9 Tanaman yang Cocok di Rooftop, Rumah Lebih Asri dan Sejuk

Reporter : Arifina
Senin, 10 Juni 2024 15:00
9 Tanaman yang Cocok di Rooftop, Rumah Lebih Asri dan Sejuk
Tanaman di rooftop bukan sekedar untuk hiasan semata, kalau cocok juga membuat area rumah lebih asri dan sejuk selalu.

Tanaman yang cocok di rooftop bukan sekedar untuk pempercantik ruangan saja. Tapi, lebih dari itu juga untuk kebutuhan akan sirkulasi Udara di rumah.

Karena itulah, saat ini tanaman di rooftop banyak dicari pemilik hunian lho! Seringkali, penempatan itu disebut sebagai rooftop garden.

Aneka tanaman yang berada di rooftop akan membuat suasana area lebih sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Tren ini semakin populer, terutama di daerah perkotaan yang padat penduduk.

1 dari 10 halaman

Tanaman yang Cocok di Rooftop

Selain mempercantik tampilan rumah, rooftop garden menawarkan banyak manfaat, seperti:

  • Menyejukkan udara: Tanaman di rooftop membantu menyerap panas matahari dan menghasilkan efek pendinginan, sehingga temperatur di sekitar rumah menjadi lebih sejuk.
  • Meningkatkan kualitas udara: Tanaman menyerap polutan dan karbon dioksida, serta menghasilkan oksigen, sehingga kualitas udara di sekitar rooftop menjadi lebih baik.
  • Menambah ruang hijau: Di tengah padatnya perkotaan, rooftop garden dapat menjadi oase hijau yang menyegarkan mata dan memberikan efek relaksasi.
  • Tempat bersantai: Rooftop garden dapat dijadikan tempat bersantai yang nyaman untuk menikmati pemandangan kota atau berkumpul bersama keluarga dan teman.

Namun, memilih tanaman yang tepat untuk taman atap bisa menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana bentuk, model, dan jenis tanaman bisa tetap senada dengan desain interior rumah namun juga tetap memiliki manfaat.

Berikut ini beberapa jenis tanaman yang cocok untuk rooftop. Apa saja?

 

2 dari 10 halaman

Tanaman Rambat (Climbing Plants)

Tanaman yang satu ini cukup sering digunakan untuk rooftop garden. Biasanya, tanaman rambat akan ditempatkan untuk menutupi dinding atau bagian pagar rooftop.

Dengan begitu rooftop akan terlihat makin asri dan tertutup. Namun, tetap memiliki nilai eststika yang memikat siapapun saat memandangnya.

Di antara tanaman-tanaman rambat yang cocok untuk rooftop adalah, bougenville, anggur, clematis, wisteria, ivy, kembang telang, kenikir dan melati.

 

3 dari 10 halaman

Tumbuhan Penutup Tanah (Ground Cover Plants)

Jenis tanaman ini menjadi pilihan ideal untuk mengisi area rooftop yang luas. Tampilan tanaman penutu tanah dengan warna hijau rimbun gampang memikat hati yang melihatnya.

Pemasangan tumbuhan penutup tanah bisa memberikan sentuhan stetika di area permukaan lantai. Jenis tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk menutupi permukaan tanah dengan rapat, dan mampu mengurangi suhu dan mencegah erosi tanah di atap.

Kamu bisa menggunakan tanaman sedum spp. (kaktus hias), ayau Ajuga reptans (karpet perak) yang tampak menarik.

 

4 dari 10 halaman

Tanaman Hias Berbunga

Tanaman yang Cocok di Rooftop© 2024 shutterstock.com

Tanaman berbunga bisa memberikan sentuhan warna yang cerah di rooftop garden rumahmu lho! Beberapa pilihan yang cocok antara lain:

Bougainvillea: Tahan terhadap panas dan kering.
Lavender: Selain indah, juga memiliki aroma yang menenangkan.
Marigold: Tahan terhadap berbagai kondisi cuaca dan mudah dirawat.

Tak hanya indah, tapi tanaman-tanaman tersebut akan membuatmu lebih nyaman berlama-lama di rooftop deh!

 

5 dari 10 halaman

Tanaman Sukulen dan Kaktus

Sukulen dan kaktus adalah pilihan ideal untuk rooftop garden karena tahan terhadap kondisi panas dan memerlukan sedikit air. Jenis-jenis seperti Echeveria, Sedum, Haworthua, Aloevera, Kalanchoe, Gasteria, dan Opuntia.

Beberapa jenis tanaman tersebut dapat bertahan dalam kondisi cuaca ekstrem. Tak hanya itu, tanaman sukulen juga bisa menciptakan suasana area rooftop tampak lebih menarik lho!

6 dari 10 halaman

Tanaman Herbal

Tanaman herbal tidak hanya mudah dirawat tetapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari. Selain memperindah area rooftop, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman erbal untuk kebutuhan lho!

Beberapa tanaman herbal yang cocok untuk ditanam di rooftop antara lain, basil, rosemary, thyme, oregano, mint, seledri, peterseli dan daun bawang. Dari beberapa jenis ini, bisa juga dibutuhkan Ketika memasak lho!

 

7 dari 10 halaman

Tanaman yang Cocok di Rooftop© 2024 shutterstock.com

Rumpun Bambu

Nah, jenis tanaman rumpun bambu juga bisa menjadi pilihan ideal untuk menambahkan nuansa tropis dan hijau pada rooftop yang kamu punya lho! Dengan pertumbuhan yang cepat dan tahan terhadap cuaca panas, bambu memberikan penampilan yang eksotis sambil memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Salah satu jenis tanaman itu, bambu fargesia. Tanaman ini tidak menyebar, tumbuh dengan kompak dan memberikan nuansa alami pada ruangan.

Selain itu, menanam bambu fargesia juga akan membuat area rooftop lebih sejuk.

 

8 dari 10 halaman

Pohon Buah

Menanam buah di rooftop bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menyediakan bahan makanan segar dan menyehatkan. Selain menambah area terlihat lebih asri, buah-buahan yang kamu tanam juga bisa dipanen sendiri untuk dinikmati.

Beberapa jenis buah yang cocok untuk rooftop, jeruk, lemon, nanas, mangga, alpukat, pisang, strawberry dan tomat cherry.

Saat buah itu tumbuh, maka area garden rooftop juga terlihat semakin menarik lho!

 

9 dari 10 halaman

Pohon Semak

Pohon model semak juga cocok untuk ditanam di area rooftop lho! jenis pohon ini memiliki ukuran yang padat dan tahan terhadap angin.

Sentuhan hijau dari tanaman ini akan memberikan kenyamanan dan kesegaran. Menanam pohon semak juga tak banyak memakan ruang untuk rooftop.

Beberapa jenis yang bisa dijadikan pilihan adalah Japanese maple atau camellia. keduanya memiliki nuansa warna yang menarik.

 

10 dari 10 halaman

Tanaman Hias Gantung

Mini Garden di Atas Rumah

Jenis tanaman hias gantung juga cocok lho untuk area rooftop. Kamu bisa mempercantik area sudut ruangan dengan tanaman tersebut.

Misalnya, menanami tanaman begonia, petunia, marigols, geranium, petunia, impatiens, kuping gajah, hingga sirih gading.

Itulah beberapa jenis tanaman yang cocok di rooftop. Kamu bisa sesuaikan dengan interior rumah dan kebutuhanmu ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar