8 Tipe Garasi Mobil yang Gak Hanya Estetik Tapi juga Tahan Lama

Reporter : Arifina
Jumat, 9 Agustus 2024 10:47
8 Tipe Garasi Mobil yang Gak Hanya Estetik Tapi juga Tahan Lama
Memakai lantai garasi mobil agar tahan lama dan kuat nggak bisa asal pilih. Simak beberapa tipenya berikut agar bisa jadi referensimu.

Ada beberapa tipe lantai garasi mobil yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Ya, tipe ini akan membantu kamu menentukan lantai yang sekiranya tidak hanya menambah estetika area tapi juga kuat dan tahan lama.

Garasi mobil salah satu elemen penting dalam rumah, terutama bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi. Selain sebagai tempat menyimpan mobil, garasi juga berfungsi melindungi kendaraan dari berbagai kondisi cuaca, serta menambah nilai estetika rumah.

Nah, salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun garasi adalah jenis lantai yang digunakan. Pemilihan tipe lantai yang tepat sangat penting, karena lantai garasi harus mampu menahan beban berat, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

 

1 dari 9 halaman

Kriteria Lantai Garasi yang Ideal

Garasi Mobil Minimalis

© pinterest.com

Sebelum memilih tipe lantai garasi yang tepat untuk di rumah, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan:

  • Ketahanan terhadap beban: Lantai garasi harus mampu menahan beban berat kendaraan.
  • Tahan terhadap gesekan: Pergerakan kendaraan dapat menyebabkan gesekan pada lantai. Pilihlah material yang tidak mudah tergores atau aus.
  • Mudah dibersihkan: Noda minyak atau bahan bakar, hingga oli yang tumpah merupakan hal yang umum terjadi di garasi. Lantai yang mudah dibersihkan akan memudahkan perawatan.
  • Tahan air: Lantai yang tahan air akan mencegah genangan air dan pertumbuhan jamur.
  • Estetika: Lantai garasi juga merupakan bagian dari tampilan keseluruhan rumah. Pilihlah material yang sesuai dengan gaya desain garasi kamu.

 

2 dari 9 halaman

Tipe Lantai Garasi Mobil

Berikut ini beberapa pilihan tipe garasi mobil yang tidak hanya estetik tapi juga tahan lama. Apa saja?

Lantai Paving Block

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 pinterest.com

Lantai paving block atau dikenal juga dengan conblock adalah pilihan yang cukup popular. Terutama, untuk garasi dengan desain outdoor atau semi-outdoor.

Paving block terbuat dari campuran semen, pasir, dan air lainnya yang dicetak dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan desain rumah agar senada.

Keunggulan dari lantai paving block ini lebih tahan lama, kuat, dapat menyerap air, mudah diperbaiki, dan tidak mudah retak.

 

3 dari 9 halaman

Lantai Beton

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 pinterest.com

Tipe lainnya, kamu bisa memilih lantai beton untuk garasi mobil. Beton dikenal kuat dan tahan lama, serta mampu menahan beban berat seperti mobil dan peralatan lainnya.

Selain itu, perawatan relatif mudah dan biayanya lebih terjangkau dibandingkan dengan material lainnya. Lantai beton juga dapat di-finishing dengan cat khusus untuk menambah estetika.

Sayangnya, lantai beton mudah licin jika terkena air. Jenis ini juga rentan tehadap noda, dan jika retak sulit untuk diperbaiki.

 

4 dari 9 halaman

Lantai Grass Block

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 easygrass.net

Pilihan lainnya, kamu bisa memilih tipe lantai grass block untuk garasi mobil di rumah. Modelnya tak jauh berbeda dengan paving block, namun terdapat hiasan berupa rerumputan.

Tampilan ini untuk membuat tampilan lantai lebih menarik dan estetik. Selain itu, rumah juga terlihat lebih asri hanya dari lantai garasi mobil satu ini.

Lantai grass block mudah dalam perawatannya. Karena, mampu menyerap air dengan baik.

5 dari 9 halaman

Lantai Keramik Homogeneous Tile

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 tukanggranit.com

Tipe lantai lainnya, kamu bisa memilih keramik homogeneous tile. Jenis keramik ini sebenarnya sering dibilang tidak cocok untuk dijadikan lantai carport karena cenderung licin.

Namun, ada kok keramik homogeneous tile yang tidak licin, kuat, dan bisa dijadikan lantai carport. Pilih yang memiliki permukaan lebih kasar saja.

Material keramik yang khusus untuk carport ini punya karakter dan kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan keramik biasa. Bahkan, homogeneous tile bisa menahan tekanan sampai 450 kilogram per sentimeter kuadrat.

 

6 dari 9 halaman

Lantai Semen Plesteran

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 homeimprovementpages.com.au

Berikutnya, ada juga tipe lantai semen plesteran yang cocok untuk garasi mobil di rumah. Jenis lantai ini murah, tapi kuat dan juga bisa menjadi estetik lho!

Tipe lantai semen plesteran ini kerap dijadikan alternatif pilihan karena hanyanya yang terjangkau. Kamu bahkan bisa mendesain sendiri untuk model lantai yang diinginkan lho!

Cara buatnya pun mudah, karena permukaan lantai tinggal diplester dan diberi aksen garis dengan alat khusus. Biasanya, untuk garasi mobil maka lantai ini dikombinasikan dengan parit kecil dan rumput.

 

7 dari 9 halaman

Lantai Batu Alam Andesit

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 archify

Batu alam andesit bisa dijadikan pilihan untuk lantai garasi mobil. Jenis ini menggunakan material batu alam yang memiliki sejumlah keunggulan.

Material batu alam punya tekstur yang keras, tahan cuaca, dan tahan perubahan suhu. Selain itu, memiliki beragam kuran dan motif yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Tipe lantai batu alam andesit ini cenderung memiliki arna gelap. Sehingga, membuat tampilan lantai lebih alami dan menyamarkan noda dengan mudah.

Namun, tipe lantai ini butuh perawatan khusus karena rentan terhadap jamur dan lumut.

 

8 dari 9 halaman

Lantai Batu Koral

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 pinterest.com

Lantai batu koral juga bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk garasi mobil. Material ini tak jauh berbeda dengan semen plester.

Kamu bisa memilih material batu koral sikat hitam dengan motif unik.
Biasanya, saat pemasangan tipe lantai ini diberi finishing berupa penyikatan untuk membuat tekstur batu alam ini lebih muncul dan terlihat cantik.

Selain tahan lama, tampilan dengan lantai ini akan membuat garasi mobil lebih estetik lho!

 

9 dari 9 halaman

Lantai Semen Cetak

Tipe Lantai Garasi Mobil

© 2024 archiproducts

Tipe lantai lainnya yang cocok untuk garasi mobil di rumah adalah semen cetak. Jenis lantai ini terbuat dari campuran pasir, semen, dan koral kecil.

Biasanya, lantai semen cetak diberi celah dengan ketebalan 3-5 cm antar cetakan. Nah, celah ini bisa kamu beri isian batu koral atau rumput.

Sehingga, tak hanya kuat menahan beban, lantai semen cetak juga lebih estetik.

Itulah sederet tipe lantai garasi mobil yang tepat untuk di rumah. Sesuaikan dengan desain dan budget kamu agar tidak boros ya. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar