8 Ide Tangga Beton Rumah Minimalis, Bikin Hunian Terlihat Lebih Keren dan Indah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 24 Oktober 2023 19:12
8 Ide Tangga Beton Rumah Minimalis, Bikin Hunian Terlihat Lebih Keren dan Indah
Pilihan tangga beton rumah minimalis punya berbagai desain yang menarik dan sangat ramah di kantong.

Kehadiran tangga beton rumah minimalis punya tampilan yang berbeda dibandingkan tangga dengan bahan lainnya. Tangga rumah yang terbuat dari beton ini biasanya memiliki warna yang sangat melekat berupa abu-abu muda. Warna ini berasal dari elemen utamanya yang berupa campuran semen, air dan agregat.

Tangga beton sendiri merupakan salah satu jenis material yang paling sering digunakan untuk membangun struktur bangunan. Pasalnya, bahan beton ini terbilang sangat kuat dan mampu menahan beban dengan tekanan yang cukup keras. Soal harga, bahan bangunan ini juga bisa dijangkau dengan harga yang cukup ekonomis dan tidak membutuhkan biaya yang cukup besar untuk perawatannya. 

Biar nggak penasaran lagi, yuk pilih tangga beton rumah minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi saat membangun tangga di rumah.

1 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis dengan Kayu

Tangga Beton Rumah Minimalis

Sentuhan kayu yang melapisi setiap anak tangga beton memberikan kesan yang sempurna untuk ruangan. Ditambah lagi, warna muda yang dihasilkan oleh kayu merupakan kombinasi yang pas untuk memberikan efek yang bisa mencerahkan ruangan.

Kamu pun bisa menambahkan pegangan tangga dari bahan kayu untuk memberikan rasa aman saat menggunakan tangga. Fungsi pegangan tangga ini juga bisa digunakan untuk menghiasi tampilan tangga yang semakin cantik.

2 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis dengan Railing

Tangga Beton Rumah Minimalis

Railing atau penyangga tangga adalah aksesori yang digunakan untuk membatasi sekaligus mengamankan area tangga di sekitarnya dan mirip seperti tiang berjajar. Adapun railing dengan material kawat besi ini didesain dengan memiliki ketebalan yang pas dan cukup kuat untuk digenggam.  

Dengan memiliki jarak yang cukup rapat, ini dapat mencegah aktivitas anak kecil yang suka iseng sampai memasukan tubuhnya pada benda-benda di sekitar rumah. Keberadaan railing ini bisa menghiasi tampilan tangga agar tampak terasa lebih modern.

3 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis Melayang

Tangga Beton Rumah Minimalis

Bentuk tangga yang satu ini sengaja didesain khusus untuk pemilik rumah yang ingin merasa seolah melayang ketika menaiki tangga. Anak tangga dibuat secara berjarak, sehingga tampilan anak tangga terkesan bolong dan tidak ada sisi yang menjadi penghubung antar anak tangga lainnya. Pemasangan tangga melayang cukup dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu menempelkan setiap anak tangga ke tembok.

4 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis yang Unik

Tangga Beton Rumah Minimalis

Tangga beton berbentuk balok ini memiliki 2 ukuran yang berbeda, yakni besar dan kecil. Kedua ukuran tangga ini sebenarnya sama-sama bisa digunakan sebagai anak tangga yang berfungsi untuk pijakan kaki ketika hendak menaiki atau menuruni tangga. 

Hanya saja, ukuran tangga yang besar ini tentunya memiliki permukaan yang lebih luas, sehingga memiliki sisa space yang dapat dijadikan untuk menaruh dekorasi di tangga. Bentuk tangga yang unik ini cocok untuk dipasangkan di rumah yang memiliki basement.

5 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis dengan Meja

Tangga Beton Rumah Minimalis

Fungsi tangga ternyata tidak hanya digunakan sebagai penghubung antar lantai saja, tetapi juga bisa dijadikan untuk meja di rumah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyisakan salah satu bagian anak tangga dan disambungkan untuk membuat meja seperti pada gambar ini. 

Meja pada tangga ini memiliki ukuran panjang dan tampilan yang ramping. Kamu bisa menggunakan bahan meja dengan ketahanan yang kuat seperti kayu, marmer atau juga beton.

6 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis yang Menyatu dengan Dinding

Tangga Beton Rumah Minimalis

Tangga tanpa pegangan rasanya akan terlihat seram dan membahayakan, khususnya  bila memiliki orang tua di rumah. Meskipun dianggap sebagai elemen arsitektur tambahan, tetapi penyangga tangga memiliki fungsi yang sangat penting untuk meminimalisir risiko terjatuh saat menggunakan tangga. 

Oleh karenanya, kamu bisa menghadirkan pegangan tangga dengan desain yang menyatu pada dinding atau tembok seperti ini. Pegangan tangga dapat dibuat dengan ukuran yang lebih tebal dan menutupi sisi pinggir pada anak tangga untuk memberikan rasa aman.

7 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis Warna-Warni

Tangga Beton Rumah Minimalis

Bosan dengan tangga beton yang selalu identik dengan warna abu-abu monoton? Coba deh ubah tampilan tangga yang seperti ini. Tangga beton yang didesain dengan warna-warni di setiap anak tangga akan membuat suasana ruangan di rumah jadi lebih menyenangkan.

Jika kamu tertarik ingin menambahkan warna, kamu bisa membersihkan lebih dulu pada setiap permukaan tangga beton. Jangan lupa untuk memilih cat warna yang punya daya kelembapan bagus untuk bahan beton, seperti cat minyak atau akrilik.

8 dari 8 halaman

Tangga Beton Rumah Minimalis untuk Entrance

Tangga Beton Rumah Minimalis

Tangga beton yang berdampingan dengan tanaman rumah bisa memberikan efek yang menenangkan dan menyegarkan bagi penghuni rumah. Tangga dari bahan beton sendiri memiliki permukaan yang kasar dan daya serap yang tinggi, sehingga nggak bikin kamu terpeleset meski lantai tangga basah saat terkena air siraman tanaman. Model tangga ini cocok untuk dipasangkan di rumah dengan halaman outdoor, khususnya saat menuju pintu rumah utama di lantai 1. 

Berbagai pilihan ide tangga beton rumah minimalis di atas bisa menambah pesona rumah kamu supaya terasa lebih estetik. Tangga beton ini juga sangat cocok, khususnya bagi rumah yang memiliki gaya industrial. Jadi, tertarik nggak nih untuk pasang satu di rumah? 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar