7 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Aromanya Segar Namun Anabul Tidak Suka

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 3 Juni 2024 15:18
7 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Aromanya Segar Namun Anabul Tidak Suka
Mengusir kucing secara halus tanpa menyakiti mereka bisa dilakukan dengan menanam beberapa tanaman yang mereka benci. Apa saja? Berikut daftarnya.

Kucing memang merupakan hewan yang cocok untuk dijadikan kawan dan mengisis rumah biar nggak sepi. Namun beda lagi kalau kucing tersebut sudah mengganggu ketenangan seperti mencuri makanan ataupun BAB sembarangan yang membuat lingkungan sekitar rumah bau dan kotor.

Nah, untuk mencegah kehadiran kucing yang mengganggu ada beberapa tanaman yang tidak disukai kucing yang bisa digunakan untuk mengusir hewan tersebut. Caranya cukup ditanamn di halaman ataupun sekitar rumah yang sering menjadi tempat kucing berlalu-lalang.

Nah, berikut ini adalah deretan tanaman yang tidak disukai kucing namun bisa membuat rumah makin cantik dan udaranya segar.

1 dari 5 halaman

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing© Freepik.com

Serai

Tanaman yang tidak disukai kucing yang pertama adalah Serai atau Sereh. Tanaman ini mengandung minyak atsiri yang memberikan aroma kuat yang tidak disukai oleh kucing. Tanaman ini cukup mudah dirawat dan bisa tumbuh subur dengan sedikit perawatan loh Diazens.

Selain itu, serai juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti digunakan dalam masakan dan untuk membuat minuman herbal. Menanam serai di sekitar taman atau halaman bisa membantu kamu mengusir kucing agar tidak BAB sembarangan di sekitar rumah.

Kemangi

Selanjutnya ada kemangi atau oregano yang juga bisa kamu tanam di sekitar rumah atau halaman. Sekadar info saja, tanaman yang punya bau segar ini juga tidak dikusi kucing loh.

Selain itu, oregano mengandung senyawa kimia alami yang disebut karvakrol, yang dapat cukup mengganggu sistem pernapasan kucing, dan menyebabkan mereka menghindari area tempat oregano tumbuh kemangi tumbuh. Plus, kemangi juga dapat berkembang dengan baik di berbagai jenis tanah dan kondisi.

2 dari 5 halaman

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing© Freepik.com

Tanaman Berduri

Tanaman berduri juga efektif untuk mengusir kucing loh Diazens. Tanaman yang memiliki duri pada daun ataupun batangnya sangat tidak disukai kucing. Pasalnya, tanaman dengan tipe seperti ini akan menganggu kucing yang sangat sensitif terhadap duri.

Kamu bisa menanam kaktus, mawar, ataupun bougenvile untuk mengusir kucing dari sekitar rumah kamu ya Diazens. Namun perlu kamu ingat ya, saat menanam tanaman berduri pastikan untuk menempatkannya di area yang tidak terlalu sering diakses, terutama jika ada anak-anak di rumah kamu.

Rosemary

Untuk tanaman yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah Rosemary. Selain nggak disukai kucing, tanaman ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan bumbu di dapur. Lumayan kan, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Rosemary bisa kamu tanam di pot atau langsung di tanah, dan perawatannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menempatkannya di tempat yang cukup sinar matahari dan menyiraminya sesekali. Dijamin deh, kucing langsung memalingkan hidungnya saat membau rosemary ini.

3 dari 5 halaman

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing© Freepik.com

Lavender

Selain populer karena warnanya yang canti dan baunya yang harum, Lavender ini juga ampuh untuk mengusir kucing dan berbagai serangga seperti nyamuk ataupun lalat yang juga mengganggu. Indra penciuman kucing yang kuat akan terganggu oleh wangi lavender yang juga punya aroma kuat.

Tapi perlu kamu ketahui ya, lavender membutuhkan sinar matahari yang cukup ya. Untuk masalah perawatan, tanaman ini relatif mudah dirawat. Kamu hanya perlu menyiraminya beberapa kali saja dalam seminggu dan itu sudah cukup untuk Lavender agar terus bertumbuh.

Geranium

Sama seperti Lavender, geranium ini adalah tanaman yang baunya disukai manusia namun sangat dibenci oleh kucing. Selain itu, geranium ini memiliki duri pada daun-daunnya. Hal ini juga membuat kucing tidak menyukai tumbuhan atau tanaman ini.

Geranium sangat mudah tumbuh dan bisa ditanam di pot atau langsung di tanah. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari cukup dan tanah yang memiliki drainase baik. Dengan perawatan yang tepat, geranium akan tumbuh subur dan mempercantik taman dengan warna bunganya yang indah.

4 dari 5 halaman

Tanaman yang Tidak Disukai Kucing© Freepik.com

Peppermint

Terakhir ada tanaman mint yang juga punya aroma yang tidak disukai kucing seperti tanaman-tanaman di atas sebelumnya. Pun tanaman ini juga tidak disukai serangga pengganggu lainnya seperti lalat ataupun nyamuk.

Layaknya tanaman yang mudah hidup, peppermint ini tidak memerlukan perawatan khusus. Yang penting ditanam dan mendapatkan sinar matahari dan sesekali disiram sudah sangatcukup untuk menumbuhkan pepper mint dengan subur.

5 dari 5 halaman

Selain itu untuk mengusir kucing dari rumah kamu bisa menggunakan semprotan pengusir kucing alami yang terbuat dari cuka dan air. Bau ini juga sangat tidak sukai kucing karena sangat sensitif untuk indra penciumannya. Selain itu ada juga beberapa bau yang tidak disukai kucing antara lain adalah:

  • Kayu manis
  • Bawang putih
  • Pinus
  • Kulit jeruk
  • Cabe rawit dan lain sebagainya

Demikianlah beberapa tanaman yang tidak disukai kucing karen aketika diatanam akan mengganggu kenayaman mereka. Selain ampuh mengusir kucing, berbagai tanaman ini juga bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan kamu. Pun berbagai tanaman tersebut juga berguna untuk memperindah lingkungan rumah.

Jadi, selamat mencoba dan sempoga berhasil!

Beri Komentar