7 Tanda Freon AC Rumah Bocor dan Tips Mencegahnya, Waspada Ya!

Reporter : Arifina
Senin, 27 Mei 2024 13:00
7 Tanda Freon AC Rumah Bocor dan Tips Mencegahnya, Waspada Ya!
Sebelum kecolongan, kenali deh tanda freon AC rumah bocor!

Tanda freon AC rumah bocor bisa dikenali dengan mudah lho! Kondisi kebocoran ini memang menjadikan suasana ruangan menjadi kurang dingin dan tidak nyaman.

Padahal, penggunaan AC di dalam ruangan diperlukan untuk membuat suasana lebih sejuk dan dingin. Sehingga, penghuni di dalam rumah tidak akan merasa kepanasan dan nyaman di dalam rumah.

Nah, freon merupakan komponen penting dalam AC yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Freon AC sendiri sejatinya dapat bertahan selama 10-20 tahun.

 

1 dari 9 halaman

Penyebab AC Tidak Dingin

Namun, jika freon bocor, AC menjadi tidak dingin dan tidak dapat bekerja dengan optimal dan bahkan dapat menimbulkan kerusakan. Sayangnya, kebocoran freon AC memang sulit terdeteksi karena zat yang dikeluarkan berbentuk gas dan umumnya tidak berbau.

Sebelum hal tersebut terjadi, ada beberapa tanda yang bisa dikenali ketika freon AC bocor dilansir dari berbagai sumber. Sehingga, kamu bisa untuk segera memperbaikinya. Apa saja?

 

2 dari 9 halaman

Tanda Freon AC Rumah Bocor

Keluar Udara Hangat

Tanda paling jelas dari freon bocor adalah AC yang tidak dingin atau terasa kurang dingin dari biasanya. Hal ini terjadi karena freon yang berkurang tidak dapat menyerap panas ruangan dengan baik.

Ketika freon berkurang, kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan akan menurun. Sehingga, udara yang dikeluarkan justru kan terasa hangat.

Jika kamu merasa AC tidak mampu mencapai suhu yang diinginkan meskipun sudah disetel pada suhu rendah, kemungkinan ada kebocoran freon.

3 dari 9 halaman

Muncul Bunga Es pada Pipa AC

Tanda lainnya yang bisa diketahui ketika freon AC bocor, ada kemunculan bunga es. Hal tersebut biasanya muncul pada pipa AC saat dinyalakan.

Bunga es ini terbentuk akibat proses pendinginan yang tidak sempurna karena kekurangan freon. Karena, saat ada kebocoran freon, tekanan dalam sistem AC akan menurun.

Hal inilah yang menyebabkan suhu pada kumparan evaporator turun di bawah titik beku dan memunculkan bunga es.

 

4 dari 9 halaman

Bunyi Mendesis

Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

Kebocoran freon sering kali diiringi dengan suara mendesis yang berasal dari tempat kebocoran. Suara ini bisa terdengar seperti suara air yang mengalir atau bunyi desisan udara.

Biasanya, bunyi desisan ini akan muncul saat AC mulai dinyalakan. Karena itu, periksa unit AC di dalam atau ruangan dan cari area yang bermasalah.

Jika menemui keretakan tau lubang dan memunculkan desisan suara, maka besar kemungkinan itu adalah freon AC yang bocor.

 

5 dari 9 halaman

Tagihan Listrik Tiba-Tiba Meningkat


AC yang bekerja keras tanpa cukup freon akan mengkonsumsi lebih banyak listrik. Hal ini karena unit akan bekerja lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

AC yang bekerja dengan tidak efisien ini menjadikan alas an kebocoran freon. Jika kamu melihat peningkatan yang signifikan pada tagihan listrik tanpa ada perubahan penggunaan yang berarti, bisa jadi freon AC Anda bocor.

Dengan begitu, segera mintalah teknisi untuk memperbaikinya ya.

 

6 dari 9 halaman

Kelembaban Ruangan Meningkat

Tanda lainnya yang bisa dikenali karena freon AC bocor aadalah suasana kelembaban di dalam rumah. Sebab, penggunaan AC ini salah satu fungsinya adalah untuk menghilangkan kelembaban.

Jika kamu merasa kelembaban di dalam rumah meningkat, besar kemungkinan freon AC bocor. Hal ini akan menjadikan AC mengalami kesulitan untuk mengeluarkan Udara di area rumah.

Rumah yang lembab menjadikan tempat berkembang biaknya jamur dan lumut. Kondisi ini menjadikan suasana tidak nyaman bukan?

 

7 dari 9 halaman

Lampu Indikator AC Berkedip

AC Tidak Dingin

Beberapa tanda lainnya juga bisa dilihat dari lampu indikator AC yang kalian gunakan. Jika lampu indikator berkedip secara terus menerus, maka ada komponen di dalam AC yang bermasalah.

Nah, salah satu masalah itu besar kemungkinan karena kadar freon yang sudah rendah. Bahkan, bisa jadi freon AC juga telah mengalami kebocoran atau habis.

8 dari 9 halaman

Bau yang Tidak Sedap

Freon AC biasanya tidak berbau, tetapi jika ada kebocoran besar, ada mungkin akan tercium bau yang tidak biasa dari unit AC. Bau ini bisa berbeda tergantung pada jenis refrigerant yang digunakan.

Jika kamu mencium bau yang aneh dari AC, sebaiknya segera matikan unit dan hubungi teknisi profesional. Segera periksa, dan pastikan apakan bagian freon AC bocor atau ada kerusakan yang lainnya.

9 dari 9 halaman

Tips Mencegah Kebocoran Freon AC

Kondisi freon AC yang bocor sejatinya masih bisa dilakukan pencegahan dengan tepat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Lakukan perawatan AC secara berkala, minimal 6 bulan sekali.
  • Gunakan AC sesuai dengan kapasitas ruangan.
  • Hindari memasang AC di tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Tidak mematikan AC secara langsung, matikan dengan remote control.

Itulah tanda freon AC rumah bocor dan cara mencegahnya. Kamu dapat menjaga AC agar tetap bekerja dengan optimal dan tahan lama jika rutin melakukan perawatan dengan tepat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar