16 Desain Tempat Jemuran Minimalis Indoor, Dijamin Nggak Bikin Rumah Sesak

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 3 Agustus 2023 13:11
16 Desain Tempat Jemuran Minimalis Indoor, Dijamin Nggak Bikin Rumah Sesak
Tenang banget sih kalau jemuran ada di dalam rumah kayak gini, nggak was was sama sekali~

Tempat jemuran minimalis - Mencuci pakaian adalah aktivitas setiap hari yang pasti kita lakukan setiap hari. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan tempat menjemur pakaian di rumah kita. Nggak harus luas kok, yang penting bersih dan punya pencahayaan yang baik.

Tempat jemuran indoor atau di dalam ruangan bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain akses mudah karena di dalam rumah, faktor keamanan juga menjadi alasannya. Pun, ketika jemuran berada di dalam rumah, kita nggak perlu bingung membereskan pakaian kalau turun hujan.

Nah Diadona telah merangkum beberapa desain tempat jemuran minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk simak bareng-bareng ide desainnya di bawah ini ya, Diazens!

1 dari 16 halaman

Dapur dan Jemuran

Tempat Jemuran Minimalis

Pertama, jika kamu memiliki ruangan yang luas di area dapur, kamu bisa memanfaatkannya menjadi tempat jemuran. Tentu saja ini akan menghemat space yang ada di rumah kamu.

Selain itu, ini juga mempermudah kamu mengerjakan pekerjaan rumah dalam satu kali waktu. Alias, kamu bisa masak sekaligus mencuci baju. Enak banget kan?

 

2 dari 16 halaman

Jemuran Gantung

Tempat Jemuran Minimalis

Jemuran gantung juga pilihan yang tetap kok Diazens. jadi dengan kemuran gantung ini kamu bisa menghemat ruang jika rumah kamu memang memiliki lahan yang terbatas. Pun ketika tidak menjemur pakaian, jemuran ini bisa dirapikan dan mempunyai kesan yang bersih.

Selain itu, menggunakan jemuran gantung ini sangat lah efektif. Kamu hanya membutuhkan sedikit temapt namun bisa menjemur pakaian dalam jumlah yang cukup banyak.

3 dari 16 halaman

Laundry Room Minimalis

Tempat Jemuran Minimalis

Konsep minimalis kini menjadi pilihan yang sangat cocok untuk banyak orang. Termasuk tempat jemuran, kamu bisa membuatnya dengan desain yang minimalis kok Diazens. 

Seperti gambar di atas, kamu bisa menggabungkan area mini garden di rumah kamu dengan laundry room. Ini akan membaut ruangan terasa lebih rapi dan homey.

4 dari 16 halaman

Gunakan Sunroof

Tempat Jemuran Minimalis

Tempat jemuran di dalam rumah tentu saja harus mendapatkan cahaya yang cukup. Karena, ini adalah faktor yang akan membuat pakaian akan semakin cepat kering.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan sunroof di rumah kamu di bagian tempat cucian atau jemuran. Kamu bisa mengggunakan full sunroof ataupun hanya sebagian saja. Pilih sesuai kebutuhan dan kesukaanmu saja ya Diazens!

5 dari 16 halaman

Railing atau Kabel

Tempat Jemuran Minimalis

Penggunaan railing atau kabel juga bisa menjadi ide cemerlang. Dengan mengginakan kabel ini sebagai jemuran, kamu bisa memanfaatkan ruangan sekecil apapun di rumah kamu.

Pun jika berbicara biaya, penggunaan kabel ini pasti lebih terjangkau dari bahan lainnya seperti besi ataupun kayu. Gambar di atas bisa kamu jadikan referensi ya.

6 dari 16 halaman

Tempat Jemuran di Teras

Tempat Jemuran Minimalis

Seperti orang zaman dahulu, kamu bisa banget memanfaatkan teras rumah sebagai tempat menjemur pakaian. Namun, tentu saja dengan desain dan penataan yang lebih rapi dan minimalis. 

Contohnya seperti gambar di atas, jika kamu mempunyai teras yang cukup luas, kamu bisa memanfaatkannya menjadi tempat jemuran. Kamu bisa menambahkan jemuran dinding dan juga beberapa lemari serbaguna sebagai tempat penyimpanan. 

7 dari 16 halaman

Jemuran Konvensional

Tempat Jemuran Minimalis

Tempat jemuran konvensional atau jemuran lama ini juga bukan pilihan yang buruk kok. Asalkan kamu bisa menata dan memadukannya dengan ruangan yang rapi, hasilnya juga memuaskan.

Mislanya, kamu bisa membuat jemuran di area belakang rumah dengan atap sunroof. Jangan lupa buat sistem resapan yang baik agar air jemuran tidak meluber ke mana-mana ya.

 

8 dari 16 halaman

Jemuran di Ruang Sempit

Tempat Jemuran Minimalis

Konsep minimalis adalah di mana kamu harus memanfaatkan ruangan sekecil apapun dengan baik. Nah, desain jemuran minimalis di atas tersbeut bisa kamu jadikan referensi ya. Jadi, ruangan sempit bukan jadi masalah asalkan bisa mengaturnya dengan baik.

Kamu bisa juga tambahkan beberapa tanaman indoor biar terlihat lebih ramai dan fresh. Jangan lupa, atur sistem aliran dengan baik.

9 dari 16 halaman

Jemuran di Lantai 2

Tempat Jemuran Minimalis

Jika kamu menginginkan rumah dengan dua lantai, biasanya lantai 1 pasti khusus untuk beberapa ruangan pneting seperti dapur, ruang tamu, ruang keluarga, dan juga garasi. Nah, kamu bisa membuat tempat jemuran di lantai 2 loh.

Tempat jemuran di lantai 2 ini bahkan sangat direkomendasikan loh buat kamu yang punya rumah 2 lantai. Selain tidak memakan tempat, pencahayaan matahari di lantai 2 pasti sangat baik. 

10 dari 16 halaman

Area Jemur Sederhana

Tempat Jemuran Minimalis

Buat yang nggak ingin ribet, area jemuran sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Jadi, kamu nggak perlu mendesain ini itu di runagan tersebut. Cukup sediakan temapt cuci dan jemuran, selesai.

Misal kamu ingin menambah kesan yang fresh, kamu bisa menambahakn beberapa tanaman indoor foavorit kamu. Tapi tetap perhatian pencahayaan ya!

11 dari 16 halaman

Jemuran Sekaligus Ruang Santai

Tempat Jemuran Minimalis

Jemuran sekaligus ruangan bersantai juga bukan ide buruk. Kamu bisa membuat jemuran sekaligus kursi santai seperti gambar di atas. Kamu tinggal memisakhannya dengan dinding roster atau partisi penyekat ruangan.

Jika ditata dan didesain dengan baik, ide seperti bisa menjadi ide yang sangat bagus loh. Minat coba nggak nih?

12 dari 16 halaman

Jemuran di Samping Rumah

Tempat Jemuran Minimalis

Jemuran di samping ruang dengan ruangan yang nggak begitu luas juga bisa jadi ide yang bagus. Kamu bisa menjadikan tempat ini sekaligus akses pintu samping rumah.

Ide desain ini juga cocok buat kamu yang benar-benar ingin membuat tempat jemuran terpisah dengan ruangan lain. Jadi, ruangan yanglain bisa berfungsi dengan snagat baik.

13 dari 16 halaman

Jemuran Minimalis Modern

Tempat Jemuran Minimalis

Selanjutnya, kamu bisa memadukan jemuran gantung dan jemuran berdiri yang sudah umum tersebut. Gambar di atas bisa menjadi referensi sederhana bagaimana kalau kamu masih bingung menatanya.

Mungkin sebagai tambahannya kamu bisa membuat space khusus untuk menaruh mesin cuci dan kran air. Selebihnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

14 dari 16 halaman

Tempat Jemuran Plus Taman

Tempat Jemuran Minimalis

Tempat jemuran minimalis yang bersandingan langsung dengan taman adalah desain yang sudah sangat umum. Biasanya ruangan ini akan memanfaatkan bagaian belakang rumah . 

Kamu bisa memanfatakan taman tersebut sebagai resapan air cucian. Tentu saja kamu boleh menambahkan beberapa perabot seperti kursi, meja dan lain-lain.

15 dari 16 halaman

Mainkan Warna 

Tempat Jemuran Minimalis

Hampir saja terlupa ya Diazens. Dalam mendesain tempat jemuran, kamu bisa memainkan warna ruangan sesuka kamu. Kamu bisa memilih nuansa gelap atau pun terang sesuai dengan selera kamu.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan perpaduan warna yang serasi. Misalnya, kamu bisa memadukan abu-abu dengan cream ataupun warna-warna lain yang sekiranya bisa nge-blend dengan baik.

16 dari 16 halaman

Tempat Jemuran Modern

Tempat Jemuran Minimalis

Tempat jemuran modern seperti di atas juga tetap bisa kamu gunakan. Namun, kamu harus menyediakan space yang cukup luas untuk menampungnya. 

Ruangan ini berisikan mesin cuci, lemari simpan serbaguna, jemuran dari besi dan kawat, kemudian kurso dan meja. Tapi, kalau desain seperti gambar di atas sih bisa kamu jadikan tempat jemuran sekaligus ruangan bersantai.

Jadi itu ya Diazens beberapa tempat jemuran minimalis yang bisa kamu coba wujudkan di rumah kamu. Balik lagi, pilih dan tentukan yang sesaui dengan selera dan konsep rumah yang sudah kamu buat. So, ada rekomendasi lain nggak nih?

Beri Komentar