12 Tanaman yang Cocok untuk Vertical Garden, Rumah Lebih Asri dan Terlihat Indah

Reporter : Arifina
Kamis, 1 Agustus 2024 16:17
12 Tanaman yang Cocok untuk Vertical Garden, Rumah Lebih Asri dan Terlihat Indah
Berencana buat vertical garden di rumah? Simak dulu yuk jenis-jenis tanaman yang cocok berikut agar suasana lebih asri dan indah.

Ada beberapa tanaman yang cocok untuk vertical garden area rumah. Keberadaan tanaman ini bukan sekedar menambah suasana menjadi lebih asri dan sejuk, tetapi juga bisa mempercantik ruangan lho!

Vertical garden bisa menjadi slaah satu solusi cerdas untuk menghadirkan taman di lahan yang terbatas. Selain efisien dalam penggunaan ruang, taman vertikal juga dapat meningkatkan estetika, membantu menyejukkan udara, dan menjadi sumber oksigen di lingkungan perkotaan.

Biasanya, tanaman ini diletakkan pada dinding atau sturktur lain di sekitar outdoor rumah atau semi outdoor. Tujuannya, tentu saja untuk menambah suasana rumah lebih sejuk dan terlihat cantik.

Lantas, tanaman apa saja yang cocok untuk vertical garden? Simak yang berikut yuk!

 

1 dari 12 halaman

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Desain Taman Vertikal

© Pinterest

Sirih gading adalah tanaman hias yang sangat populer untuk vertical garden. Tanaman ini memiliki daun hijau dengan corak kuning keemasan yang indah.

Sirih gading termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang beragam. Ia juga memiliki kemampuan untuk merambat dan mengisi ruang dengan cepat, sehingga ideal untuk menutupi dinding vertikal.

 

2 dari 12 halaman

Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)

Pakis Boston, salah satu jenis tanaman yang sering digunakan dalam taman vertikal karena tampilannya yang rimbun dan menawan. Tanaman ini memiliki daun yang panjang dan berlekuk, menciptakan efek hijau yang lembut dan alami.

Pakis Boston membutuhkan kelembaban yang cukup dan sedikit cahaya matahari, menjadikannya cocok untuk area teduh.

 

3 dari 12 halaman

Bromelia (Bromeliaceae)

Tanaman lainnya ang cocok untuk ertical garden adalah Bromelia. Tanaman ini terkenal dengan warna daun dan bunganya yang mencolok.

Bromelia tidak membutuhkan banyak air, sehingga cocok untuk vertical garden yang dirancang dengan sistem irigasi sederhana. Selain itu, bromelia juga mampu bertahan di kondisi cahaya yang beragam, dari terang hingga teduh.

 

4 dari 12 halaman

Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Tanaman Lidah Mertua

© notapaperhouse

Lidah mertua atau snake plant juga salah satu jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden. Tanaman ini sangat tahan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik di lingkungan indoor maupun outdoor.

Memiliki daun yang tegak dan keras, dengan corak hijau tua dan kuning di tepinya membuat lidah mertua akan tampil begitu cantik di taman buatanmu lho!

Selain mempercantik area rumah, lidah mertua juga dikenal sebagai tanaman yang mampu menyaring udara dari polutan, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

 

5 dari 12 halaman

Tanduk Rusa

Tanaman tanduk rusa atau elkhorn juga bisa kamu jadikan pilihan untuk diletakkan di vertical garden. Salah satu jenis tanaman paku-pakuan ini hidup dengan cara menempel pada tanaman lain.

Tanduk rusa membutuhkan intensitas cahaya sedang sehingga harus selalu berada di tempat teduh. Keindahannya yang menjuntai akan membuat area vertical garden lebih menarik.

 

6 dari 12 halaman

Ivy (Hedera helix)

Ivy adalah tanaman merambat yang sangat populer untuk taman vertikal. Tanaman ini memiliki daun kecil berbentuk segitiga dengan warna hijau tua.

Ivy dapat tumbuh di berbagai kondisi cahaya, dari terang hingga teduh, dan sangat mudah dirawat. Tanaman ini mampu menutupi permukaan dinding dengan cepat, memberikan tampilan yang hijau dan segar.

 

7 dari 12 halaman

Bunga Anggrek

Macam-Macam Bunga Anggrek Paling Cantik, Wajib Dilirik Buat yang Hobi Berkebun

© MEN

Kamu suka bunga-bungaan? Nah, bunga anggrek bisa dijadikan pilihan untuk diletakkan sebagai hiasan di vertical garden lho! Kamu tinggal menatanya untuk disesuaikan dengan posisi denah rumah.

Pilihlah anggrek dengan warna antic yang kamu sukai. Kamu bisa memasangnya di bagian dinding kosong dengan berbagai jenis anggrek yang tersusun secara vertikal pada kayu yang ditata rapi.

 

8 dari 12 halaman

Philodendron

Philodendron juga salah satu tanaman hias yang cocok diletakkan di vertical garden lho! Dengan daun besar dan hijau mengkilap, membuat tanaman ini seakan memancarkan keindahannya.

Tanaman ini dikenal dengan kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi pencahayaan rendah dan lingkungan yang lembap. Philodendron memberikan kesan tropis yang kuat dan dapat menjadi pusat perhatian dalam taman vertikal kamu deh!

 

9 dari 12 halaman

Begonia

Tanaman lainnya adalah Begonia, cocok untuk area vertical garden. Ini adalah tanaman berbunga yang memiliki berbagai variasi warna daun dan bunga.

Memasangnya di area vertical garden akan membuat begonia terlihat menarik. Selain tampilannya yang cantik, tanaman ini juga mudah dirawat dan mampu bertahan di kondisi teduh.

Begonia cocok ditempatkan di area yang mendapatkan cahaya tidak langsung.

 

10 dari 12 halaman

Sukulen

Tanaman yang Cocok untuk Vertical Garden

© 2024 freepik.com

Vertical garden juga cocok untuk ditanami sukulen nih! Ini adalah salah satu jenis tanaman dengan warna, bentuk, dan bunga yang beragam.

Menanam sukulen akan menjadikan area vertical garden lebih cantik dipandang. Selain itu, tanaman ini banyak disukai karena perawatannya terbilang lebih mudah lho!

 

11 dari 12 halaman

Acacia Cognata

Vertical garden juga cocok diiisi dengan tanaman acacia cognata. Tanaman ini tumbuh berwarna hijau lebat.

Memasangnya sebagai vertical garden akan membuat area tamanmu tampak memiliki ciri khas yang menarik pada dinding rumah. Kamu dapat mengisi ruangan kosong pada dinding dengan tanaman acacia cognata ini. Sehingga, tampilan vertical garden terlihat cantik menggantung.

 

12 dari 12 halaman

Stephanotis Floribunda

Stephanotis floribunda atau wedding vine bisa dijadikan pilihan untuk mengisi area vertical garden. Tanaman ini banyak digunakan di acara pernikahan, khususnya di negara Amerika Serikat.

Stephanotis floribunda mampu memancarkan keindahannya yang mampu merambat secara lebat dengan bunganya yang mekar berwarna putih. Selain cantik, tanaman ini juga beraroma harum.

Itulah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden. Cari tahu, dan tentukan sesuai dengan kondisi rumah agar senada dan tampak lebih indah ya!

Beri Komentar