkungan kolam!

Tips untuk mengontrol pertumbuhan tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini supaya tetap rapi dan enak dipandang adalah melakukan inspeksi berkala untuk memotong daun-daun yang dirasa sudah berlebihan.

 

9 dari 9 halaman

Pickerel Rush

Tanaman Cantik untuk Kolam Hias© Pinterest/Matt Weaver

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang terakhir adalah pickerel rush atau pickerel weed yang memiliki nama latin pontederia cordata. Memiliki warna ungu yang cantik dengan bentuk bunga yang memanjang, tanaman ini memiliki penampilan yang mirip dengan bunga lavender.

Tanaman cantik untuk kolam ikan hias ini adalah pilihan yang bagus untuk mengisi kumpulan rumput hijau di sepanjang pinggiran kolam supaya terlihat lebih penuh. Tanaman ini juga berbunga sepanjang tahun, loh!

Itulah berbagai tanaman cantik untuk kolam ikan hias yang jadi favorit banyak orang untuk ikut menemani dan meramaikan kolam ikan di rumahmu! Tanaman mana yang menurutmu paling cantik, Diazens?

Nama Editor: Salma Editor

Beri Komentar